Sumber: wikipedia.com

Selain Surabaya, Malang adalah salah satu destinasi traveling yang sangat menjanjikan untuk dituju jika Anda datang ke provinsi Jawa Timur ini. Hanya berjarak 90 km saja dari pusat kota Surabaya, Malang memang jadi bagian wajib destinasi traveling yang harus dituju saat datang ke Jawa Timur. Bagi Anda yang ingin menepi dari hiruk pikuk kota Surabaya yang panas dan ramai dengan segala aktivitas perkotaanya, Malang adalah tempat yang sangat layak sekali untuk dituju. Apalagi selain memiliki udara yang sangat sejuk dibandingkan beberapa kota lain di Jawa Timur, Malang punya bentang alam super indah yang sayang untuk tidak dijelajahi. Tak heran jika kota yang dikenal dengan buah apelnya ini selalu jadi pilihan destinasi traveling bagi mereka yang sedang liburan ke provinsi paling timur pulau Jawa ini.

Dengan luas wilayah mencapai 252,10 km persegi, Malang dianugerahi udara yang sejuk karena lokasinya yang berada di dataran tinggi. Selain itu, Malang adalah tempat di mana Anda bisa menikmati keindahan pohon dan bunga yang banyak ditanam di sana. Karena udaranya yang relatif sejuk, tumbuhan sangat mudah untuk tumbuh subur di kota yang dipimpin oleh Ir. H. Mochamad Anton sebagai walikotanya ini.

Karena keindahan dan bentang alamnya yang sangat cantik itu, wajar saja jika Malang mendapat julukan Paris van Oost-Java atau “Paris” di Jawa Timur. Belum cukup sampai disitu, Malang juga disebut punya bentuk alam yang mirip dengan negara Swiss. Tak heran selain Paris van Oost-Java, Malang juga mendapat julukan lain yakni Zwitserland van Java atau “negara Swiss” di pulau Jawa. Dua julukkan tersebut sebenarnya sudah cukup untuk menggambarkan keindahan kota Malang ini. Karena itulah kota ini wajib jadi destinasi liburan jika Anda bersama dengan teman atau keluarga traveling ke tempat ini.

Wisata alam memang jadi salah satu andalan kota Malang ini. Seperti disebutkan di atas, Malang berada di dataran tinggi dengan dikelilingi pegunungan yang memberikan kota ini keindahan alam yang tak ada habisnya. Meskipun begitu Malang juga punya destinasi wisata alam lain yang tak boleh untuk dilewatkan jika Anda berkunjung ke kota ini. Wisata alam ini cocok untuk Anda yang ingin mengagumi Malang dari sisi berbeda yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.

Mengagumi indahnya air terjun Coban Rondo

Wisata alam pertama yang wajib untuk dikunjungi jika Anda traveling ke Malang untuk berlibur adalah air terjun Coban Rondo ini. Berlokasi di Jl. Coban Rondo, Pandesari, Pujon, Malang, air terjun ini cukup terkenal tak hanya dikalangan penduduk lokal tapi juga wisatawan dalam maupun luar negeri. Nama Coban Rondo sendiri berarti air terjun janda di mana legenda mengenai kisah cinta Dewi Anjarwati dan sanga suami, Raden Baron Kusuma. Karena kecantikanya Dewi Anjarwati membuat  Joko Lelono  jatuh cinta padanya dan ingin merebut sang dewi dari suami tercintanya.

Kontan saja Raden Baron Kusuma berusaha untuk mempertahankan sang istri dengan cara menyembunyikanya di sekitar kawasan air terjun ini. Sayang dalam duel perebutan Dewi Anjarwati, Raden Baron Kusuma akhirnya tewas dan sang dewi pun kemudian menajdi rondo atau janda. Terlepas dari legenda yang menarik itu, Coban Rondo memang memiliki pemandangan yang spektakuler. Dengan tinggi mencapai 84 meter air terjun Coban Rondo memiliki debit air cukup besar yakni mencapai 150 liter per detik pada musim hujan dan turun hingga 90 liter per detik di musim panas atau kemarau. Dengan pemandangan alamnya yang masih asri, Coban Rondo menjadi destinasi favorit wisatawan yang datang ke kota Malang ini.

Keindahan air terjun Sumber Pitu yang tak boleh terlewatkan

Sumber: wisatajatim.info

Coban Rondo bukan satu-satunya air terjun cantik yang ada di kota Malang ini. Satu lagi yang tak boleh terlewat adalah air terjun Sumber Pitu yang ada di Duwet Krajan, Tumpang, Malang ini. Ya, dari namanya mungkin Anda sudah menduga bahwa air tejun ini memang memiliki 7 sumber air terjun kecil yang menciptakan keunikan serta keindahan tersendiri. Tujuh sumber mata air yang berdekatan turun bersamaan di sekitar terbing yang menciptakan bentuk 7 air terjun yang indah dan mempesona.

Air tejun Sumber Pitu ini terlihat asri dan hijau dengan semak, pohon, dan tumbuhan lain yang masih dibiarkan tumbuh secara alami di sekitar air terjun ini. Meski terbuka untuk umum, tempat ini masih dianggap sakral oleh penduduk sekitar. Karena itulah wisatawan wajib menjaga sikap dan sopan santun saat sedang berada di air terjun Sumber Pitu ini.

Pantai Sipelot yang belum banyak dikenal orang

Siapa bilang Malang tak punya pantai yang indah dan layak untuk dikunjungi? Salah satunya yang bisa jadi rekomendasi untuk Anda datangi adalah pantai Sipelot yang lokasinya berada di Pujiharjo, Tirtoyudo, Malang ini. Pantai Sipelot ini dikenal sebagai salah satu pantai yang masih perawan sehingga belum banyak orang yang mengenal tempat ini. Padahal pantai Sipelot ini punya keindahan alam yang sangat menakjubkan. Pantai yang dikelilingi bukit hijau dengan batu karang disekitarnya ini, memang tak bisa direnangi karena ombaknya yang relatif cukup tinggi. Meskipun begitu, Anda masih bisa berjalan-jalan di pinggi pantai sembari berfoto di Pantai Sipelot yang cantik ini.

Pantai Balekambang, “Tanah Lot”nya Malang

Untuk menikmati sensasi pantai seperti Tanah Lot, Anda tak perlu jauh-jauh datang ke Bali. Di Malang ada satu pantai yang sangat mirip sekali dengan Tanah Lot yang ada di Bali. Namanya adalah pantai Balekambang yang terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang Timur. Di Pantai Balekambang Anda akan melihat sebuah pura kecil yang terletak tepat di pulau batu karang yang agak jauh dari bibir pantai. Pura inilah yang mengingatkan kita akan keindahan Tanah Lot yang ada di Bali itu. Selain itu, Balekambang punya garis pantai yang cukup panjang yakni sekitar 2 km yang sayang jika tak dijelajahi. Jangan lewatkan untuk mengabadikan foto dengan pura di Pantai Balekambang ini sebagai latar belakangnya.

Bermain air di Wisata Air Krabyakan

Malang memang destinasi tepat untuk Anda yang melakukan traveling untuk liburan ke kota ini. Jika pantai sudah terlalu biasa untuk Anda, maka coba saja datang ke Wisata Air Krabyakan yang ada di Desa Sumber Ngepoh, Lawang, Malang. Buka setiap pukul 7 pagi hingga 5 sore, Wisata Air Krabyakan ini masuk dalam daftar wisata air terhits yang ada di Malang yang wajib untuk Anda datangi. Begitu sampai di tempat ini, Anda akan disambut dengan kolam air tawar dengan air yang sangat bening dan juga bersih. Kolamnya yang terlihat asri dengan batuan disekitar, membuat Wisata Air Krabyakan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bermain air sambil relaksasi. Apalagi Wisata Air Krabyakan ini juga dikelilingi oleh areal persawahan dan hutan yang menambah asri suasananya. Untuk menikmati sensasi bermain air di Wisata Air Krabyakan ini, Anda hanya perlu membayar seribu rupiah saja sebagai tiket masuknya.

Berkunjung ke Pantai Ngliyep yang eksotis

Ada satu lagi pantai di Malang yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi baik bersama teman atau keluarga. Adalah Pantai Ngliyep yang berlokasi di Desa Kedungsalam, Donomulyo, Malang atau sekitar 62 km dari kota Malang bagian Selatan. Sama seperti Pantai Sipelot, Pantai Ngliyep ini juga belum begitu terjamah sehingga suasanya masih sangat asri, bersih dan juga belum begitu ramai. Padahal Pantai Ngliyep ini punya eksotisme dan keindahan yang konon sangat mirip sekali dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Lombok.

Pantai dengan pasir putih yang lembut, adalah tempat yang asyik untuk berjalan-jalan sambil merasakan ombak yang menyapu kaki Anda. Di Pantai Ngliyep ini Anda juga bisa mendatangi pulau kecil yang disebut dengan nama Gunung Kombang, yang terletak tak jauh dari bibir Pantai Ngliyep ini. Untuk menikmati eksotisme Pantai Ngliyep ini, Anda perlu membayar Rp 1000 untuk sepeda motor dan Rp 2000 untuk kendaraan roda empat.

Berkunjung ke Pulau Sempu, surga tersembunyi di Malang

Sumber: phinemo.com

Traveling ke Malang untuk liburan ada baiknya bagi Anda untuk meluangkan waktu menjelajah Pulau Sempu yang lumayan terkenal di antara para wisatawan ini. Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang secara administratif berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Pulau Sempu ini masyhur di kalangan wisatawan dan juga traveler karena keindahan alam yang dimilikinya. Dari bukit pulau Sempu, Anda bisa melihat keindahan laut dan pantau-pantai sekitar yang sangat asri sekali.

Namun satu yang perlu Anda perhatikan saat datang ke Pulau Sempu adalah menjaga keasrian tempat yang cantik ini. Pasalnya Pulau Sempu adalah cagar alam yang sudah diakui sejak tahun 1928 yang silam. Mengingat tempatnya yang juga dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia, maka tindakan merusak dan menganggu keindahan pulau Sempu ini bisa berakibat hukuman bagi pelakunya.

Nikmati relaksasi di Cangar Hot Spring

Capek berkeliling kota Malang dan ingin merelaksasi tubuh yang lelah, maka Cangar Hot Spring atau Pemandian Air Hangat Cangar ini sangat direkomendasikan untuk dituju. Cangar Hot Spring ini terletak di Tulungrejo, Bumiaji, Sumber Brantas, Batu, Kota Batu, sangat terkenal diantara wisatawan dan traveler yang datang ke tempat ini. Pemandian Air Hangat Cangar ini memiliki kolam air panas yang masih asri dan juga alami. Kolam batu yang dikelilingi oleh alam yang indah dan asri, membuat susana relaks makin terasa di Pemandian Air Hangat Cangar ini. Untuk menikmati sensasi Pemandian Air Hangat Cangar ini, Anda cukup membayar Rp 5.500 sebagai tiket masuknya.

Agrowisata ke Wonosari Tea Plantation

Karena udaranya yang sangat sejuk, tanaman teh tumbuh subur di kota Malang ini. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam sembari menjajal sensasi menajdi pemetik teh, bisa datang ke Wonosari Tea Plantation atau Kebun Teh Wonosari yang berlokasi di Toyomarto, Singosari, Malangini. Dengan konsep agrowisata, Anda bisa belajar memetik teh di kebun yang sejuk dengan dikelilingi pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

961

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here