Sumber: Wikipedia

Siapa sih yang tidak mengetahui gunung tertinggi di dunia? Semua orang pasti bisa menjawabnya, yaitu Gunung Everest yang memiliki ketinggian sekitar 8.848 meter di atas permukaan laut. Bagaimana dengan gunung tertinggi di Eropa? Yang satu ini belum tentu semua orang bisa menjawabnya.

Selama ini sebenarnya gunung tertinggi di Eropa masih diperdebatkan oleh para pakar. Permasalahannya adalah ada sebuah gunung tertinggi di kawasan Rusia, yaitu Gunung Elbrus, yang paling tinggi di antara gunung-gunung yang ada di Eropa. Namun, Gunung Elbrus ini berada jauh di ujung timur wilayah Rusia yang tidak lagi dianggap sebagai wilayah benua Eropa melainkan sebagai wilayah benua Asia.

Baca Juga: Catat, Inilah Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Musim Dingin

Meski demikian, bagi para wisatawan yang sekaligus mencintai kegiatan mendaki gunung tidak akan terlalu mempermasalahkan hal ini karena yang terpenting adalah mereka bisa mendaki dan menaklukan gunung tersebut sekaligus menantang adrenalin mereka.

Lalu, sebenarnya gunung apa saja yang termasuk dalam 7 gunung tertinggi di Eropa? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Weisshorn (4.506 meter)

Weisshorn adalah puncak utama dari Pegunungan Alpen yang terletak di antara lembah Anniviers dan Zermatt. Ketinggiannya mencapai 4.506 meter atau 14.783 kaki di atas permukaan laut. Weisshorn pertama kali didaki oleh John Tyndall, seorang ahli fisika yang ditemani oleh J.J. Bennen dan Ulrich Wenger pada tahun 1861. Dalam Bahasa Jerman, nama Weisshorn berarti puncak gunung yang menyala putih karena puncak gunung ini berbentuk seperti piramida dan berwarna putih.

Lyskamm (4.527 meter)

Sumber: Summit Post

Gunung tertinggi di Eropa setelah Weisshorn adalah gunung Lyskamm yang tingginya mencapai 4.527 meter atau 14.852 kaki di atas permukaan laut. Gunung ini berada di perbatasan Switzerland dan Italia. Gunung yang satu ini cukup menantang di mata para pendaki karena untuk menuju puncaknya, kamu harus melewati jalur yang cukup berbahaya sepanjang 5 km. ditambah lagi dengan suhu udara yang sangat rendah. Menurut catatan yang beredar, pendaki pertama gunung Lyskamm ini adalah J.F. Hardy dan anggotanya pada tahun 1861.

Dom (4.545 meter)

Sepertinya negara Swiss memiliki banyak gunung-gunung tinggi. Gunung tertinggi berikutnya adalah gunung Dom yang terletak di negara Swiss. Tingginya mencapai 4.545 meter atau kira-kira 14.911 kaki di atas permukaan laut. Dibandingkan dengan gunung lainnya, gunung yang berada di antara wilayah Randa dan Saas-Fee di kanton Valais ini adalah gunung yang mudah didaki. Tidak hanya itu, di gunung ini juga terdapat kereta gantung yang siap membawa para pengunjung naik ke atas gunung tanpa membuang banyak energi. Meski demikian, sejumlah pendaki lebih senang dan memilih untuk mendaki melalui jalur yang pernah digunakan oleh Pendeta J.L. Davies pada tahun 1858 silam saat gunung ini pertama kali ditaklukkan.

Signalkuppe (4.554 meter)

Gunung Signalkuppe berada di lokasi yang sama dengan gunung Lyskamm, yaitu di antara negara Swiss dan Italia pada deretan pegunungan Pennine Alpa. Ketinggian gunung Signalkuppe sendiri mencapai 4.554 meter atau sekitar 14.941 kaki di atas permukaan laut. Gunung ini pertama kali didaki pada 9 Agustus 1842. Bagi para pengunjung yang tidak terbiasa menginap di dalam kemah, tenang saja karena ada sebuah penginapan, yaitu Margherita Hut yang dibuka resmi sejak tahun 1893.

Zumsteinspitze (4.563 meter)

Sumber: Panoramio

Gunung Zumsteinspitze yang memiliki ketinggian 4.563 meter atau sekitar 14.970 kaki di atas permukaan laut. Gunung Zumsteinspitze merupakan salah satu puncak di deretan Pegunungan Pennine Alps yang ada di perbatasan Italia dan Swiss. Rute pendakian termudah gunung ini adalah Lysjoch dan Colle Gnifetti. Pendakian pertama gunung ini dilakukan pada 1 Agustus 1820 oleh sebuah kelompok beranggotakan Joseph, Johann Niklaus Vincent, Joseph Zumstein, Molinatti, Castel, dan beberapa orang lainnya yang tidak diketahui. Sedangkan pendakian di musim dingin pertama dilakukan oleh E. Allegra pada 30 Maret 1902.

Monte Rosa (4.634 meter)

Gunung Monte Rosa berada di wilayah negara Swiss. Ketinggiannya mencapai 4.634 meter atau sekitar 15.203 kaki di atas permukaan laut. Gunung tertinggi kedua di Eropa ini pertama kali didaki oleh Christopher Smyth dan Johannes Zumtaugwald pada 1 Agustus 1855.

Mont Blanc (4.810 meter)

Sumber: Chamonix

Gunung tertinggi di Eropa ini tidak hanya diincar oleh para pendaki gunung, tapi juga para penikmat snowboarding. Gunung yang sering disebut sebagai White Mountain ini memiliki ketinggian 4.810 meter atau sekitar 15.774 kaki di atas permukaan laut. Gunung yang berada di perbatasan antara Italia dan Perancis ini pertama kali didaki pada tahun 1786 oleh Jacques Balmat dan Michel Paccard. Hingga saat tercatat ada 20.000 orang setiap tahunnya yang mengunjungi gunung ini. Bagi para pendaki gunung, jalur pendakian yang menjadi favorit adalah jalur Voie Des Cristalliers.

1155

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here