Sumber: Kamera Budaya

Makassar yang menjadi ibukota dari Sulawesi Selatan adalah salah satu kota metropolitan yang ada di Indonesia. Pembangunan di kota ini cukup pesat jika dibandingkan dengan kota lain yang ada di wilayah timur Indonesia.

Makassar juga dikenal sebagai kota pelabuhan yang aktif sejak era penjajahan Belanda di abad ke 17 hingga saat ini. Selain sebagai jalur perdagangan, Makassar juga memiliki sejumlah kuliner yang nikmat dan tentunya beragam tempat wisata yang akan menyempurnakan liburan para wisatawan.

Kali ini kita akan membahas daftar tempat wisata di Makassar dan Sulawesi Selatan. Disimak ya!

Rammang-rammang

Sumber: Toraja Sulawesi Tour

Saat menginjakkan kaki di area Rammang-rammang, kamu akan merasa seperti sedang mengendarai mesin waktu menuju masa purba. Mulai dari telaga hingga gua, semua bisa kamu temukan di sini. Gua yang wajib kamu kunjungi adalah Goa Mimpi dan Goa Batu. Untuk yang ingin bersantai sebentar bisa mampir ke telaga yang dikelilingi bukit hijau. Nah, objek utama yang tidak boleh dilewatkan selagi ada di Rammang-rammang adalah menyaksikan kemegahan hutan batu kapur yang berada di lahan seluas 45 hektar. Sangat eksotis dan cantik!

The Kingdom of Butterflies

Siapa sangka ada daerah di Indonesia yang menjadi lokasi dari Kerajaan Kupu-kupu. Kerajaan ini pada awalnya ditemukan oleh Alfred Russel Wallace, seorang peneliti asal Inggris, yang menemukan 285 spesies kupu-kupu di wilayah ini. Di antara ratusan kupu-kupu ini, ada beberapa spesies yang cukup langka di dunia. Tidak heran kalau nama tersebut pantas untuk disandang oleh wilayah ini.

Sambil berkeliling mencari kupu-kupu cantik, pergilah menuju Air Terjun Bantimurung yang sangat megah. Suara aliran airnya yang deras membuat suasana di tempat wisata alam ini terasa semakin natural dan tentram.

Gunung Bulusaraung

Sudah sampai kawasan Taman Nasional Bantimurung – Bulusaraung tapi tidak trekking ke Gunung Bulusaraung? Rugi deh! Perjalanan menuju puncaknya memang cukup melelahkan dan ekstrim, namun semua itu akan terbayarkan dengan pemandangan yang kamu dapatkan nantinya.

Sejauh mata memandang hanya ada pemandangan berupa pegunungan batu kapur dan lembah yang ada di Pangkep – Maros. Strukturnya begitu unik sehingga akan membuat kamu terkagum-kagum. Oh ya, selama perjalanan jika sedang beruntung, kamu bisa bertemu dengan kera liar yang sedang melompat ke antar pohon.

Pantai Apparalang, Bulukumba

Pantai Apparalang di Bulukumba tidak dibatasi dengan hamparan pasir putih, melainkan dibatasi oleh tebing tinggi. Deburan ombaknya yang besar terdengar menggelegar di telinga para pengunjung. Pantai ini cocok untuk kamu yang suka lompat tebing.

Jika tidak ingin basah-basahan, kamu bisa bersantai sambil menikmati deburan ombak dan pemandangan yang indah dari anjungan di atas karang yang menjorok ke arah laut. Pantai yang eksotis ini belum terlalu dikenal orang, sehingga suasananya masih begitu alami.

Baca Juga: Benteng Terluas di Dunia Bisa Kamu Temukan di Indonesia

Celebes Canyon

Berjarak sekitar 2 jam dari pusat kota Makassar, tempat wisata alam yang ada di Kabupaten Barru ini sekilas mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Tebingnya berwarna putih kecokelatan dan di sela-selanya ada aliran air dari Sungai Ule. Aliran air ini bisa kamu saksikan sepanjang tahun karena tidak mengalami surut di saat musim kemarau. Airnya cukup jernih dan bisa membuatmu merasa sejuk.

Air Terjun Lengang

Kehadiran infinity pool sudah tidak asing lagi di destinasi wisata seperti Jakarta dan Bali. Modelnya yang modern dan elegan membuat infinity pool digemari banyak orang. Sulawesi Selatan juga punya infinity pool dan uniknya infinity pool ini dibuat oleh alam tanpa campur tangan manusia.

Air Terjun Lengang memiliki 2 tingkatan kolam air terjun dengan konsep infinity pool. Kamu bisa berendam di tepi kolam sambil menikmati alam yang terhampar luas di depannya. Jangan lupa berfoto untuk mengabadikan keindahannya.

Air Terjun Batulappa

Air terjun yang tidak kalah cantiknya dari Air Terjun Lengang adalah Air Terjun Batulappa. Tempat wisata alam yang satu ini sangat tinggi dan uniknya memiliki banyak undakan atau tingkatan sehingga air yang jatuh terlihat semakin indah. Di beberapa titik, para pengunjung bisa berdiri dan berfoto.

Amatoa Resort, Tanjung Bira

Sumber: Wulan Kamilanisa

Tanjung Bira bukan lagi nama yang asing di telinga wisatawan. Pantainya begitu jernih dan sangat cantik. Untuk menikmati pantai tersebut, cobalah menginap di Amatoa Resort yang memiliki akses langsung menuju pantai menggunakan tangga.

Perlu kamu ketahui, resort ini hanya menyediakn 9 bungalow saja sehingga area pantai tidak akan ramai pengunjung. Suasananya begitu alami dan damai. Cocok untuk kamu yang ingin melepaskan stres.

Itulah 8 tempat wisata di Makassar dan Sulawesi Selatan yang perlu kamu ketahui. Nantikan lanjutannya hanya di bagian kedua ya!

 

262

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here