Sumber: Book My Show

Selama ini Dubai dikenal sebagai kota yang sangat kaya. Sejauh mata memandang, kamu akan menemukan sejumlah gedung pencakar langit. Kemewahan adalah kata yang cocok untuk mendeskripsikan kehidupan di Dubai. Tempat wisata di Dubai pun pada umumnya mengarah pada tempat hiburan modern yang sangat memukau bagi para wisatawan.

Selama liburan, kamu pastinya tidak hanya mengunjungi tempat-tempat wisata tapi juga harus mencicipi kuliner khas setempat. Bagaimana dengan kuliner Dubai? Tidak seperti kuliner negara lain yang sudah tersohor di seluruh dunia seperti Jepang dengan sushi atau Macau dengan egg tartnya, kuliner Dubai belum begitu akrab di telinga masyarakat dunia. Untuk itulah kali ini kami akan membagikan 7 daftar kuliner Dubai yang perlu kamu cicipi saat berkunjung ke sana untuk liburan!

Esh Asarya

Kuliner yang satu ini berupa kudapan atau kue khas Timur Tengah. Esh Asarya ini bisa kamu temui di Dubai dengan mudah. Dilihat sekilas, penampilannya seperti perpaduan pie dan cheese cake. Di bagian atasnya ada krim lembut yang terasa manis. Perpaduan kue yang lembut dengan krim nikmat ini akan membuat lidahmu bergoyang. Biasanya penduduk lokal menyebut Esh Asarya ini juga sebagai Bread of the Harem.

Mehalabiya

Sumber: Backpacker Lee

Masih seputar kudapan, kuliner khas Dubai berikutnya adalah Mehalabiya. Mehalabiya ini adalah sebuah hidangan penutup alias dessert yang rasanya manis sekaligus menyegarkan. Teksturnya menyerupai pudding.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat Mehalabiya ini adalah air mawar dan kacang pistachios. Kebayang kan seperti apa keunikan rasa dari kudapan yang satu ini? Kalau belum terbayang, jangan lupa untuk mencicipinya selagi berada di Dubai ya!

Shawarma

Penampilan Shawarma rasanya tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Shawarma ini adalah nama lain dari kebab. Tahu kan kebab isi daging dan sayuran yang nikmat itu? Meski kamu sudah sering makan kebab di Indonesia, rasanya tentu akan berbeda jika kamu menikmati kebab ini di negara asalnya.

Kebab Dubai atau Shawarma ini biasanya menggunakan daging kambing yang sudah dibumbui, kemudian dicampur dengan sayur, kentang goreng, saus khusus, dan acar. Yuk, bandingkan kenikmatannya dengan kebab yang biasa kamu makan di Indonesia!

Hummus

Bicara kuliner khas Dubai, kamu tidak bisa melewatkan yang namanya Hummus. Hummus ini biasanya dihidangkan setelah kamu selesai menyantap makanan berat di restoran. Hummus adalah makanan yang dibuat menggunakan buncis, pasta tahini, bawang putih, garam, air lemon, dan sedikit minyak zaitun. Penampilannya seperti saus atau selai. Biasanya penduduk setempat menikmati Hummus dengan cara dimakan bersama dengan roti pita yang gurih.

Baca Juga: Daftar Kuliner Yogyakarta yang Wajib Kamu Cicipi! – Part 1

Al Harees

Kuliner khas Dubai berikutnya yang wajib kamu cicipi adalah Al Harees. Tekstur dari kuliner ini adalah kental. Al Harees dibuat melalui 2 proses dengan bahan utama gandum dan daging yang sudah diberikan bumbu khusus.

Proses yang pertama adalah adonan dimasak hingga mengental. Setelah cukup kental, adonan ini dimasukkan ke dalam alat pemanggang. Tidak tanggung-tanggung, proses pemanggangannya dilakukan hingga berjam-jam agar mendapatkan tekstur yang sempurna. Setelah matang dengan baik, kuliner khas ini disajikan dengan taburan kacang-kacangan di bagian atasnya. Nikmat!

Matchboos

Bicara soal kuliner Timur Tengah, kamu akan membayangkan aneka makanan dengan rempah-rempah yang banyak dan gurih. Sekarang saatnya kita menemui kuliner khas Dubai yang lebih berat, yaitu nasi Kebuli. Nasi Kebuli ini biasa dikenal juga dengan nama Matchboos. Rasanya sangat gurih karena menggunakan aneka rempah-rempah.

Nasi ini dihidangkan bersama dengan daging domba yang sudah dimasak menggunakan kaldu, tomat, dan saus khusus yang terbuat dari jeruk limau serta garam. Hasilnya, daging domba ini terasa lembut dan menggugah selera. Rasanya yang gurih dan menyegarkan akan membuat kamu ketagihan untuk menyantapnya. Bisa jadi satu porsi saja tidak cukup!

Tabbouleh

Sumber: Taste

Kuliner khas Dubai terakhir yang wajib kamu cicipi selagi liburan di sana adalah Tabbouleh. Makanan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai sayur atau vegetarian atau sedang diet. Tabbouleh ini merupakan sebuah salad khas milik Dubai. Didominasi dengan warna hijau dan merah, Tabbouleh ini menggunakan aneka sayur seperti daun bawang, tomat, dan mentimun.

Terdengar cukup aneh ya untuk melahap daun bawang yang biasanya kita gunakan untuk menyedapkan sup bening. Namun percayalah rasanya akan nikmat berkat tumpahan saus khusus yang dibuat dari air perasan lemon dan daun mint. Rasanya mnyegarkan dan sehat untuk tubuh!

Itulah 7 dari banyak daftar kuliner khas Dubai yang perlu kamu cicipi selagi berada di sana. Setelah membaca daftar kuliner tadi, kuliner nomor berapa yang membuatmu penasaran dan tidak sabar untuk segera mencicipinya?

168

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here