Sumber: Travel Mato

Bicara tentang wisata di dalam negeri, yang akan langsung muncul di benak kamu pasti beberapa destinasi populer seperti Yogyakarta, Bali, Belitung, Malang, dan Lombok. Pemandangan alam dan kebudayaan di destinasi wisata tersebut memang begitu menarik sampai-sampai terkenal juga di kalangan wisatawan mancanegara.

Bagaimana dengan sejumlah destinasi yang jarang dikunjungi orang selagi liburan seperti Kalimantan Timur? Provinsi dengan ibu kota Samarinda ini jarang terdengar untuk urusan wisata, padahal ada banyak tempat wisata yang sangat menarik. Bisa dibilang keindahan alamnya tidak kalah jika dibandingkan dengan tempat wisata yang ada di Yogyakarta, Bali, Belitung, Malang, dan Lombok.

Mulai dari pantai berpasir putih, air terjun, penangkaran satwa, hingga goa, semua bisa kamu temukan di Kalimantan Timur. Luas wilayah Kalimantan Timur begitu luas dan tidak akan ada habisnya jika kamu kelilingi dalam waktu seminggu. Namun, tidak ada salahnya untuk mencatat daftar tempat wisata di Kalimantan Timur berikut ini. Siapa tahu kamu punya kesempatan untuk berkunjung ke sana!

Pulau Sangalaki

Pulau berikutnya yang harus kamu kunjungi di Kalimantan Timur adalah Pulau Sangalaki. Destinasi berupa pulau kecil ini memiliki keindahan yang tiada tara. Ombak lautnya begitu tenang sehingga aman untuk berenang, snorkeling, dan diving. Beberapa spot diving di Pulau Sangalaki bahkan sudah sangat mendunia. Misalnya saja Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, Manta Avenue, Ridge, Light House, The Rockies, Channel Entrance, Coral Gardens, Town, dan Sandy Ridge. Masa kamu yang penduduk Indonesia belum pernah ke sana sih?

Kegiatan lainnya yang tidak kalah menarik di Pulau Sangalaki adalah berinteraksi dengan penyu yang ada di penangkaran. Di sini kamu bisa belajar tentang habitat mereka dan berpartisipasi dalam pelepasan anak penyu atau tukik ke laut lepas.

Wisata Alam Batu Dinding

Sumber: Tempat Wisata

Jika China punya Tembok Besar China, maka Indonesia punya Wisata Alam Batu Dinding. Tempat wisata yang satu ini memang bukan berupa benteng, namun pemandangannya sangat indah. Wisata Alam Batu Dinding ini berada di Kutai Kertanegara.

Jalan setapaknya terbuat dari batu, berliku-liku, dan menanjak, hampir mirip dengan Tembok Besar China. Menyaksikan matahari terbit di sini akan menjadi pengalaman yang luar biasa. Ditambah lagi dengan latar belakang perbukitan dan pepohonan yang asri.

Ladang Budaya Tenggarong

Ladang Budaya Tenggarong adalah tempat wisata alam buatan yang cocok untuk kamu sekeluarga. Ada banyak wahana dan fasilitas yang bisa kamu nikmati di sini. Di antaranya adalah camping ground, playgroung, area paint ball, dan penginapan.

Penginapannya cukup menarik karena arsitekturnya begitu indah. Di sekitar penginapan ada banyak pohon rindang dan kolam buatan. Dari sudut tertentu, kamu bisa mendapatkan foto yang keren.

Oh iya, jangan lupa ajak si kecil untuk mampir ke Mini Zoo untuk bertemu dengan satwa khas Kalimantan seperti burung enggang, beruang madu, burung merak, dan uwa-uwa.

Taman Batu Bukit Sembinai

Saat berkunjung ke Bukit Sembinai, pastikan kamu mampir ke Taman Batu Bukit Sembinai. Tempat wisata yang satu ini memang sulit untuk dicapai karena jalanannya menanjak dan berkelok. Tapi, semua itu akan terbayarkan karena pemandangan yang menantimu sangatlah keren.

Taman batu ini mirip seperti Stone Garden yang ada di Bandung, hanya saja bebatuannya cukup tertata rapi dan berukuran besar. Suasananya pun tidak gersang karena ada banyak tanaman hijau di antara bebatuan. Sangat alami tanpa campur tangan manusia! Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan di Taman Batu Bukit Sembinai ini adalah pada saat matahari terbit dan matahari terbenam.

Baca Juga: Jarang Terdengar, Inilah Tempat Wisata Keren di Kalimantan Selatan – Part 2

Bukit Bangkirai

Sumber: Get Borneo

Kalimantan adalah salah satu lokasi di Indonesia yang kaya akan hutan hujan tropis. Bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman menjelajahi hutan hujan tropis yang menjadi kebanggaan Indonesia, berkunjunglah ke Bukit Bangkirai.

Diisi dengan banyak pohon tinggi berkanopi, salah satu kegiatan yang menantang adalah menyeberangi jembatan kanopi setinggi 30 meter dan panjang 64 meter. Sambil menikmati angin, kamu bisa sekalian menikmati pemandangan hutan hujan tropis dari ketinggian.

Jika beruntung, kamu bisa bertemu dengan satwa yang berdiam di hutan tersebut. Misalnya saja monyet ekor panjang, rusa, dan orang utan. Difoto boleh, disakiti jangan ya! Mari hargai satwa dan flora yang ada di hutan tersebut.

Tulung Ni’ Lenggo

Tulung Ni’ Lenggo adalah sebuah telaga dengan air berwarna hijau jernih. Pemandangan alamnya sangat asri. Danau ini tidak terlalu dalam. Saking jernih dan tidak dalam, ketika sedang berada di atas kapal, kamu akan terlihat seolah-olah sedang melayang. Sangat bagus saat difoto!

Tempat wisata yang tergolong baru ini perlahan dilengkapi dengan fasilitas memadai agar pengunjung merasa lebih nyaman. Di tempat ini kamu juga bisa menemukan monyet liar yang tengah bergelantungan di pohon.

508

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here