Sumber: Tenda Inspirasi

Wisata di Jawa Tengah biasanya berpusat pada Solo dan Yogyakarta. Bukan tanpa alasan, kedua kota ini memiliki kekayaan alam yang luar biasa mempesona dan kekayaan budaya yang masih terjaga di tengah kehidupan modern ini.

Kekayaan alam dan budaya dari Solo ini ternyata juga bisa dirasakan di kota-kota di sekitarnya seperti Wonogiri, Boyolali, Karanganyar, Sukoharjo, dan Klaten. Jadi saat liburan ke Solo nanti, pastikan juga untuk melipir sebentar ke beberapa kota tersebut untuk menikmati sejumlah tempat wisata yang hits.

Penasaran dengan tempat wisata hits apa saja yang bisa kamu kunjungi selama di sana? Langsung saja simak daftarnya berikut ini!

Grojogan Selondo, Wonogiri

Sumber: Pesona Budaya

Grojogan Selondo adalah sebuah air terjun kecil yang berada di dekat Jembatan Selondo, Desa Bakalan, Wonogiri. Yang membuat air terjun Grojogan Selondo ini terlihat unik adalah lokasinya yang berada di sebuah ceruk di antara tebing batu.

Air terjunnya langsung jatuh menuju dua buah kolam. Suasananya begitu sejuk karena di sekeliling tebing ada banyak tanaman hijau. Jika dilihat sekilas, pemandangannya akan mengingatkan kita pada Grand Canyon dengan versi yang lebih kecil. Lokasi air terjun Grojogan Selondo tidak sulit dijangkau karena tidak jauh dari jalan raya. Hanya saja kamu perlu berhati-hati saat berkunjung karena belum ada petugas keamanan. Pastikan berkunjung ke sini bersama teman-teman, ya.

Gardu Pandang Bukit Batur Suroteleng, Boyolali

Gardu Pandang Bukit Batur Suroteleng yang ada di Boyolali akan mengajakmu menyaksikan kemegahan Gunung Merbabu dan Gunung Sindoro dalam satu landscape. Masih kurang keren? Kamu juga bisa menyaksikan pemandangan kota Boyolali dari ketinggian di sini. Ditambah lagi dengan hijaunya pepohonan di seluruh bagian, dijamin kamu akan terpesona dan tidak mau pulang dari tempat ini.

Gardu pandang ini berupa dua buah menara bambu yang terhubung dengan jembatan tali. Bagi kamu yang takut ketinggian, cobalah beranikan diri karena pemandangan yang menanti akan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Bukit Gancik, Boyolali

Bukit Gancik yang berada di Boyolali, tepatnya di kaki Gunung Merbabu ini, memiliki ketinggian sekita 2.000 meter di atas permukaan laut. Dari sini, kamu bisa mendapatkan pemandangan Gunung Merapi yang berdiri gagah di kejauhan. Kegagahan Gunung Merapi ini dikombinasikan dengan pemandangan perkebunan yang begitu asri. Bisakah kamu membayangkan betapa damainya berada di sini?

Batu Seribu, Sukoharjo

Beralih ke kawasan taman nasional Batu Seribu di Sukoharjo, kamu bisa menemukan Bukit Sepikul. Bukit Sepikul ini sendiri adalah sebutan untuk Gunung Sepikul dan Gunung Kembar yang berdiri berjajar bagaikan dua buah benda yang siap dipikul. Objek wisata yang satu ini cukup unik dan wajib diabadikan dalam foto.

Ada beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati kawasan Batu Seribu, misalnya saja menaiki gardu pandang, berkemah di camping ground, hingga bermain di kolam renang. Untuk kamu yang memiliki energi cukup, cobalah naik hingga ke puncak bukit atau Watu Tumpuk. Dari sana kamu bisa menyaksikan keindahan alam Sukoharjo dan momen matahari terbenam.

Bukit Cumbri, Wonogiri

Negeri di atas awan tidak hanya bisa ditemukan dalam dongeng atau lagu saja. Sekarang kamu bisa mengunjungi negeri di atas awan dengan bertandang ke Bukit Cumbri di Wonogiri. Bukit yang satu ini memiliki ketinggian 638 meter di atas permukaan laut.

Untuk tiba di puncak Bukit Cumbri, kamu perlu melakukan trekking selama satu jam dengan jalur yang cukup menanjak. Sulit memang, tapi akan sebanding dengan pemandangan yang kamu dapatkan nantinya. Usahakan datang pada saat matahari terbit ya, karena momen ini sangat sangat mempesona.

Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso

Sumber: Risalah Pejalan

Bagi kamu yang sudah jenuh dengan kesibukkan di tengah kota, beralihlah sejenak ke Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso untuk melepaskan stres dan menjauh dari polusi udara. Suasananya sangat sejuk dan asri. Sejauh mata memandang, kamu akan menemukan deretan pohon pinus.

Yang namanya hutan tidak lengkap tanpa kehadiran satwa penghuni. Di Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso ini kamu bisa bermain bersama rusa, burung merak, hingga kuda.

Edupark Intanpari, Karanganyar

Edupark Intanpari atau biasa dikenal dengan nama Taman Wisata Edukasi Dirgantara ini memiliki objek wisata utama berupa pesawat Boeing 737-300 dan helikopter Bolco. Melalui objek wisata berupa moda transportasi udara ini, para pengunjung bisa merasakan sensasi duduk di belakang kemudi pesawat atau helikopter serta mempelajari bagian-bagian pesawat.

Puas bermain, kamu bisa menyejukkan diri di kolam renang. Lumayan ya, sambil bermain sambil menambah pengetahuan tentang transportasi udara juga. Oh iya, jangan lupa untuk bergaya di depan pesawat juga ya!

Baca Juga: Berburu Kuliner di Solo, Ini Daftarnya

Cuma ini saja daftarnya? Tidak, masih ada lagi yang lainnya. Nantikan lanjutannya di part 2!

812

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here