Sumber: Twitter

Bicara tentang wisata alam di Yogyakarta, nama yang akan muncul adalah kawasan Hutan Pinus Mangunan. Kawasan Hutan Pinus Mangunan ini memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sangat sejuk. Cocok untuk kamu yang penat dengan keramaian kota dan polusi udara. Lokasi Hutan Pinus Mangunan ini juga mudah dijangkau, hanya sekitar 1 jam dari pusat kota Yogyakarta.

Objek utama di Hutan Pinus Mangunan ini tentu saja dereta pohon pinus yang menjulang tinggi. Meski demikian, jangan takut akan mudah bosan di sana karena selain menikmati pohon pinus, kamu bisa mengunjungi 7 tempat wisata yang ada di Hutan Pinus Mangunan berikut ini!

Puncak Becici

Di sekitar Hutan Pinus Mangunan, ada kumpulan bukit dengan pemandangan indah dan asri. Oleh masyarakat setempat, bukit tersebut dikembangkan menjadi tempat wisata sekaligus bersantai para wisatawan. Salah satu bukit tersebut adalah Puncak Becici di dusun Gunung Cilik. Puncak Becici ini dikenal sebagai lokasi yang pas untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Saat berjalan menyusuri hutan pinus untuk menuju Puncak Becici, kamu akan menemukan sejumlah bangku sederhana yang dibuat dari batang pohon pinus yang sudah roboh. Di sini kamu bisa beristirahat sejenak sambil duduk di atas bangku tersebut. Sesampainya di Puncak Becici, ada sebuah gardu pandang di atas pohon. Jika kamu tidak takut ketinggian, cobalah naik dan nikmati pemandangan Puncak Becici dari atas.

Kebun Buah Mangunan

Tempat wisata di sekitar Hutan Pinus Mangunan yang cukup populer adalah Kebun Buah Mangunan. Kebun buah yang berada di desa Mangunan, kecamatan Dlingo ini tidak memiliki banyak jenis pohon buah seperti yang dibayangkan. Di sini para pengunjung hanya bisa menemukan pohon rambutan dan belimbing. Kebuh Buah Mangunan juga memiliki sebuah gardu pandang yang menyajikan pemandangan cantik Geopark Gunung Sewu yang dibelah oleh aliran sungai Oya berwarna toska.

Bukit Panguk

Sumber: Explore Wisata

Selain dari Kebun Buah Mangunan, kamu juga bisa melihat keindahan pemandangan Geopark Gunung Sewu dari Bukit Panguk. Lokasi Bukit Panguk ini tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Tempat ini belakangan menjadi tren karena disebut-sebut sebagai tempat yang Instagramable alias cantik untuk dijadikan objek foto. Gardu pandang di Bukit Panguk ini ada banyak, jadi para pengunjung tidak perlu berebut atau mengantri terlalu lama untuk menikmati pemandangan cantik. Gardu pandang ini posisinya menjorok ke mulut tebing, sehingga bisa memberikan latar belakang foto yang sangat indah.

Hutan Pinus Pengger

Selain Hutan Pinus Mangunan, ada juga Hutan Pinus Pengger. Hanya saja namanya kurang begitu dikenal wisatawan dibandingkan dengan Hutan Pinus Mangunan. Lokasi Hutan Pinus Pengger berjarak hanya 4 km dari Hutan Pinus Mangunan. Di sini kamu bisa menikmati berbagai fasilitas seperti mushola, warung, toilet, gazebo, ayunan, dan beberapa tempat duduk. Jika ingin mengadakan kegiatan khusus untuk rombongan keluarga atau karyawan, ada sebuah pendopo yang bisa disewa.

Bukit Mojo

Bukit Mojo berada dekat dengan Bukit Panguk, hanya berjarak sekitar 2 km saja. Dari sini, kamu bisa menikmati indah dan megahnya pemandangan Geopark Gunung Sewu. Bukit yang berada di dusun Gumelem, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabpuaten Bantul ini juga memiliki rute yang sama dengan Bukit Panguk. Di perjalanan nanti kamu akan menemukan pertigaan dengan papan petunjuk yang mengarahkan ke Bukit Mojo. Meski baru dibuka pada tahun 2016, keindahan Bukit Mojo tidak kalah dibandingkan dengan sejumlah tempat wisata lainnya di sekitar Hutan Pinus Mangunan.

Baca Juga: Traveling ke Malang, Jangan Lupa Kunjungi 9 Wisata Alam Memukau Ini

Tebing Watu Mabur

Sumber: Tanah Air Kita

Tebing Watu Mabur adalah salah satu tempat wisata di sekitar Hutan Pinus Mangunan yang dikeloal dan dikembangkan oleh masyarakat setempat. Nama Watu Mabur sendiri berarti batu terbang dalam Bahasa Indonesia. Entah apa yang mendasari tempat ini dinamakan demikian, tapi pastinya pemandangan alam di sini sungguh indah dan eksotis. Di Tebing Watu Mabur ini para wisatawan juga bisa melihat pemandangan Geopark Gunung Sewu. Di sini juga ada beberapa tempat yang bagus untuk berfoto yang sengaja dibangun oleh masyarakat setempat.

Bukit Watu Lawang

Watu Lawang memiliki arti batu pintu dalam Bahasa Indonesia. Meski diberi nama demikian, bukan berarti kamu bisa menemukan pintu di tempat wisata yang satu ini. Objek utama yang bisa kamu nikmati di sini adalah bongkahan batu kapur yang menjadi pijakan para pengunjung untuk melihat pemandangan indah di tempat ini. Menurut kabar yang beredar, Bukit Watu Lawang ini terbentuk akibat proses pembentukan aliran Sungai Oya yang membelah bukit lain dan beberapa daerah di sekitarnya. Dari tempat ini, para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Geopark Gunung Sewu lengkap dengan aliran Sungai Oya.

657

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here