Sumber: pesonaindo.com

Bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan pantai yang indah namun memiliki budget yang terbatas, mengapa tak mencoba untuk traveling ke kawasan Karimunjawa yang cantik itu?  Sebagai negara kepulauan, Indonesia punya banyak tempat yang menawarkan pemandangan pantai super indah dan tak kalah dengan pantai-pantai lain di berbagai belahan dunia ini. Selain pemandangan yang indah, menuju kawasan pantai ini juga terbilang mudah. Kamu pun tak harus mengeluarkan banyak biaya untuk mengunjunginya. Salah satu surga pantai yang indah di Indonesia, terletak di Karimunjawa ini. Gugusan kepualaun Karimunjawa ini memang dikenal sebagai salah satu objek wisata yang sangat indah, dan jadi destinasi para traveler tak hanya dari Indonesia tapi juga dari mancanegara. Karena itulah jika kamu ingin melakukan traveling atau penjelajahan daerah pantai yang unik dan menyenangkan, maka Karimunjawa ini adalah pilihan yang tepat untuk destinasi traveling kamu.

Secara administratif, gugusan kepulauan Karimunjawa masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Tempat ini memiliki luas 111.500 hektar yang terdiri dari 110.000 hektar area perairan, dan sisanya atau kurang lebih 1.500 hektar adalah daratannya. Karimunjawa memiliki sekitar 27 gugus kepulauan, namun hanya 5 saja yang berpenghuni yakni pulau Karimunjawa, pulau Kemujan, pulau Nyamuk, pulau Parang, dan juga pulau Genting. Setiap pulau memiliki luas yang bervariasi, namun paling lebar adalah pulau Bengkuang dengan luas sekitar 92 hektar. Sebagian pulau-pulau di Karimunjawa memang dibuka untuk tujuan wisata. Namun ada juga yang dimiliki oleh pribadi atau perseorang, dan sebagian pulau lagi dikuasai oleh TNI Angkatan Laut.

Karena letaknya yang terbilang dekat dengan Jepara, maka Karimunjawa kerap menjadi destinasi wisata yang dituju oleh para traveller dari Indonesia atau mancanegara. Untuk menuju kesana juga terbilang tidak terlalu sulit dengan rute yang mudah ditempuh. Meskipun begitu, banyak orang berpikir traveling ke Karimunjawa itu mahal dan menghabiskan biaya yang mahal. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Kamu masih bisa kok traveling ke Karimunjawa dengan budget yang terbatas alias irit. Meskipun begitu, keseruan dan petualangan ke Karimunjawa menjadi salah satu pengalaman traveling yang tidak akan kamu lupakan sampai kapan pun.

Alat transportasi ke Karimunjawa

Sumber: joglowisata.com

Traveling ke Karimunjawa bisa dimulai di tiga kota yakni Jepara, Semarang dan Surabaya. Untuk menjuju Karimunjawa dari Jepara, kamu perlu menuju ke Pelabuhan Kartini untuk menemukan moda transportasi yang akan membawa kamu ke tempat ini. Ada dua pilihan transportasi air yang bisa kamu gunakan yakni dengan menggunakan speedboat dan kapal feri. Waktu tempuh dari pelabuhan Kartini ke Karimunjawa dengan speedboat hanya 2 jam saja, tapi kamu harus menyiapkan biaya sekitar Rp. 150.000 – Rp.175.000 . Alternatif kedua dengan mengunakan kapal feri memang lebih lama yakni menempuh waktu 5 jam. Namun biaya yang dikeluarkan lumayan irit yakni Rp. 59.000 saja.

Untuk yang ingin menyeberang dari Semarang ke Karimunjawa, kamu bisa menggunakan kapal Kartini dengan harga tiket Rp. 135.000 – Rp. 155.000, dengan waktu tempuh selama 4 jam perjalanan. Biaya kapal laut ini lebih murah dibandingkan jika kamu memilih untuk naik pesawat perintis yang mematok biaya sekitar Rp. 222.000, meskipun dari Semarang ke Karimunjawa bisa ditempuh dalam waktu 40 menit saja. Sedangkan jika kamu akan berangkat dari Surabaya, pesawat perintis ini bisa disewa dengan harga  Rp. 349.000 untuk waktu tempuh skeitar 75 menitan. Yang mana pilihanmu, tentu saja kembali lagi ke anggaran yang telah kamu persiapan untuk ongkos transport saat traveling ke Karimunjawa ini.

Penginapan di Karimunjawa

Traveling ke Karimunjawa tentu tak cukup hanya sehari saja. Untuk perjalanan dari Jepara dengan kapal feri saja membutuhkan waktu yang lama. Karena itu sediakan waktu yang cukup agar bisa mengeksplore keindahan Karimunjawa ini. Tarveling beberapa hari ke Karimunjawa, artinya kamu perlu memikirkan tentang penginapan yang akan kamu tempati disini.

Ada sebagai traveler yang membawa tenda dan memilih untuk camping di pinggir pantai Karimunjawa. Namun ada juga yang memilih hotel dan penginapan, yang banyak tersebar di sekitar tempat ini. Bagi kamu yang ingin menghemat, ada homestay kelas backpacker yang lumayan nyaman dengan fasilitas yang cukup memadai. Kamu bisa menginap di homestay ini dengan biaya sekitar Rp. 80.000 – Rp. 150.000 permalam.

Untuk dapat fasilitas yang lebih lengkap lagi seperti kamar ber AC, maka tarifnya bisa sedikit lebih mahal yakni Rp. 200.000 – Rp. 300.000 per malam. Tapi jika kamu memiliki anggaran yang cukup besar untuk penginapan, di Karimunjawa juga banyak hotel dengan fasilitas yang terbilang lengkap. Hanya saja kamu harus menyiapkan anggaran lebih, sebab tarif semalam di hotel-hotel Karimunjawa ini dibandrol mulai dari Rp. 300.000  hingga sekian juta Rupiah permalamnya.

Wisata darat di Karimunjawa

Memang tak dipungkiri saat traveling atau liburan ke Karimunjawa, orang beranggapan hanya pemandangan lautnya saja yang indah di tempat ini. Padahal wisata darat di Karimunjawa, tak kalah indah dengan pantai dan juga lautannya loh. Ada banyak bagian dari daratan kepulalaun Karimunjawa yang bisa kamu jelajahi dan dinikmati keindahanya. Salah satu yang wajib untuk kamu datangi di Karimunjawa ini adalah Bukit Joko Tuwo, yang lokasinya berada di  Taman Nasional Karimunjawa, Karimunjawa.

Di tempat ini kamu akan melihat tulang belulang ikan paus raksasa yang telah menjadi fosil, dan oleh penduduk sekitar disebut dengan nama Joko Tuwo. Selain itu karena lokasinya berada di perbukitan, kamu bisa menikmati keindahan Karimunjawa dari daerah ketinggian. Buka setiap hari pukul 8 pagi hingga 6 sore, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.5000 saja.

Bagi kalian yang traveling bersama dengan pasangan, jangan lupa untuk mengunjungi Bukit Love yang lokasinya tak jauh dari Bukit Joko Tuwo. Disebut sebagai Bukit Love, karena pada bagian puncak bukit terdapat patung atau sejenis monumen dengan ejaan kata LOVE disana. Jangan lupa untuk mengabadikan foto di Bukit Love ini, apalagi laut Karimunjawa tampak jelas jadi background di tempat ini. Nah bagi kamu dengan jiwa petualangan yang kuat, nikmatilah sensasi trekking di hutan mangrove Karimunjawa. Kamu akan diajak menjelajah untuk menembus lebatnya hutan mangrove yang masih asli, dengan membayar tiket retribusi sebesar Rp. 5000 saja.

Wisata laut dan pantai di Karimunjawa

Meskipun wisata darat di Karimunjawa juga seru dan juga indah, namun tetap saja traveller ke sini ingin menikmati keindahan laut dan pantainya. Ada banyak spot untuk menikmati keindahan laut dan juga pantai di Karimunjawa. Salah satunya adalah pantai Ujung Gelam, di mana kamu hanya perlu membayar Rp.10.000 saja untuk menikmati indahnya pemandangan di pantai ini. Pantai dengan pasir putih, batu karang dan pohon nyiur yang melambai membuat wisata Pantai Ujung Gelam ini sayang untuk dilewatkan. Selanjutnya ada lagi pantai Batu Topeng yang lokasinya tak jauh dari pantai Ujung Gelam. Masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Karimunjawa, Pantai Batu Topeng punya pasir berwarna kuning keputih-putihan yang lembut dan berkilau. Ada juga deretan batuan yang membuat pantai Batu Topeng ini semakin indah dan eksotis. Kamu bisa menikmati indahnya sunset dan sunrise dari pantai Batu Topeng ini, dengan tanpa dipungut biaya alias gratis.

Lalu ada lagi Nirwana resort yang juga menjanjikan pemandangan pantai yang tak kalah indah, dibandingkan dengan dua pantai lain yang telah disebutkan sebelumnya. Resort yang masuk dalam wilayah Desa Kapuran no 100 – 200, Karimunjawa, ini memiliki pemandangan pantai yang indah, dengan laut berwarna hijau kebiruan dan pohon kepala yang melambai-lambai memanggil pengunjung untuk datang. Bagi kamu yang tidak menginap di tempat ini, bisa menikmati keindahan pantai di Nirwana Resort dengan membayar bea masuk sebesar Rp.15.000 saja.

Bagi kamu yang travelling ke Karimunjawa untuk snorkelling, ada beberapa spot yang difavoritkan untuk kamu tuju.

  • Pulau Menjangan Kecil. Dengan waktu tempuh 20 menit dari pulau utama Karimunjawa, kamu bisa snorkeling di pantai Menjangan Kecil ini. Dengan airnya yang jernih, kamu bisa menikmati keindahan batu karang dan ikan warna-warni di pulau Menjangan Kecil ini. Selain itu, ada juga penangkaran hiu yang bisa kamu datangi dengan tiket masuk Rp.25.000 saja.
  • Pulau Cemara. Satu lagi spot snorkeling yang bisa kamu kunjungi adalah sekitar Pulau Cemara ini. Meskipun lokasinya agak jauh dari pulau utama Karimunjawa, namun Pulau cemara menympan kekayaan terumbu karang yang indah dan memukau.
  • Pulau Cilik. Snorkeling di Karimunjawa tak akan lengkap tanpa mendatangi Pulau Cilik ini. Dengan menempuh perjalanan 30 menit dari pulau utama Karimunjawa, kamu bisa snorkeling di Pulau Cilik dengan airnya yang masih jernih, dan juga gugusan terumbu karangnya yang berukuran besar-besar.
  • Pulau Tengah. Tak jauh dri Pulau Cilik, ada juga spot snorkeling terbaik dimana kamu bisa menikmati keindahan Sea Anemone dan hard coral yang indah. Pulau Tengah inilah yang jadi tempat favorit wisatawan dan traveller yang hobi snorkeling atau diving. Keragaman hayati Pulau Tengah ini, juga memukau dengan banyaknya ikan warna-warni di sekitarnya.

Kuliner di Karimunjawa

Sumber: phinemo.com

Puas berjalan-jalan menikmati keindahan pantai dan daratan di Karimunjawa, saatnya kita menikmati kuliner yang ada di tempat ini. Salah satu tempat yang bisa kamu tuju untuk menikmati beragam kuliner di Karimunjawa ini adalah Karimunjava Culinary Centre, yang lokasinya dekat dengan alun-alun Karimunjawa. Aneka kuliner khas bisa kemu nikmati disana seperti Pindang Serani, siomay tongkol, lontong krubyuk, bakso ekor kuning dan tongseng cumi.

Bagi yang ingin menikmati kuliner dengan harga lebih murah, ada juga banyak penjual nasi kucing di sekitar alun-alun Karimunjawa, yang dibandrol dengan harga Rp.5000 saja. Tapi tentu saja seafood menjadi favorit kuliner yang banyak dicari oleh traveller yang datang ke Karimunjawa ini.  Ada banyak kok warung hingga restoran yang menyediakan hidangan seafood ini. Sebaiknya tanyakan dulu berapa harga hidangan laut, yang akan kamu santap di tempat-tempat sekitar Karimunjawa ini. Umumnya, seafood di Karimunjawa ini dibandrol dengan harga Rp.20.000 per porsinya. Namun jika kamu memilih seafood yang mahal seperti lobster, maka harganya bisa berkisar hingga ratusan ribu Rupiah.

672

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here