Sumber: travelbydarcy.com

Pesawat memang alat transportasi publik yang jadi favorit banyak orang beberapa tahun belakangan ini. Selain diklaim sebagai alat transportasi paling aman hingga saat ini, pesawat juga digunakan untuk membuat jarak tempuh menjadi cepat dan juga tidak harus memakan waktu berhari-hari. Pesawat juga moda transportasi yang bisa digunakan untuk traveling di berbagai tempat di penjuru dunia ini. Karena banyaknya alasan tersbeut, sampai saat ini pesawat masih jadi mode transportasi favorit bagi para traveller terutama bagi mereka yang berkeinginan untuk keliling dunia. Apalagi kini mulai banyak maskapai penerbangan, yang membuat rute untuk tempat-tempat indah nan eksotik yang kerap difavoritkan oleh para traveller ini.

Jika dulu pesawat dibanderol dengan harga yang sangat mahal dan hanya bisa dibeli oleh orang-orang tertentu saja, sekarang tidak seperti itu lagi. Mulai banyak maskapai penerbangan yang memberikan harga cukup murah untuk pesawat-pesawat mereka. Bahkan ada yang memberikan harga promosi, sehingga konsumen tak harus membayar penuh untuk mendapatkan pelayanan dari mereka. Murahnya harga tiket pesawat ini bisa dilihat saat musim mudik tiba, di mana banyak sekali orang yang memenuhi bandara-bandara untuk pulang kampung melalui penerbangan domestik. Jika untuk penerbangan di dalam negeri konsumen bisa mendapat tiket pesawat yang murah, lalu bagaimana dengan penerbangan ke luar negri? Terutama jika kita hendak melakukan traveling atau perjalanan wisata di berbagai tempat di penjuru dunia.

Faktanya di Indonesia sendiri, tiket penerbangan ke luar negeri masih mematok harga yang lumayan mahal. Hal ini cukup beralasan sebab maskapai yang digunakan pun tak jarang adalah milik asing dan tentunya harganya berbeda dibandingkan dengan penerbangan domestik. Meskipun begitu, bukan berarti kita tidak bisa mendapatkan tiket murah untuk membeli tiket pesawat saat traveling loh. Ada beberapa cara yang mungkin bisa dicoba, untuk bisa mendapatkan tiket murah untuk penerbangan ini. Ya walaupun tak bisa dibilang murah sekali, namun paling tidak Anda bisa mendapat tiket dengan harga miring sehingga anggaran untuk penerbangan sedikit bisa ditekan.

Pilih waktu yang tepat untuk traveling

Seperti moda transportasi publik pada umumnya, harga tiket pesawat bisa melonjak sangat tinggi ketika menjelang akhir tahun, musim liburan atau waktu-waktu tertentu. Pada musim akhir tahun mislanya, banyak orang yang ingin merayakan Natal ke luar negri terutama negara-negara bersalaju. Atau musim liburan tiba, tak jarang orang tua menghadiahi putra dan putri mereka liburan ke luar negeri pula. Saat inilah harga tiket pesawat sedang tinggi-tinginya.

Jadi Anda bisa mengurungkan niat, untuk membeli tiket pesawat pada musim-musim ini. Pilihlah waktu-waktu yang dirasa lebih longgar dan tidak terlalu diminati oleh orang, untuk melakukan traveling dengan pesawat. Contohnya kamu bisa memanfatakn musim semi dan musim gugur untuk pergi ke Paris, karena saat tak banyak orang berpergian ke Eropa di musim ini dan harga tiketnya bisa sedikit lebih murah. Selain itu, jangan pilih waktu weekend untuk berpegian menggunakan pesawat. Saat weekend pun harga tiket bisa melonjak naik, dibandingkan hari-hari biasa. Jadi fleksibel-lah dengan waktu travelling kamu. Pilihlah waktu tengah minggu untuk bisa membeli tiket dengan harga yang lebih terjangkau.

Coba cari tahu berapa harga tiket saat ini

Melalui browsing di internet, kamu bisa tahu berapa harga tiket pesawat saat ini. Harga tiket pesawat memang bisa berubah sewaktu-waktu alias fluktuatif. Ada kalanya harganya bisa sangat tinggi, namun juga bisa turun sewaktu-waktu. Kamu bisa rajin-rajin mengecek harga tiket pesawat ini di internet. Selain itu bandingkan pula beberapa harga tiket pesawat, untuk tujuan travelling yang kamu inginkan. Membandingkan harga beberapa tiket pesawat dari maskapai penerbangan yang berbeda, membuat kamu punya peluang untuk bisa membeli tiket dengan harga yang miring. Oh ya selain itu cari tahu info mengenai harga tiket promo, yang mungkin bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan tiket dengan harga yang lebih terjangkau.

Manfaatkan Google Flights

Sumber: youtube.com

Sekarang ini, kamu bisa melakukan pengecekan mengenai harga tiket dan lain sebagainya melalui aplikasi di smartphone. Atau jika kurang mantap, kamu bsia mendatangi travel agent untuk mengetahui berapa kira-kira harga tiket pesawat saat ini. Tapi tahukah kamu ada satu cara lagi yang terbilang lebih akurat dan tepat, untuk mengetahui kira-kira berapa harga tiket untuk tujuan traveling kamu? Google Flight adalah jawabannya.

Banyak traveler yang menyebut Google Flight bisa lebih akurat untuk merencanakan traveling mereka, dibandingkan apliaksi di smartphone. Google Flight juga bisa digunakan untuk mencari jadwal penerbangan yang kamu butuhkan. Untuk menggunakan Google Flight ini cukup mudah. Pertama cari Google Flight di mesin pencari Google lalu klik “map”. Setelah itu masukan tanggal travelling yang kamu rencanakan, plus airport dimana kamu akan berangkat dan voila!. Akan muncul banyak sekali titik-titik yang akan menunjukkan kemungkinan penerbangan yang bisa kamu ambil saat itu. Artinya kamu bisa memilih destinasi traveling dengan harga tiket yang lebih murah, saat menggunakan Google Flight ini. Selamat mencoba.

Coba gunakan budget airlines

Cara lain untuk mendapatkan tiket yang berharga sedikit lebih miring, adalah dengan menggunakan budget airlines atau LCC (Low Cost Carrier). Dewasa ini banyak maskapai penerbangan yang menggunakan konsep LCC (Low Cost Carrier) ini, untuk menjaring semua konsumen dari segala segmen. Karena itulah kadangkala maskapai yang menerapkan konsep LLC tau budget airlines ini. mematok harga tiket pesawat yang cukup terjangkau. Namun jangan beranggapan bahwa pesawat dengan LLC atau budget airlines ini, murahan atau mutunya kurang bagus. Ada banyak kok pesawat bagus yang juga menerapkan konsep LLC ini. Dengan budget airline sini, kamu berkesempatan untuk bisa mendapatkan pesawat yang bagus namun dengan harga yang lumayan murah.

Coba tiket transit

Banyak orang yang menyebut tiket terbang langsung jauh lebih murah jika dibandingkan dengan cara transit. Namun seperti dikutuip dari laman nomadicmatt.com, untuk travelling ke luar negri kamu bisa menggunakan konsep tiket transit saja. Kabarnya dengan cara ini, kamu bisa memangkas sedikit budget untuk penerbangan. Seperti contoh pemilik blog membagi pengalamanya ketika ia harus melakukan travelling ke Paris. Saat itu, ia ditawari tiket seharga $900 untuk terbang langsung ke Paris. Namun ia kemudian mengetahui bisa terbang lebih dahulu ke Dublin dengan biaya $600, transit disana; dan dari Dublin Airport ia hanya perlu membayar $60 saja untuk terbang ke Paris. Artinya ia bisa menghemat sekitar $240, daripada membeli tiket langsung menuju Paris. Tapi tentu saja semua ini kembali pada diri kamu sendiri. Terbang transit kadang melelahkan dan membuang waktu untuk sebagian orang, sehingga mereka lebih memilih untuk menggunakan tiket langsung saja.

Manfaatkan diskon dan kartu kredit

Sumber: moneyunder30.com

Inilah salah satu cara mudah untuk mendapatkan tiket pesawat murah untuk traveling. Jika kamu menggunakan suatu aplikasi tertentu di smartphone, kamu bisa berpeluang untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga diskon. Saat ini ada banyak aplikasi untuk booking tiket dan pesawat, yang bisa kamu unduh salah satunya dari samartphone.

Saking banyaknya aplikasi jenis ini, mereka kadang berlomba untuk memberikan tiket promo dan juga diskon. Yang perlu kamu lakukan hanya menggunkan aplikasi itu saja, untuk mendapatkan penawaran atau diskon terbaik bagi pesawat. Oh ya seperti disebut diatas, banyaknya aplikasi jenis ini membuat kamu harus memilih yang terbaik dengan review positif yang bisa membantu kamu untuk mendapat tiket diskon dan harga terjangkau. Selain diskon, kamu pun bisa memanfaatkan penawaran dari kartu kredit untuk mendapat diskon yang lumayan besar. Ada banyak bank yang memberikan promosi pada konsumen yang menggunakan kartu kredit, untuk melakukan pemesanan dan pembelian tiket pesawat.

Berlangganan dan setia pada satu maskapai tertentu

Seperti transportasi publik pada umumnya, setiap maskapai penerbangan juga melakukan banyak cara untuk memberikan pelayanan yang maksimal untuk para konsumennya. Selain peningkatan pelayanan, maskapai-maskapai ini juga memberikan penghargaan untuk para konsumen yang sering menggunakan jasa mereka. Bukannya tak mungkin kamu bisa mendapat banyak potongan harga, dari maskapai langganan yang telah biasa digunakan. Selain itu setia dengan menggunakan satu maskapai yang sama untuk travelling, kamu bisa tahu kekurangan dan kelebihan pelayanan yang diberikan oleh mereka. Kamu bisa tahu kapankah maskapai memberikan diskon atau menjual tiket dengan harga yang murah dan juga terjangkau. Serta tentu masih banyak keuntungan lain, yang akan kamu dapat jika setia dengan satu maskapai penerbangan saja.

Beli satu tiket untuk satu orang

Agar mendapat harga yang lebih miring, kamu bisa mencoba untuk mmebeli tiket secara perseorangan dan bukan perkelompok. Sebagai contoh misalnya kamu traveling dengan 4 orang teman kamu. Sebagaimana diketahui bahwa harga tiap baris tiket itu berbeda-beda. Misalnya kursi A harganya 500 ribu, kursi B 700 ribu dan kursi C 800 ribu. Kalau kamu pesan tiket secara grup, maka kadangkala semua tiket akan dibanderol dengan harga yang paling mahal. Karena itulah jika ingin mendapat tiket yang lebih murah, kamu sebaiknya beli satu tiket untuk satu orang.  Karena itulah cari informasi mengenai harga tiket untuk perseorangan alih-alih kelompok, meskipun kamu melakukan traveling dengan banyak orang secara besamaan.

Pesan tiket 6-8 minggu sebelum keberangkatan

Sebelum traveling, memang ada baiknya kamu pesan tiket lebih awal, agar tak terburu-buru dan ribet saat nanti menjelang keberangkatan. Namun untuk menyiasati harga tiket, tidak dianjurkan untuk terlalu cepat atau terlalu lambat saat booking tiket ini. Disarankan untuk memesan tiket 6 hingga 8 minggu sebelum keberangkatan traveling kamu. Bagi kamu yang ingin traveling saat liburan namun tak ingin terjebak dengan harga tiket yang mahal, ada baiknya kamu memesan tiket pesawat 3 bulan sebelum penerbangan. Dengan cara ini kamu masih bisa booking tiket dengan harga murah, meski pergi traveling saat musim liburan atau akhir tahun tiba. Ogah ribet memesan tiket karena sibuk dengan pekerjaan? Kamu bisa memanfaatkan aplikasi di smartphone untuk booking tiket lebih awal, tanpa harus keluar rumah atau meninggalkan kesibukan dan pekerjaanmu. Tapi waktu lamanya booking tentu saja tergantung pada kebijakan setiap maskapai itu sendiri.

957

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here