Sumber: Arah

Berbeda dengan sejumlah tempat wisata di Pulau Jawa yang cukup terkenal dan sering dikunjungi wisatawan di saat musim libur tiba, tempat wisata di Kalimantan khususnya bagian selatan justru mini pengunjung. Padahal tempat wisata di Kalimantan Selatan ini tidak kalah keren dan indah daripada tempat wisata di Pulau Jawa.

Tidak percaya? Buktikan sendiri dengan berkunjung ke sejumlah tempat wisata keren di Kalimantan Selatan berikut ini!

Rumah Pohon Cempaka

Tren rumah pohon sebagai tempat wisata ternyata tidak hanya terjadi di Pulau Jawa, tapi juga Kalimantan. Salah satu rumah pohon yang tersohor ini adalah Rumah Pohon Cempaka di Desa Beruntung Jaya. Konsep yang diusung adalah wisata alam outbound.

Rumah pohon di sini tidak hanya ada satu, tapi banyak. Kamu bisa memilih rumah pohon yang disukai untuk berfoto. Ada juga sebuah jembatan gantung yang memacu adrenalinmu karena akan terus bergoyang ketika dilewati. Suasananya asri dan udaranya sangat sejuk. Cocok untuk melepas penat.

Rumah Jomblo Banjar Baru

Rumah Jomblo sejatinya bukan rumah yang diperuntukan bagi para jomblo, namun rumah ini diberi nama jomblo karena berdiri sendirian di tengah lahan yang luas. Sekilas, rumah ini tampak seperti rumah usang yang ditinggal oleh pemiliknya. Material utamanya adalah kayu. Rumah ini tidak berada di daratan, melainkan di sebuah gundukan tanah yang tinggi.

Rumah ini tidak bisa dimasuki, namun bagi para penggemar fotografi rumah ini menjadi objek fotografi yang keren dan penuh makna. Pemandangan di sekelilingnya pun sangat mendukung, apalagi ketika matahari mulai terbenam.

Baca Juga: 10 Hal Penting yang Harus Anda Lakukan di Rumah Sebelum Berangkat Traveling

Guntung Nyaru

Sumber: instagram.com/jumary1990

Siapa sangka Indonesia memiliki sejumlah spot kolam alami yang eksotis dan airnya begitu jernih seperti Guntung Nyaru di Bungkukan? Kolam alami ini dikelilingi dengan pemandangan alam berupa perbukitan dan lanskap tanah yang tersembunyi. Keasrian dan kealamiannya masih terjaga hingga saat ini.

Kolam alami yang ukurannya tidak terlalu besar ini terlihat tenang, namun memiliki kedalaman yang lumayan menantang. Kamu bisa coba lompat tebing menuju kolam alami ini, tapi selalu berhati-hati ya.

Taman Hutan Rakyat Sultan Adam

Hidup di tengah kota akan membuat kamu merasa lelah dan sumpek. Apalagi jika terus-menerus menghirup polusi udara. Untuk itu, mampirlah ke Taman Hutan Rakyat Sultan Adam untuk membersihkan polusi yang masuk ke dalam paru-parumu.

Taman Hutan Rakyat Sultan Adam ini tidak hanya menyejukkan paru-paru, tapi juga matamu. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan alam berupa perbukitan hijau dan Waduk Riam Kanan dari ketinggian.

Selain pemandangan alam, ada juga puing benteng Belanda dan penangkaran rusa di mana kamu bisa memberi makan dan berfoto bersama. Jika kamu berkunjung di hari yang cerah dan berawan, siap-siap takjub dengan pemandangan yang membuatmu tengah berada di negeri di atas awan.

Bukit Telang / Rimpi

Pemandangan alam di Bukit Telang atau Rimpi ini disebut-sebut tidak kalah cantik dengan perbukitan savana di Pulau Sumba. Untuk mencapai puncak bukit, kamu harus berjalan selama 30 menit menanjak ke atas.

Sejauh mata memandang, kamu hanya akan menemukan perbukitan hijau yang begitu asri. Ditambah dengan cahaya matahari yang bersinar kuat, tempat ini semakin terlihat keren! Saat berkunjung ke sini jangan lupa untuk membawa kamera ya.

Bukit Tabuan / Pasepakan

Selain Taman Hutan Rakyat Sultan Adam, ada lagi satu spot yang menawarkan pemandangan Waduk Riam Kanan dari ketinggian yaitu Bukit Tabuan atau Pasepakan. Ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di Bukit Tabuan atau Pasepakan ini selain menyaksikan pemandangan Waduk Riam Kanan, misalnya saja mendirikan tenda dan trekking menjelajahi alam sekitar yang sangat indah.

Air Terjun Mandin Damar

Sumber: Twitter

Bicara tentang tempat wisata alam, rasanya kurang afdol jika tidak memasukkan air terjun ke dalam daftar tersebut. Salah satu air terjun yang harus kamu kunjungi selagi ada di Kalimantan Selatan adalah Air Terjun Mandin Damar.

Air terjun ini berada di tengah hutan belantara. Tidak heran jika air terjun ini sering disebut sebagai surga dunia lantaran airnya begitu jernih dan dikelilingi oleh hutan lebat. Air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun cukup panjang hingga mencapai 20 meter. Di sini kamu bebas berendam, berenang, atau pun merasakan shower alami langsung di bawah air terjunnya.

Pulau Pamalikan

Masing-masing daerah di nusantara tampaknya memiliki pulau tropis yang cocok untuk menjauh dari keramaian, misalnya saja Pulau Pamalikan di Kalimantan. Sebagian besar dari wilayah pulau ini merupakan area batu karang, hamparan pasirputih, dan pepohonan tinggi.

Selain terkenal sebagai tempat wisata, Pulau Pamalikan ini merupakan habitat alami bagi penyu hijau dan penyu sisik. Alam bawah lautnya juga begitu indah sehingga sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa kegiatan snorkeling atau pun diving.

Untuk liburan berikutnya, bagaimana jika dihabiskan di Kalimantan Selatan dan mengunjungi sejumlah tempat wisata keren di atas?

741

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here