Sumber: Indahnya Indonesiaku

Belakangan ini pikiran mulai penat dan tidak bersemangat untuk beraktivitas seperti biasanya? Tandanya kamu butuh liburan untuk melepas beban pikiran tersebut! Ayo segera luangkan waktu untuk berlibur ke pulau yang jauh dari keramaian dan polusi.

Berlibur menikmati pulau kecil tidak perlu dilakukan hingga ke luar negeri karena di Indonesia sendiri ada banyak pulau cantik yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Di pulau-pulau ini kamu bisa bersantai menikmati angin pantai, suara deburan ombak, pemandangan matahari terbenam, atau bersepeda mengelilingi pulau.

Bagi kamu yang sedang mencari pulau untuk destinasi liburan berikutnya, simak daftarnya berikut ini!

Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Sumber: Radar Tour

Kalau kamu hendak ke Pulau Komodo, pastikan untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo untuk menyaksikan hewan langka Komodo yang hanya ada di Indonesia dan menyelam di Pantai Pink yang bisa dicapai dengan perjalanan selama 30 menit menggunakan kapal untuk melihat keindahan alam bawah laut.

Untuk sampai ke Pulau Komodo sendiri, kamu bisa naik pesawat dari kota asal menuju Bandara Labuan Bajo. Untuk penginapan, kamu bisa pilih mau tinggal di hotel berbintang atau homestay yang murah.

Kepulauan Mentawai (Sumatera Barat)

Kepulauan Mentawai memiliki 4 pulau yakni Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan. Di antara keempat pulau tersebut mungkin yang paling menarik adalah Pulau Siberut karena memiliki Taman Nasional yang diakui oleh UNESCO. Di dalam Taman Nasional itu kamu bisa menemukan 18 hewan langka termasuk tupai terbang dan monyet ekor babi yang tidak bisa ditemui di tempat lain.

Pulau Belitung (Kepulauan Bangka Belitung)

Pulau Belitung adalah salah satu destinasi yang populer di kalangan wisatawan lokal. Tidak hanya memiliki banyak pantai cantik, Pulau Belitung juga punya banyak spot wisata menarik seperti Museum Kata dan Danau Kaolin. Jika sudah sampai di Pulau Belitung, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Belitung seperti mie Belitung, gangan, kopi khas Belitung, pais, dan suto Belitung. Pulau Belitung bisa dijangkau menggunakan pesawat dengan tujuan Bandara HAS Hanandjoeddin.

Pulau Lombok (Lombok)

Bicara tentang Lombok, ada 3 gili yang tidak bisa dipisahkan yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.  Gili Trawangan adalah gili terbesar di Lombok dan paling sering dikunjungi oleh wisatawan muda. Gili Air cocok untuk wisatawan yang berlibur bersama keluarga karena lengkap dengan fasilitas dan ragam rekreasi air. Sedangkan Gili Meno cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati ketenangan di pinggir pantai. Soal penginapan tak perlu khawatir karena pariwisata Lombok sudah dikelola dengan baik, begitu pula dengan fasilitas lainnya seperti restoran, kafe, dan tempat ibadah.

Baca Juga: Ingat! Jangan Lakukan Hal Ini Saat Berlibur

Pulau Seram (Maluku)

Pulau Seram dihuni oleh suku Aliffuru dan memiliki alam pegunungan serta hutan tropis. Sempatkan diri  untuk mengunjungi Taman Nasional Manusela yang berjarak 100 km dari Masohi. Lalu bersantai di Pantai Gumumai dan Air Terjun Lumoli yang memiliki 3 level tebing.

Pulau Arborek (Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat)

Pulau Arborek berada di lokasi yang sama dengan Pulau Waigeo yaitu Kepulauan Raja Ampat. Dari ibukota Raja Ampat ke Pulau Arborek membutuhkan waktu 2 jam menggunakan perahu boat. Untuk yang mudah mengalami mabuk laut, minumlah obat anti mabuk sebelum perjalanan. Jika kamu memiliki lisensi diving, gunakan kesempatan pada liburan tersebut untuk bertemu ikan pari di lautan dengan kedalaman 20 meter. Ingin menginap? Homestay di Pulau Arborek dibanderol mulai dari harga Rp 450 ribu per kepala per malam.

Kepulauan Karimunjawa (Jawa)

Kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 pulau, 5 di antaranya telah berpenghuni. Wisata Karimunjawa adalah surga bagi para penyelam karena lautnya memiliki 90 jenis terumbu karang dan lebih dari 240 jenis ikan. Bagi kamu yang tidak bisa menyelam, tenang saja karena kamu tetap bisa menikmati pemandangan bawah laut menggunakan kapal dengan kaca di bagian bawahnya.

Untuk penginapan, kamu bisa pilih homestay atau hotel. Tapi, jika ingin berkunjung ke pulau yang tidak berpenghuni bawalah tenda dan peralatan memasak sendiri. Gunakan kapal sekitar 2-3 jam untuk tiba di Kepulauan Karimunjawa dari Pelabuhan Kartini, Jepara.

Pulau Biawak (Indramayu, Jawa Barat)

Jika ada komodo di Pulau Komodo, kamu akan menemukan biawak di Pulau Biawak. Selain melihat biawak, di pulau ini kamu bisa eksplor hutan pinus, bakau, padang limun, dan mengunjungi mercusuar yang dibangun pada 1872 oleh ZM Willem III. Meski minim fasilitas karena belum dikelola dengan baik, kamu bisa menemukan sejumlah homestay yang dikelola oleh warga setempat.

Pulau Derawan (Kalimantan Timur)

Perjalanan menuju Derawan bisa ditempuh selama 30 menit lewat jalur laut dari Pelabuhan Tanjung Batu. Di sana tersedia berbagai jenis penginapan mulai dari homestay, hotel, dan resort. Selain menikmati pantai, kamu bisa berkunjung ke Danau Kakaban untuk berenang bersama ubur-ubur. Kapan dan di mana lagi kamu bisa menemukan kesempatan seperti ini? Lalu, sempatkan diri untuk berkunjung ke penangkaran penyu di Pulau Sangalaki. Masih ada waktu sisa? Berkunjunglah ke Goa Haji Mangku dan Laguna Kehe Daing.

Pulau Peucang (Banten)

Sumber: Ngetrip Mulu

Pulau Peucang berlokasi dekat dengan Taman Nasional Ujung Kulon. Tidak hanya mempesona wisatawan dengan hewan lautnya, Pulau Peucang juga dihuni dengan satwa liar seperti rusa, babi hutan, dan monyet yang dibiarkan berkeliaran dengan bebas. Selain snorkeling, kamu juga bisa bermain kano di pulau ini dan trekking ke Karang Copong. Perjalanan menuju Pulau peucang terbilang cukup melelahkan. Dari Terminal Labuan kamu harus menempuh jalur darat selama 4 jam menuju Taman Jaya. Setelah itu barulah kamu menyeberangi laut ke Pulau Peucang menggunakan kapal.

988

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here