Bagi anda yang mempunyai jiwa petualang, salah satu tantangan yang bisa dihadapi adalah mengikuti rafting di sungai. Rafting atau arung jeram sendiri merupakan salah satu aktifitas mengarungi air sungai atau riam dengan perahu karet, kayak maupun kano dayung. Olahraga ekstrim ini selain merupakan olah raga fisik juga termasuk olah raga petualangan yang sangat seru dan menarik. Seru banget loh, yuk kita lihat beberapa spot untuk rafting di sekitar Jawa!

 

1. Sungai Kasembon, Jawa Timur

Sungai Kasembon bukanlah sungai asing bagi pencinta arung jeram. Sungai yang terletak di desa Bayem kecamatan Kasembon, Malang ini terbilang mudah di temukan dan selalu memberikan kejutan yang tidak terduga. Sungai Kasembon mempunyai jalur rafting sepanjang 7,5 km, biasanya bisa ditempuh selama 2 jam untuk para pemula. Jalur ini melewati desa Bayem, kemudian Desa Bejirejo, Desa Sepudak dan finish di desa Mangir, lokasi yang masih bagian dari wilayah kecamatan Kasembon. Sungai Kasembon memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, lokasinya dikelilingi oleh pegunungan, sawah yang menghampar hijau serta panorama sunset di sore hari yang jarang ditemukan.

Rafting Sungai Kasembon menyajikan arus sungai lima kanal dengan ketinggian mencapai dua sampai tiga meter, dengan level kesulitan berkisar dua sampai tiga. Cocok bagi anda yang masih pemula, tetapi rute ini juga cocok bagi professional. Jika anda ingin yang lebih ektreme, anda harus mencoba untuk datang di awal musim hujan atau penghujung musim kemarau. Selain arus air yang sedang mulai meninggi, saat itu pula waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam Sungai Kasembon. Sedangkan kalau anda lebih suka medan rafting yang damai dengan air yang sedikit lebih jernih, datanglah di pertengahan musim kemarau. Bonusnya, cuaca yang cerah di Sungai Kasembon, akan menjadi daya tarik tersendiri, lengkap dengan keindahan lembayung sore.

2. Sungai Citatih, Jawa Barat

Sungai Citatih merupakan sungai yang bersih dan bebas dari limbah. Beberapa arum jeram yang akan dilewati oleh anda ketika berada di sungai citatih mulai grade 1-4 dengan perjalanan yang bisa anda pilih adalah 9, 12 hingga 40 km. jika memilih kelas menengah atau 12 km, anda akan menempuh arum jeram selama 2,5 jam. Jika yang 40 km mungkin bisa dari pagi hingga sore. Sebelum pemberangkatan, anda bisa menitipkan beberapa barang berharga seperti kamera misalnya. Disetiap spot terdapat kameraman yang akan mengambil gambar pada saat rafting, jadi anda tetap tidak kehilangan momen saat rafting.

Petualangan mengarungi sungai citatih beserta keseruannya akan ditemukan mulai melewati berbagai nama arum jeram dengan nama-nama yang cukup unik seperti , Jeram Naga, Jeram Kupu dan beberapa jeram lainnya. Satu jam perjalanan lebih berlangsung, anda akan di bawa guide menuju tempat istirahat sejenak dipinggir sungai dengan arus tenang. Disini anda akan di beri snack dan minuman. Setelah setengah jam istirahat perjalanan dimuali lagi. Selama perjalanan para penikmat rafting akan melihat berbagai macam pemandangan seperti pemukiman desa yang masih asri, sawah, kebun karet dan pemandangan indah lainnya.

3. Sungai Cisadane, Jawa Barat

Sungai Cisadane adalah sungai yang populer di kecamatan Caringin, Bogor Jawa Barat. Karena spot rafting di Cisadane ini memiliki spot yang tak kalah seru dari sungai lainnya. Saat datang ke tempat ini, jangan khawatir tak ada fasilitas tempat ganti baju. Di beberapa lokasi di tempat ini, disediakan saung untuk mengganti pakaian dan menaruh semua barang-barang pribadi sebelum melakukan olahraga ekstrem itu. Setidaknya ada empat arum jeram yang harus ditaklukkan selama menyusuri sungai ini. Setiap jeram mempunyai sensasi berbeda. Untuk tingkat kesulitan di sungai Cisadane pun bervariasi, mulai dari grade satu hingga grade tiga. Untuk grade satu itu manuver mudah, kecenderungan flat, sedangkan grade dua dan tiga punya grade jeram yang lebih terjal. Selama rafting, Anda akan dibawa untuk menaklukkan derasnya sungai sejauh 7 kilometer dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Selama perjalanan rafting dilalui, para peserta akan melihat pemandangan menarik. Dan saat tiba di jeram keempat, di situlah, saat-saat menegangkan terjadi. Para peserta, harus menaklukkan jeram terakhir, menuruni bendungan air dengan kemiringan 45 derajat. Untuk anda yang ingin menikmati rafting disini, hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp285 ribu, harga tersebut sudah termasuk makan siang, snack, asuransi transport lokal dari lokasi akhir menuju lokasi awal, alat dan pemandu lokal.

4. Sungai Pekalen, Jawa Timur

Sungai Pekalen berjarak 25 km dari pusat kota Probolinggo dan memlintas diantara tiga kecematan yakni Kecamatan Gading, Maron, dan Tiris. Air sungai ini bersumber dari mata air Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan serta terbagi dalam tiga wilayah, yakni Sungai Pekalen Atas dengan jarak 12 km, Sungai Pekalen Tengah berjarak 7 km, dan Sungai Pekalen Bawah dengan jarak 10 km. Sungai dengan lebar antara 5-20 meter ini memiliki kedalaman antara 1 hingga 3 meter. Untuk jalur rafting di sungai ini mencapai 29 km dengan jarak mulai dari start hingga finish sepanjang 9 km untuk jalur Sungai Pekalen Bawah. Sementara untuk jalur Sungai Pekalen Atas berjarak 12 km dengan masing-masing 50 titik jeram.

Daya tarik yang berbeda dari sungai lainnya karena Sungai Pekalen ini mempunyai keberadaan air terjun yang harus anda lewati. Tak kurang ada tujuh air terjun yang anda lewati dalam perjalanan menguras adrenalin tersebut. Perjalanan anda semakin seru karena bertemankan pemandangan hijau menyegarkan dan sejumlah suara binatang seperti burung kepodang, elang, monyet yang bergelantungan, tupai, ataupun biawak. Ada pula pemandangan goa-goa kelelawar yang molek yang akan anda temui dalam perjalanan anda. Rafting di Sungai Pekalen ini anda harus menggunakan dayung. Hampir di keseluruhan perjalanan anda harus memegang dayung dan melakukan pendayungan. Namun anda tidak perlu khawatir kelelahan karena pemandu akan memimpin anda dalam menggunakan dayung dan memberitahu teknik untuk mendayung.

5. Sungai Serayu, Jawa Tengah

Wisata Arum Jeram Sungai Serayu Banjarnegara Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Sungai Serayu berada dalam Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah jika anda dari Yogyakarta perjalanan kurang lebih 2,5 jam disana anda akan melewati lereng Gunung Sindoro dan lereng gunung Sumbing yang menyajikan kesejukan dan panorama alam pengunungan. Sungai Serayu mempunyai panjang kira-kira 25 km dengan jeram-jeram kelas III – IV dan jarak tempuh menggunakan perahu selama kira-kira 4,5 – 5 jam pengarungan. Petualangan anda akan serasa sempurna bila anda bisa menaklukan sungai serayu Banjarnegara  dengan jeram-jeram yang cukup menantang.

Sungai Serayu memiliki arus air yang cukup stabil di segala cuaca. Jadi ketika kamu ingin melakukan arung jeram di Sungai Serayu bisa datang kapan saja. Namun di saat musim hujan debit airnya pastinya akan bertambah karena seluruh hulu yang mengarah ke Sungai Serayu membawa air lebih banyak dari biasanya. Pada saat itu lah grade pengarungan akan bertambah dan lebih menantang. Karena rafting di Sungai Serayu termasuk kegiatan yang mengandung resiko, maka patuhilah instruksi guide/skipper sebelum dan selama pengarungan agar bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan.

310

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here