Sumber: rd.com

Traveling keliling dunia adalah mimpi dari banyak orang yang mungkin hanya sebagian dari kita saja yang mampu untuk mewujudkannya. Memang selain waktu yang harus cukup banyak, keliling dunia tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Meskipun begitu banyak orang yang nekat dan mengumpulkan segala keberanian diri mereka untuk bisa melakukan perjalanan ke seluruh penjuru dunia ini. Memang traveling ke seluruh dunia adalah hal yang terasa sangat menyenangkan untuk dilakukan. Mengunjungi tempat-tempat yang sama sekali baru, bertemu dengan penduduk lokal dengan segala keunikan mereka, mengunjungi negara-negara baru dengan segala keragamanya membuat banyak orang memimpikkan untuk bisa keliling dunia.

Jika Anda adalah salah satu orang beruntung yang bisa berkeliling dunia, maka kesempatan ini tidak boleh untuk disia-siakan. Selain bisa mengunjungi tempat-tempat yang indah, Anda juga punya kesempatan untuk mempelajari budaya dari setiap negara yang dikunjungi. Setiap negara memang punya keunikan dan adat istiadat yang menjadi magnet tersendiri untuk wisatawan yang datang berkunjung. Salah satu budaya yang unik dan tak biasa, yang bisa Anda temukan di setiap belahan negara ini adalah etika makan mereka. Meskipun hanya berupa aktivitas mengisi perut, budaya makan di tiap negara itu sangat unik dan berbeda satu dengan lainnya. Tata cara makan yang dianggap wajar di suatu negara, bisa menjadi hal yang tidak sopan dan melanggar norma jika dilakukan di negara lainnya.

Karena itulah jika Anda traveling ke suatu negara tertentu, ada baiknya untuk mepelajari budaya dan etika yang terdapat di sana. Salah satu yang bisa Anda pelajari adalah etika makan dari setiap negara yang Anda kunjungi. Apalagi jika Anda diundang dalam jamuan yang diselenggarakan oleh penduduk lokal setempat. Jangan sampai acara makan yang seharusnya menyenangkan, jadi sesuatu yang memalukan lantaran Anda tak tahu etika makan yang sopan dari tiap negara tersebut.

Traveling ke Thailand

Thailand adalah salah satu negara di Asia yang terkenal dengan kuliner lezat dan khas yang kini telah menyebar hingga ke berbagai penjuru dunia. Icip-icip kuliner baik di restoran atau street food adalah hal yang wajib untuk dilakukan jika Anda traveling ke negeri Gajah Putih ini. Saat menikmati makanan di Thailand, ada satu etika yang wajib untuk Anda pahami. Di Thailand, menyuapkan nasi ke dalam mulut dengan menggunakan garpu adalah hal yang kurang sopan.

Garpu hanya digunakan untuk mendorong makanan bersama nasi ke dalam sendok biasa, baru disuapkan ke dalam mulut Anda. Tak hanya itu jika Anda berkunjung ke Thailand utara dan sekitarnya, sebagian makanan disantap menggunakan tangan seperti layaknya orang Indonesia pada umumnya. Di Thailand sendiri, makanan tradisional sebenarnya hanya boleh disantap menggunakan sumpit saja, meskipun itu jenis nasi yang menurut sebagian orang sangat sulit dan juga merepotkan.

Traveling ke Jepang

Sumber: thetruejapan.com

Jika Anda ada rencana traveling ke Jepang dalam waktu dekat ini, etika makan yang harus diperhatikan adalah larangan untuk menusukkan sumpit ke atas mangkuk nasi Anda. Disela-sela makan, Anda wajib meletakkan sumpit sejajar dengan meja dan tak boleh diletakkan di mangkuk atau bahkan ditusukkan diatas nasi Anda. Menusukkan sumpit ke atas nasi adalah hal yang sangat tabu untuk dilakukan ketika Anda sedang makan di Jepang.

Pasalnya di sana, nasi yang ditusuk dengan sumpit hanya dihidangkan untuk makanan orang meninggal saja dan diletakkan di dekat peti mati jenazah. Jadi jika Anda memang tak bisa menggunakan sumpit untuk menyantap makanan saat traveling di Jepang, lebih baik minta sendok garpu saja sebagai alat makannya.

Traveling ke India, sebagian Afrika, dan negara-negara timur tengah

India, sebagian Afrika dan negara-negara di Timur Tengah, punya satu etika makan yang nyaris sama. Etika tersebut adalah Anda dilarang untuk menyantap makanan dengan menggunakan tangan kiri. Menyentuh, mengambil, atau bahkan menyantap makanan dengan tangan kiri adalah hal yang sangat menjijikkan dan tidak sopan di negara-negara tersebut. Pasalnya tangan kiri identik dengan kegiatan membersihkan diri di toilet. Bagimana jika Anda kidal? Anda masih diperbolehkan makan menggunakan tangan kiri, namun sebisa mungkin libatkan tangan kanan Anda dalam aktivitas makan ini ya.

Traveling ke Meksiko

Negara di kawasan Amerika Latin ini, memang jadi salah satu destinasi traveling yang banyak dikunjungi orang dari berbagai penjuru dunia. Meskipun dikenal dengan mafianya yang cukup kejam, namun Meksiko punya banyak hal unik yang membuat traveler tak takut untuk datang ke negara ini. Meksiko juga punya hidangan khas bernama taco, yang kini telah tersebar luas di berbagai penjuru dunia. Taco adalah sejenis roti jagung tipis yang bisa disi oleh sayuran, saus dan daging cincang, setelah dipanggang atau digoreng terlebih dahulu. Etika makan di Meksiko pun erat kaitannya dengan tata cara menyantap taco ini. Di Meksiko, Anda sangat dilarang untuk makan taco dengan menggunakan garpu dan pisau. Taco hanya boleh disantap dengan menggunakan tangan dan hal itu disebut sebagai salah satu manner paling sopan ketika Anda sedang menyantap hidangan tersebut di Meksiko.

Traveling ke Italia

Salah satu negara yang jadi destinasi traveling ke Eropa dalah Italia ini. Italia memang memiliki banyak hal yang membuat negara beribukota Roma ini jadi destinasi favorit saat traveling. Selain memiliki bentang alam yang indah, peninggalan budaya kuno sisa-sisa peradaban manusia tertua di dunia, Italia juga negara yang terkenal dengan kuliner khas yang mendunia. Pizza, spaghetti, cappuccino, frapucino dan banyak lagi hidangan khas Italia yang kini telah tersebar hingga penjuru dunia.

Karena itulah datang ke Italia, Anda wajib untuk menikmati hidangan khas tersebut di negara asalnya ini. Namun ketika wisata kuliner di Italia, satu aturan yang harus Anda penuhi adalah tidak minum cappuccino setelah matahari tinggi. Saat di Indonesia, kopi khas Italia ini mungkin bisa diminum kapan saja. Namun ketika di negara asalnya, cappuccino hanya boleh disantap saat pagi hari untuk teman sarapan. Orang Italia akan menertawakan atau memandangan sinis Anda, ketika memesan Cappuccino di siang atau malam hari. Sebagai alternatif, Anda bisa memesan espresso sebagai minuman yang bisa disantap saat siang, sore, atau malam hari.

Traveling ke Perancis

Salah satu negara di Eropa yang wajib untuk didatangi adalah Perancis. Negara yang indah ini dikenal dikalangan traveler dan wisatawan sebagai tempat yang romanis dan destinasi terbaik untuk berbulan madu atau liburan bersama dengan keluarga. Perancis juga dikenal dengan orang-orangnya yang menjaga manner serta memiliki etika yang sangat baik. Jika traveling ke Perancis, etika makan yang harus Anda panuhi adalah dilarang untuk menyantap roti sebagai makanan pembuka.

Saat di Indonesia, mungkin Anda bisa menyantap roti terlebih dahulu sebelum menikmati hidangan utama. Namun ketika di Perancis, hal itu sangat tidak sopan untuk dilakukan. Roti hanya disantap dengan hidangan utama seperti sup dan disantap dengan keju diakhir acara makan. Selain itu alih-alih diletakkan diatas piring, meletakkan roti diatas meja saja adalah hal yang sangat diterima di negara beribukota Paris ini.

Traveling ke China dan Hong Kong

China dan Hong Kong jadi dua negara di Asia yang kerap dituju oleh traveler dari berbagai penjuru dunia, tak terkecuali dari Indonesia. Bahkan bukan hal yang sulit untuk menemukan orang-orang dari negara kita yang menetap dan tinggal di dua negara tersebut. Saat traveling ke kedua negara tersebut, etika makan yang harus Anda penuhi adalah dilarang untuk membalikkan ikan yang telah disantap. Ikan adalah hidangan yang kerap disajikan saat di China dan juga Hong Kong.

Namun saat menikmati hidangan ikan di negara tersebut, Anda dilarang membalikkan ikan yang disantap meskipun pada bagian sisinya telah habis dinikmati. Penduduk setempat percaya nembalik ikan, akan memberikan nasib buruk atau “dao yue” dan sama artinya mendoakan perahu nelayan agar terbalik. Selain itu, Anda juga diwajibkan menyisakan bagian ekor saat menyantap hidangan berupa ikan utuh saat di China dan Hong Kong ini.

Traveling ke Chile

Chile juga punya etika makan yang wajib untuk Anda ikuti jika sedang berkunjung ke negara beribukota Santiago ini. Di Chile makanan apapun itu, bahkan hanya berupa kentang goreng sangat dilarang untuk dimakan menggunakan tangan saja. Mungkin selama ini Anda bisa menyantap kentang goreng yang dicocol dengan saus menggunakan tangan, namun di Chile hal tersebut dianggap sebagai perilaku yang sangat tidak sopan.

Traveling ke Korea Selatan

Seiring dengan meluasnya budaya Hallyu yang dibawa boy dan girlband serta drama-dramanya, Korea Selatan jadi salah satu destinasi traveling yang difavoritkan oleh banyak orang selama beberapa tahun terkahir ini. Orang datang ke Korea Selatan tak hanya berharap bisa bertemu dengan idola mereka atau mengunjungi tempat-tempat menarik di sana, tapi juga ingin mencicipi kuliner khas di negara tersebut.

Orang Korea Selatan dikenal memiliki adab makan yang ketat, di mana orang tua adalah sosok yang sangat dihormati di sana. Jika diundang jamuan makan, Anda tak boleh menyentuh makanan sebelum orang yang dituakan makan lebih dahulu. Selain itu jika orang tua menuangkan minuman ke dalam cawan Anda, maka Anda wajib menerimanya dengan kedua tangan sambil menbungkukkan badan. Setelah itu, Anda bisa menghadap ke belakang dan meneguk sedikit minuman yang telah dituangkan itu.

Traveling ke Russia

Sumber: allthatsinteresting.com

Russia juga jadi salah satu negara yang kerap dituju oleh para traveler yang melakukan perjalanan ke Benua Eropa. Negara dengan ibu kota Moskow ini memang memiliki iklim yang cukup dingin, sehingga minuman beralkohol sangat wajar disantap di Russia ini. Jika Anda berkunjung ke tempat ini, maka orang akan menawarkan vodka sebagai tanda persahabatan dan Anda dilarang untuk menolaknya.

Terkecuali Anda seorang Muslim dan menjelaskan itu pada penduduk Russia, menolak Vodka sama artinya dengan penghinaan dan menolak tawaran persahabatan dari warga setempat. Selain itu, Anda juga sangat dilarang untuk mencampurkan vodka dengan minuman beralkohol lainnya. Jadi vodka hanya diminum begitu saja, tanpa dicampur dengan jenis minuman lain jika Anda sedang menikmati jamuan di Russia ini.

250

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here