Sumber: Japan Info

Salah satu benda yang tidak boleh lupa dibawa selama liburan adalah uang dalam mata uang yang berlaku di negara destinasi. Uang ini akan digunakan untuk segala macam kebutuhan seperti membeli makanan, membayar ongkos transportasi, membeli tiket masuk tempat wisata, hingga belanja oleh-oleh.

Bisa dibilang kalau liburan ini kamu membutuhkan banyak uang tunai. Masalahnya adalah ketika kamu membawa uang tunai dalam jumlah banyak, akan muncul perasaan was-was takut hilang atau dicopet. Solusinya adalah membawa kartu ATM bank Indonesia untuk digunakan mengambil uang di ATM. Cara ini sangat berguna untuk kamu yang tidak memiliki kartu kredit, takut membawa uang banyak, menghadapi kebutuhan mendesak dalam hal keuangan, ada tambahan barang yang ingin dibeli, hingga ragu menukarkan uang di kounter penukaran uang asing.

Kali ini kita akan membahas cara mengambil uang menggunakan kartu ATM bank Indonesia di ATM Jepang. Dicatat ya, siapa tahu kamu membutuhkannya di saat mendesak nanti!

Gunakan ATM Seven Bank

Sumber: WSJ

Untuk mengambil uang dalam mata uang yen, carilah ATM Seven Bank. ATM ini adalah mesin ATM yang disediakan oleh gerai 7-Eleven. Yang membuat ATM ini populer di kalangan wisatawan adalah jumlahnya yang mencapai 24.000 buah di seluruh gerai 7-Eleven yang ada di Jepang. Bisa dibayangkan kan betapa mudahnya menemukan ATM ini?

Ketahui daftar kartu bank yang diterima oleh ATM Seven Bank

Pada dasarnya hampir semua kartu bank Indonesia, baik debit atau kredit, bisa kamu gunakan untuk mengambil uang yen di ATM Seven Bank ini. Agar lebih yakin, kamu bisa melihat logo yang ada pada kartu ATM-mu. Pastikan kartu tersebut memiliki logo VISA, MasterCard, Maestro, Plus, Diners Club International, American Express, JCB, Discover, UnionPay, dan Cirrus.

Ketahui batas pengambilan uang tunai

Ketahuilah bahwa kamu tidak bisa sembarangan mengambil uang tunai di ATM Seven Bank dalam jumlah yang besar. Setiap harinya, satu kartu hanya diijinkan untuk mengambil uang sebesar 100.000 yen saja. Sedangkan kartu yang memiliki logo UnionPay bisa mengambil uang hingga 200.000 yen. Mesin ATM ini mengeluarkan pecahan 1.000 yen.

Sudah tahu batas maksimal pengambilan uang di ATM Seven Bank? Kalau begitu kamu harus memperhitungkan dengan baik kebutuhanmu saat menggunakan uang tersebut ya. Jika terpaksa, ya gunakan 2 kartu untuk mengambilnya.

Perhitungan kurs dan biaya tambahan saat mengambil yen di ATM

Untuk perhitungan kurs, biasanya kamu akan dikenai rate yang berlaku saat pengambilan yang sudah ditetapkan oleh bank penyedia kartu ATM-mu. Kamu cukup memasukkan nominal yang diinginkan dalam jumlah yen, nantinya uang rupiah kamu akan terpotong otomatis sesuai dengan rate yang berlaku tersebut.

Biaya tambahan pun akan dikenakan untuk setiap transaksi penarikan tunai. Pada umumnya bank-bank Indonesia menerapkan biaya tambahan sekitar 20 ribu hingga 30 ribu rupiah. Pastikan saldomu tersedia cukup untuk pemotongan biaya tambahan ini juga ya. Satu lagi, karena biaya tambahannya cukup besar, ada baiknya jika memperhitungkan kebutuhan dengan seksama agar tidak perlu berkali-kali menarik uang tunai yen di ATM Seven Bank.

Cara menggunakan ATM Seven Bank

Cara menggunakan ATM Seven Bank ini cukup mudah karena mirip dengan ATM di Indonesia. Namun karena ditujukan untuk para wisatawan asing, mesin ATM ini dilengkapi dengan 12 pilihan bahasa termasuk bahasa Indonesia. Sangat membantu para wisatawan asing yang kesulitan berbahasa Jepang atau Inggris, ya! Kamu tinggal memencet tombol untuk pilihan bahasa Indonesia.

Lebih detailnya, inilah langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan:

  • Masukan kartu ATM ke dalam slot kartu dengan posisi magnet kartu di bagian bawah
  • Pilihlah bahasa yang diinginkan
  • Pilihlah transaksi berupa “Tarik Tunai”. Nanti akan ada peringatan yang menyatakan bahwa transaksi internasional akan dikenai biaya tambahan. Klik tombol untuk menyetujui peringatan tersebut
  • Pilihlah akun rekening yang akan kamu gunakan saldonya
  • Masukkan nomor pin kartu ATM kamu, lalu tekan konfirmasi
  • Pilihlah nominal uang yen yang kamu inginkan, minimal 1.000 yen dan maksimal 100.000 yen
  • Klik konfirmasi
  • Lalu ambillah uang yang dikeluarkan mesin
  • Jangan lupa untuk mengambil struk untuk catatanmu dan tentunya kartu ATM-mu

Perhatikan jam operasional 7-Eleven

Sumber: WSJ

ATM Seven Bank ini berada di dalam gerai 7-Eleven sehingga kamu perlu mencari tahu jam operasional gerai tersebut. Gerai 7-Eleven yang ada di kota kecil atau kawasan pegunungan pada umumnya buka hingga jam 10 malam saja. Sedangkan Gerai 7-Eleven yang ada di kota besar seperti Tokyo, Sapporo, Kyoto, atau Osaka biasanya buka selama 24 jam.

Teryata mengambil uang di ATM Jepang tidak sesulit yang dibayangkan ya. Mulai sekarang kamu tidak perlu lagi khawatir kekurangan uang selama di Jepang. Selamat mencoba!

Baca Juga: Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Ketika Traveling di Jepang

337

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here