Sumber: Info Jakarta

Bicara tentang wisata di dalam negeri, yang akan langsung muncul di benak kamu pasti beberapa destinasi populer seperti Yogyakarta, Bali, Belitung, Malang, dan Lombok. Pemandangan alam dan kebudayaan di destinasi wisata tersebut memang begitu menarik sampai-sampai terkenal juga di kalangan wisatawan mancanegara.

Bagaimana dengan sejumlah destinasi yang jarang dikunjungi orang selagi liburan seperti Kalimantan Timur? Provinsi dengan ibu kota Samarinda ini jarang terdengar untuk urusan wisata, padahal ada banyak tempat wisata yang sangat menarik. Bisa dibilang keindahan alamnya tidak kalah jika dibandingkan dengan tempat wisata yang ada di Yogyakarta, Bali, Belitung, Malang, dan Lombok.

Mulai dari pantai berpasir putih, air terjun, penangkaran satwa, hingga goa, semua bisa kamu temukan di Kalimantan Timur. Luas wilayah Kalimantan Timur begitu luas dan tidak aka nada habisnya jika kamu kelilingi dalam waktu seminggu. Namun, tidak ada salahnya untuk mencatat daftar tempat wisata di Kalimantan Timur berikut ini. Siapa tahu kamu punya kesempatan untuk berkunjung ke sana!

Goa Haji Mangku

Sumber: Wira Nurmansyah

Jika dilihat sekilas, mungkin kamu akan bingung di mana letak guanya? Ya, sebenarnya Goa Haji Mangku ini merupakan sebuah danau kecil yang ada di Pulau Maratua. Danau kecil dengan air payau ini sering disebut sebagai gua karena untuk mencapai lokasinya, para pengunjung harus masuk melalui mulut goa terlebih dahulu.

Air di sini begitu jernih, bersih, dan berwarna toska muda. Sangat cantik, apalagi ketika tertimpa sinar matahari sehingga permukaannya terlihat mengkilap. Dari atas, kamu bisa melihat bagian dasar danau dan dijamin tidak bisa menahan diri untuk tidak segera menceburkan diri ke dalamnya.

Di bagian bawah danaunya, kamu bisa menemukan bentuk cekungan dan di titik lainnya ada sebuah jurang tak berdasar. Ada juga bagian danau yang berada di dalam gua sehingga suasananya sangat eksotis.

Goa Batu Gelap

Saat berkunjung ke kawasan Kutai Kartanegara, pastikan untuk mampir ke tempat wisata alam Goa Batu Gelap. Suasananya cukup misterius, namun terlihat indah. Goa Batu Gelap ini merupakan gua yang terbentuk dari pergunungan karst dan batu gamping. Perlu kamu ketahui, Goa Batu Gelap ini adalah satu-satunya gua alam yang ada di Kalimantan Timur.

Mengenai keindahan gua ini, ketika menginjakkan kaki di dalamnya kamu akan disuguhi dengan pemandangan stalagmite dan stalaktit yang menghiasi dasar dan langit-langit gua. Di sini juga ada sebuah sungai bawah tanah yang menyejukkan area gua.

Ketika berada di gua ini rasanya para pengunjung akan tertarik untuk mengeksplorasinya lebih dalam lagi. Untuk masuk ke dalam gua ini, para pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebesar lima ribu rupiah untuk tiket masuknya.

Baca Juga: Jarang Terdengar, Inilah Tempat Wisata Keren di Kalimantan Selatan – Part 1

Pulau Kakaban

Objek wisata yang paling utama di Pulau Kakaban adalah ubur-ubur. Di sini kamu bisa berinteraksi dengan banyak ubur-ubur di laut lepas tanpa perlu takut terkena sengatan. Pulau Kakaban ini merupakan habitat dari ribuan ubur-ubur. Spesies ubur-ubur yang ada di sini tidak memiliki sengatan, jadi kamu bisa berenang bersama mereka dengan aman.

Pulau kecil yang ada di tengah lautan ini pun terkenal unik karena memiliki danau di bagian tengahnya lagi. Selain berenang bersama ubur-ubur, kamu tidak boleh melewatkan kegiatan snorkeling dan diving di sekitar Pulau Kakaban. Keindahan alam bawah lautnya begitu mengagumkan. Bentuk koral dan terumbu karangnya sangat cantik. Di sini juga ada banyak spesies ikan cantik. Jika beruntung, kamu bisa bertemu dengan beberapa spesies ikan langka seperti barakuda, hiu white tip, hiu black tip, serta hammer shark.

Pulau Derawan

Sumber: Indo Surf Life

Kalau pulau yang satu ini pasti sudah sering kamu dengar namanya. Pulau Derawan adalah sebuah pulau yang sangat cantik jika dilihat dari daratan. Sejauh mata memandang, kamu akan menemukan banyak pohon kelapa sehingga suasana pantainya begitu terasa. Bagian bawah lautnya juga tidak kalah cantik.

Air laut di Pulau Derawan sangat bersih dan jernih. Kamu bisa menikmati keindahan alam bawah laut hanya dengan melihat dari darat atau snorkeling saja. Tapi kalau kamu mau berpetualang, cobalah melakukan diving dan mencari ikan badut atau Si Nemo yang tinggal di antara terumbu karang.

Pulau Maratua

Pulau Maratua ini adalah salah satu tempat wisata alam yang tidak boleh dilewatkan oleh para pecinta pantai. Destinasi ini berada di gugusan pulau terluar Indonesia, tepatnya di perairan Sulawesi dan berbatasan dengan perairan Malaysia.

Pemandangan matahari terbenam di sini begitu terkenal karena memang sangat cantik. Suasananya sangat hening, hanya ada suara deburan ombak dan angin laut. Sangat cocok untuk kamu yang butuh relaksasi dan melepas stres. Sambil menikmati suasana, jika beruntung kamu bisa bertemu dengan lion fish, pari putih, bahkan penyu hijau.

398

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here