Sumber: Brilio

Island hopping adalah istilah untuk kunjungan wisata ke beberapa pulau sekaligus dalam waktu berdekatan. Aktivitas island hopping ini tentu sangat cocok untuk para pecinta pantai. Bagi penduduk Jakarta, island hopping tidak perlu dilakukan jauh-jauh seperti ke Belitung atau Bali karena ada Kepulauan Seribu yang jaraknya cukup dekat. Kamu bisa menyeberangi lautan menggunakan kapal dari Pelabuhan Muara Angke atau Dermaga Marina Ancol.

Kepulauan Seribu ini adalah sebuah taman nasional yang ada di utara Jakarta. Di sini terdapat banyak pulau dan pantai yang indah dan bersih. Ada begitu banyak pulau di Kepulauan Seribu pasti akan membuat kamu bingung mau mengunjungi pulau yang mana saj. Oleh karena itu kami telah menyiapkan daftar 5 pulau indah yang wajib kamu kunjungi di Kepulauan Seribu.

Pulau Tidung

Sumber: Pamitran Tours

Pulau yang paling diminati wisatawan ini sangat ramai dan indah. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini. Kegiatan yang pertama adalah bersantai di Jembatan Cinta. Jembatan yang bentuknya melengkung ini dipercaya bisa membuat para pasangan yang berjalan di atasnya langgeng selamanya. Jika tidak pergi bersama pasangan juga tidak apa, kamu bisa berfoto di atas jembatan tersebut sambil menikmati pemandangan matahari terbenam atau menguji adrenalin. Jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung dan Pulau Tidung Kecil ini adalah area yang bisa digunakan untuk melompat ke laut dari ketinggian 6 meter.

Kegiatan berikutnya adalah snorkeling untuk melihat taman bawah laut yang dipenuhi ikan warna-warni. Jika ingin melakukan snorkeling, sebaiknya pergi pada pagi hari agar kulit tidak terbakar karena sengatan matahari. Jangan khawatir untuk peralatan snorkeling, karena kamu bisa menyewanya dengan biaya 50 ribu rupiah per hari.

Puas melakukan snorkeling, saatnya bermain water sport dengan harga yang terjangkau. Beberapa pilihan water sport yang bisa kamu coba adalah banana boat, donut boat, hingga kano. Tidak berani melakukan water sport? Sewalah sepeda untuk berkeliling pulau.

Pulau Harapan

Saat berkunjung ke Pulau Harapan, kamu bisa menyewa perahu motor untuk mengunjungi pulau-pulau terdekat seperti Pulau Perak, Pulau Bira Besar, Pulau Bulat, Pulau Putri, dan Pulau Gosong. Khusus Pulau Gosong, kamu bisa mengunjunginya hanya pada saat air laut surut.

Jika ingin melakukan island hopping di Pulau Harapan dan sekitarnya, mulailah dari pagi hari agar bisa puas bermain seharian. Kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini adalah bermain air, berenang, snorkeling, jalan-jalan, berfoto, dan menikmati pemandangan matahari terbenam.

Puas bermain di pulau, luangkan waktu untuk mengunjungi Taman Biota Laut di bagian belakang pulau. Taman Biota Laut ini adalah tempat penangkaran penyu sisik. Biaya masuknya sangat murah, hanya 5 ribu rupiah per orang.

Bagi kamu yang pecinta alam, jangan lewatkan kesempatan berpartisipasi untuk kelestarian alam dengan cara menanam mangrove di area setempat bersama penduduk lokal.

Pulau Pramuka

Sumber: Explore Seribu

Pulau Pramuka adalah pusat administrasi dari Kepulauan Seribu. Karena menjadi pusat, tentu fasilitas di sini cukup lengkap. Kamu bisa menemukan rumah sakit dan kantor polisi.

Kegiatan yang wajib kamu lakukan di sini adalah snorkeling di APL atau Area Perlindungan Laut. Area Perlindungan Laut ini adalah tempat pelestarian terumbu karang. Dijamin saat snorkeling, kamu akan menemukan pemandangan bawah laut yang asri dan indah dikelilingi oleh berbagai jenis ikan.

Sama seperti di pantai pada umumnya, kamu bisa melakukan water sport seperti berenang, bermain banana boat, bermain kano, hingga bersepeda mengelilingi pulau. Di Pulau Pramuka juga terdapat sebuah penangkaran penyu sisik. Kamu bisa melihat proses pembudidayaan penyu sisik dan menyentuh anak penyu dalam bak penampungan.

Di tepian pantai sekitar Pulau Pramuka, ada deretan pohon bakau yang berfungsi untuk menahan abrasi pantai.

Pulau Kelor

Kunjungan ke Pulau Kelor akan terasa berbeda dibandingkan dengan pulau lainnya. Di sini kamu bisa menikmati peninggalan sejarah berupa Benteng Martello yang dibangun oleh VOC pada abad 17 silam dan sebuah galangan kapal. Saat ini Benteng Martello tidak berdiri seutuhnya karena mengalami kerusakan akibat abrasi air laut pada tahun 1966 dan letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Meski demikian, kekokohan benteng ini masih bisa kamu rasakan.

Sudah sampai ke Pulau Pramuka, mampirlah ke Pulau Onrust untuk melihat bekas barak karantina para haji dan ke Pulau Cipir untuk melihat reruntuhan rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa kesehatan orang-orang yang baru pulang haji.

Pulau Macan

Dibandingkan dengan pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu, Pulau Macan adalah pulau yang paling privat. Suasananya tenang sehingga cocok untuk kamu yang ingin merilekskan pikiran. Pulau Macan ini memiliki pantai landai berpasir putih, ombaknya tenang, dan airnya jernih.

Ingin berpetualang ke pulau tidak berpenghuni, cobalah menyeberang ke Pulau Macan Kecil dan mengelilingi pulau tersebut bersama teman lalu snorkeling sejenak di pantai sekitar. Dijamin kamu akan merasa pulau tersebut adalah milikmu.

Baca Juga: 10 Pulau yang Harus Dikunjungi Saat Traveling ke Yunani

253

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here