Sumber: Kabar Kaltim

Bicara tentang wisata di dalam negeri, yang akan langsung muncul di benak kamu pasti beberapa destinasi populer seperti Yogyakarta, Bali, Belitung, Malang, dan Lombok. Pemandangan alam dan kebudayaan di destinasi wisata tersebut memang begitu menarik sampai-sampai terkenal juga di kalangan wisatawan mancanegara.

Bagaimana dengan sejumlah destinasi yang jarang dikunjungi orang selagi liburan seperti Kalimantan Timur? Provinsi dengan ibu kota Samarinda ini jarang terdengar untuk urusan wisata, padahal ada banyak tempat wisata yang sangat menarik. Bisa dibilang keindahan alamnya tidak kalah jika dibandingkan dengan tempat wisata yang ada di Yogyakarta, Bali, Belitung, Malang, dan Lombok.

Mulai dari pantai berpasir putih, air terjun, penangkaran satwa, hingga goa, semua bisa kamu temukan di Kalimantan Timur. Luas wilayah Kalimantan Timur begitu luas dan tidak akan ada habisnya jika kamu kelilingi dalam waktu seminggu. Namun, tidak ada salahnya untuk mencatat daftar tempat wisata di Kalimantan Timur berikut ini. Siapa tahu kamu punya kesempatan untuk berkunjung ke sana!

Jantur Mapan

Sumber: Pinterest

Kalimantan Timur juga memiliki air terjun yang bisa menyejukkan tubuh dan pikiranmu. Lokasi Jantur Mapan ini berada di Kutai Barat dan dekat dengan jalan utama. Meski demikian, kamu tetap bisa merasakan suasana yang alami dan asri. Untuk tiba di lokasi air terjun, kamu perlu menuruni sejumlah anak tangga yang dibuat dari kayu ulin. Tebing air terjun yang berasal dari Sungai Mahakam ini tidak terlalu tinggi, namun aliran airnya cukup deras. Jika kamu ingin bermain di bawah air terjun atau kolamnya, tetap berhati-hati dan utamakan keselamatan ya!

Penangkaran Rusa Desa Api-api

Kalimantan Timur bisa dibilang sebagai rumah dari sejumlah satwa eksotis khas nusantara. Sebut saja ikan pari manta, hiu tutul, orang utan, monyet ekor panjang, dan penyu hijau. Ada yang kurang? Ya, rusa!

Kalimantan Timur memiliki sebuah penangkaran rusa yaitu Penangkaran Rusa Desa Api-api, tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara. Penangkaran ini dibuat karena maraknya perburuan rusa, khususnya jenis sambar yang kini sudah masuk dalam kategori hewan langka dan dilindungi. Para pengunjung diperkenankan untuk memberi makan dan berfoto bersama rusa yang dilepas bebas pada area tertentu.

Woody Park

Woody Park adalah sebuah taman alam untuk bermain dan bersenang-senang. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di sini adalah outbound dan bermain paint ball. Para pecinta selfie pun bisa puas ketika berada di sini karena ada banyak spot foto menarik. Misalnya saja latar belakang perbukitan, taman, pepohonan, dan kuda-kuda yang dilepas bebas dalam sebuah lapangan.

Waduk Manggar

Waduk Manggar pada awalnya dibuat untuk menyediakan air bersih bagi para penduduk Balikpapan. Namun keindahan alam yang ada di sekitarnya membuat waduk ini ramai dikunjungi wisatawan. Di sekelilingnya terdapat banyak pohon yang tumbuh subur.

Salah satu spot yang menarik di antaranya adalah jembatan kayu yang bentuknya melingkar. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pada saat matahari terbenam. Kamu bisa duduk santai menikmati pemandangan yang begitu mempesona.

Mahakam Lampion Garden

Sumber: Lima Kaki

Jika Malang memiliki Batu Lampion Garden, maka Samarinda memiliki Mahakam Lampion Garden. Lokasinya berada di dekat Sungai Mahakam. Tempat wisata yang dibuka pada malam hari ini memiliki aneka lampion berukuran besar dengan bentuk menyerupai bunga, binatang, dan landmark sejumlah negara. Cahayanya yang berpendar sangat terang di bawah langit malam terlihat sangat cantik. Di area ini juga ada penjual makanan sehingga kamu bisa mampir untuk beristirahat setelah puas berfoto bersama lampion.

Cafe Singapore

Menikmati suasana ala Singapura ternyata bisa dilakukan juga di Kalimantan, tepatnya di Café Singapore. Kafe ini memiliki sebuah replika patung Merlion yang menjadi kebanggaan warga Singapura. Kamu bisa berfoto di sana atau sekedar duduk santai sambil menikmati makanan dan pemandangan yang indah.

Caribbean Water Park

Karibia cukup identik dengan bajak laut. Itulah yang dihadirkan di Caribbean Water Park. Dengan tema bajak laut, taman bermain air milik Kalimantan Timur ini menyediakan aneka wahana permainan air yang akan membuatmu bersenang-senang.

Beberapa wahana yang digemari oleh para pengunjung adalah Monyet Slide, Gajah Slide, dan Pirate Great Head. Fasilitas di sini cukup lengkap dan wahana permainannya cocok untuk semua anggota keluarga. Untuk harga tiket masuknya berkisar antara 25 ribu hingga 60 ribu rupiah.

Dari ketiga artikel tadi, kamu bisa lihat kan betapa banyak tempat wisata yang menarik dan mempesona di Kalimantan Timur? Itu pun belum semuanya disebutkan, loh. Jika ada waktu untuk liburan, pastikan untuk mengunjungi beberapa dari tempat wisata di atas ya. Jangan lupa untuk berfoto dan membuatnya populer di kalangan wisatawan!

Baca Juga: 10 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Asuransi Untuk Traveling

474

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here