Sumber: bustle.com

Lahir dan tinggal di negara tropis seperti Indonesia, membuat sebagian orang merasa penasaran dengan nuansa musim dingin di negeri orang. Tidak heran ada banyak orang yang berbondong-bondong pergi liburan ke negara 4 musim untuk mencicipi salju di sana.

Karena terbiasa hidup dengan iklim tropis yang panas, kita tidak pernah tahu seberapa dingin cuaca di luar negeri sana. Lalu, apakah tubuh kita bisa beradaptasi dengan baik terhadap cuaca dingin. Perubahan suhu dari panas di kota asal dan suhu dingin di kota tujuan juga bisa membuat kita rentan sakit yang malah akan membuat rencana liburan di musim dingin jadi berantakan.

Oleh karena itu, ada beberapa perlengkapan yang perlu kamu bawa ketika ingin berlibur di saat musim dingin seperti daftar berikut ini!

Long John

Jika bepergian saat musim salju, kamu wajib menggunakan long john selama berlibur. Pakaian termal ini dipakai di luar pakaian dalam. Long john biasanya terbuat dari bahan wol, polyester, atau katun yang bisa menghangatkan tubuh.

Topi Kupluk

Bagian kepala juga akan terasa dingin saat berjalan di ruang terbuka, apalagi jika angin sedang bertiup kencang. Agar terhindar dari flu atau masuk angin, gunakan kupluk yang dibuat dari wol. Kepala hangat, kamu pun bebas berjalan di tengah suhu dingin.

Penutup Telinga

Sumber: victoriasglamour.com

Telinga kita mudah merasakan dingin. Agar telinga tidak terasa beku, gunakan penutup telinga yang biasanya terbuat dari wol atau bulu-bulu.

Sweater

Menggunakan long john saja terkadang tidak cukup untuk menghalau  suhu dingin. Untuk itu, gunakan sweater berbahan wol atau fleece untuk melapisi long john. Dengan demikian, suhu tubuh bisa terjaga dengan baik dan kamu terhindar dari hipotermia.

Syal

Saat beraktivitas pada suhu dingin, sebaiknya kamu menutupi seluruh bagian tubuh. Salah satunya adalah leher. Untuk leher, kamu bisa menghangatkannya menggunakan syal. Pilihlah syal berbahan wol dan berwarna netral agar bisa dipadupadankan dengan pakaian apa pun.

Jaket

Saat puncak musim dingin, kamu membutuhkan jaket atau coat yang memiliki lapisan furing di bagian dalamnya. Lebih bagus lagi jika menggunakan yang berbahan bulu angsa. Pilihlah jaket dengan warna netral agar bisa dipadupadankan dengan berbagai jenis pakaian.

Kaos Kaki

Saking dinginnya, suhu dingin bisa menembus bagian dalam sepatumu dan membuat jari kaki terasa beku. Gunakan kaos kaki tebal untuk menghalau suhu dingin. Jika jari kakimu hangat, itu akan mempengaruhi suhu tubuh juga.

Sepatu

Sepatu biasa saja tidak cukup digunakan saat musim dingin. Sebaiknya gunakan sepatu khusus musim dingin. Misalnya boot tinggi sebetis dengan lapisan bulu di bagian dalamnya. Jangan lupa untuk memilih sepatu dengan ukuran yang sedikit lebih besar agar tidak kesempitan saat kamu menggunakannya  bersama kaos kaki tebal.

Sarung Tangan

Sumber: switchbacktravel.com

Untuk sarung tangan, pilihlah yang berbahan wol atau bulu sintetis. Usahakan kamu menggunakan sarung tangan yang ada jari-jarinya supaya kamu tetap leluasa saat memegang suatu benda. Saat ini juga ada sarung tangan yang bisa digunakan untuk mengusap layar ponsel, jadi ketika kamu ingin mengirimkan pesan lewat ponsel, tidak perlu membuka sarung tangan terlebih dahulu.

Pelembab

Udara dingin akan membuat kulit terasa cepat kering dan iritasi. Bawalah pelembab muka atau kulit dan lipbalm dalam ukuran kecil supaya bisa dibawa di dalam tas dan digunakan kapan pun saat dibutuhkan.

Obat-obatan

Perbedaan cuaca menuntut tubuh kita untuk beradaptasi. Agar adaptasi ini berjalan lancar, sebaiknya kamu membawa obat-obatan dan vitamin. Khususnya untuk kamu yang mudah terkena flu atau memiliki asma, jangan tinggalkan obat-obatanmu di rumah. Dengan vitamin, tubuhmu akan lebih mudah beradaptasi dengan cuaca dingin. Jika tubuhmu sehat, liburan akan semakin menyenangkan!

Hot Pack

Pakaian tebal tidak cukup untuk menghangatkan diri? Gunakan saja hot pack atau penghangat badan. Biasanya penghangat badan ini berbentuk seperti koyo atau gel. Kamu bisa menempatkannya di area yang masih terasa dingin, misalnya pada bagian perut, telapak kaki atau leher.

Minuman Penghangat Tubuh

Di luar negeri, orang-orang akan meminum minuman beralkohol untuk menjaga suhu tubuh mereka dan menghindari penyakit akibat musim dingin. Jika kamu ingin menghangatkan diri dari dalam tubuh, kamu bisa mencoba minum minuman tersebut. Tapi jika kurang sreg dengan minuman beralkohol, kamu bisa mempersiapkan minuman jahe instan dari rumah. Kamu bisa menikmatinya sesaat sebelum beraktivitas atau pada malam hari setelah beraktivitas di luar ruangan. Dijamin hangatnya akan merata.

Itulah beberapa perlengkapan yang wajib kamu bawa saat berlibur ke luar negeri di musim dingin. Kalau tubuhmu sehat dan terasa hangat, liburan kali ini pasti akan jadi pengalaman yang luar biasa. Jangan lupa share ke teman-temanmu juga ya!

1220

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here