Sumber: Dewa Alam

Cirebon, Kuningan, Indramayu, dan Majalengka adalah kota-kota di Pulau Jawa yang jarang dilirik oleh wisatawan. Hal ini dikarenakan kurangnya promosi tempat wisata dari pemerintah setempat. Bagi kamu yang penasaran dengan tempat wisata di kota-kota tersebut dan ingin membantu menyebarkan keindahannya lewat media sosial, yuk simak daftar tempat wisata berikut ini!

Goa Lalay

Goa Lalay di Majalengka adalah salah satu gua di Indonesia yang memiliki air terjun. Air terjun di goa ini tidak terlalu tinggi, namun mampu melengkapi pemandangan goa yang eksotis. Perjalanan menuju Goa Lalay ini cukup curam dan terjal sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki jiwa petualang.

Puncak Gunung Ciremai

Para pendaki gunung, jangan lupa untuk memasukkan Puncak Gunung Ciremai dalam daftar tempat wisata yang perlu dikunjungi. Gunung berapi yang ada di wilayah Kuningan dan Majalengka ini memiliki ketinggian hinga 3.078 meter di atas permukaan laut. Untuk tiba di puncak gunung, kamu perlu melewati delapan pos. Di pos-pos ini, kamu bisa beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Setibanya di puncak gunung, kamu bisa melihat keindahan kawah yang berisi air berwarna biru muda.

Batu Lawang

Sesuai dengan namanya, Batu Lawang ini adalah sebuah tebing yang bentuknya menyerupai pintu atau gerbang. Tebing-tebing batu ini ada banyak dan tingginya beragam. Ada yang tingginya 30 meter, ada juga yang mencapai 100 meter. Tebing ini berwarna hijau karena dipenuhi oleh lumut. Tempat ini cocok untuk kamu yang memilikihobi panjat tebing.

Gua Sunyaragi

Sumber: Kompasiana

Gua Sunyaragi sudah ada sejak tahun 1703 dan dibangun untuk lokasi bertapa serta peristirahatan keluarga Sultan Cirebon. Meski namanya gua, pada kenyataannya tempat ini lebih mirip dengan kompleks candi.

Karena dibangun untuk bertapa, kamu mungkin akan merasakan suasana mistis. Namun tidak akan mengerikan kok karena tempat ini begitu indah. Di komplek gua ini kamu akan menemukan 18 bangunan kuno dengan arsitektur perpaduan Indonesia dan Tiongkok. Meski sudah ada beberapa yang hancur, sisa-sisa keindahan dan kemegahannya masih terasa.

Curug Ibun Pelangi

Curug Ibun Pelangi lokasinya tidak jauh dari Goa Lalay. Nama Curug Ibun Pelangi ini didapatkan karena kamu bisa melihat pelangi yang melintas di air terjun saat sinar matahari begitu kuat. Sangat cantik dan mengagumkan. Kamu tidak perlu menunggu hujan terlebih dahulu untuk bisa menyaksikan pelangi. Di sini juga kamu bisa melihat eksotisme pemandangan bebatuan cadas yang mengapit Sungai Cilongkrang.

Cirebon Waterland

Taman bermain yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang akan berlibur bersama keluarga dan anak-anak. Berdiri di atas lahan seluas 3 hektar, tempat ini memiliki area playground dan kolam renang dengan beberapa permainan seru seperti seluncuran dan lazy river. Puas bermain air seharian, kamu bisa beristirahat dan mengembalikan energi dengan menyantap makanan yang ada di restoran. Fasilitasnya cukup lengkap sehingga para pengunjung akan merasa lebih nyaman.

Bukit Panembongan

Bicara tentang tempat wisata di gunung, rasanya tidak akan pernah membosankan ya. Misalnya saja Bukit Panembongan yang ada di Kuningan berikut ini. Dari gardu pandang, kamu bisa menyaksikan pemandangan serba hijau dan langit biru cerah dengan gumpalan awan yang tersebar. Tidak ketinggalan, kamu harus selfi selagi berada di gardu pandang ini.

Jika tidak ingin bersantai terus-terusan, cobalah sensasi bermain flying fox dari atas bukit. Selagi meluncur, kamu bisa menikmati pemandangan yang ada di bawah sana sambil merasakan sejuknya angina pengunungan.

Telaga Biru Cicerem

Sumber: Daka Tour

Danau yang satu ini sangat menawan, penampakannya bagaikan danau yang ada di negeri dongeng. Airnya berwarna biru jernih sehingga para pengunjung bisa melihat ikan warna-warni yang berenang di dalamnya. Di sekelilingnya ada banyak pepohonan yang tumbuh rindang. Sangat sejuk dan asri. Mau mendayung kapal kayu atau bersantai di atas pelampung, suka-suka kamu.

Telaga Nila

Dikelilingi pepohonan rindang dan memiliki air biru jernih, Telaga Nila yang ada di Majalengka ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Saking bersih dan jernihnya, bayangan pohon pun bisa terpantul di permukaan air. Telaga Nila yang sering disebut sebagai Danau Tosca ini bisa dinikmati dengan cara bersantai di pinggir danau atau pun menyelam hingga dasar danau. Agar bisa puas menikmati keindahan danau ini, datanglah pada saat musim hujan.

Terasering Panyaweuyan Argapura

Pernah melihat sawah terasering yang ada di Ubud, Bali? Bagi kamu yang berasal dari Jawa, untuk melihat pemandangan alam tersebut tidak perlu jauh-jauh ke Bali karena Majalengka juga punya pemandangan serupa.

Datanglah pada saat pagi hari supaya bisa menikmati pemandangan terbaiknya. Bagi para pecinta fotografi, hamparan sawah berundak ini adalah objek foto pemandangan yang sempurna. Pergilah ke tempat yang paling tinggi supaya bisa melihat mahakarya ini secara keseluruhan. Bila perlu, jangan tinggalkan kamera drone di rumah!

Baca Juga: Tujuh Hidangan Nasi Khas Sumatera Ini Bikin Kamu Semakin Cinta Nasi

Sudah siap untuk berkunjung ke sana dan menyebarkan informasi mengenai tempat-tempat wisata keren tadi?

1114

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here