Sumber: Indonesia Tourism

Banyuwangi adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Namanya mungkin kurang begitu populer sebagai destinasi wisata dalam negeri, namun pada kenyataannya Banyuwangi memiliki beragam wisata alam yang menakjubkan dan tidak kalah mempesona dengan destinasi wisata lainnya yang ada di Indonesia.

Kawasan Banyuwangi yang terdiri atas dataran rendah dan dataran tinggi membuatnya memiliki banyak pilihan untuk berlibur. Mau ke gunung atau pantai? Tentukan saja sesuai dengan keinginanmu. Tapi jika kamu masih bingung, simak dulu beberapa daftar tempat wisata yang ada di Banyuwangi berikut ini!

Kawah Ijen

Sumber: Travel Kompas

Tempat wisata yang paling terkenal di Banyuwangi adalah Kawah Gunung Ijen yang berada di perbatasan antara Bondowoso dan Banyuwangi. Objek wisata utama yang diincar oleh para wisatawan saat berkunjung ke sini adalah fenomena api biru atau blue fire.

Untuk bisa menyaksikan fenomena api berwarna biru ini, kamu perlu melakukan pendakian terlebih dahulu. Ketinggian yang perlu kamu capai adalah sekitar 2.443 meter dari permukaan laut. Kamu pun tidak bisa menyaksikannya di sembarang waktu, karena fenomena api biru ini akan terlihat jelas pada jam 2 hingga 3 pagi saja.

Setelah puas menyaksikan fenomena api biru, nantikanlah momen matahari terbit yang sangat cantik dari balik Gunung Ijen. Saat langit mulai terang, sejumlah gunung di sekitar Gunung Ijen akan tampak dengan jelas. Gunung-gunung tersebut adalah Gunung Merapi, Gunung Raung, Gunung Suket, dan Gunung Rante.

Pulau Merah

Pulau Merah ini bentuknya cukup unik karena menyerupai sebuah gunung yang ada di tengah pantai. Airnya sangat jernih dan di pinggir pantai terdapat hamparan pasir putih. Di bagian ujung pantai, kamu bisa menyaksikan pemandangan gunung. Di tepi pantai ada banyak pohon kelapa dan pisang. Rasanya sangat asri, tentram, dan sangat indah. Sangat cocok untuk kamu yang sedang ingin relaksasi atau melepas stres.

Ketika berada di Pulau Merah, pastikan untuk menantikan momen matahari terbenam. Lalu ketika air laut mulai surut, kamu bisa berjalan kaki ke tengah pantai di atas tanah yang berwarna merah.

Pantai Green Bay

Pantai Green Bay atau yang lebih akrab disebut sebagai Pantai Teluk Ijo ini berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Spot wisata yang satu ini masih terhubung dengan pantai yang ada di Pulau Merah. Pasirnya putih dan terasa lembut ketika disentuh. Airnya sangat jernih dengan warna biru kehijauan. Batu karang yang ada  Pantai Green Bay ini juga sangat mempesona.

Pantai ini diberi nama Teluk Ijo karena warna airnya yang terlihat hijau dari kejauhan, padahal umumnya pantai berwarna biru jika dilihat dari kejauhan. Warna air yang terlihat hijau ini disebabkan oleh tumbuhan alga yang berada di dasar laut. Di sekeliling pantai ini juga pepohonan tumbuh dengan subur sehingga warna hijaunya semakin sempurna.

Pulau Tabuhan

Tempat wisata yang perlu kamu kunjungi berikutnya adalah Pulau Tabuhan. Pulau kecil tidak berpenghuni ini hanya memiliki luas sekitar 5 hingga 6 hektar saja. Meski ukuran pulau ini terbilang kecil, nyatanya ada banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan. Misalnya saja berenang, snorkeling, dan mengeksplorasi pulau sambil berfoto-foto. Pantai Pulau Tabuhan ini aman untuk berenang dan snorkeling karena ombaknya cukup tenang.

Baca Juga: 9 Tempat Wisata Bekas Tambang yang Hits di Indonesia

Pantai Sukamade

Sumber: Ekspedisi Wisata

Sama seperti Pantai Green Bay, Pantai Sukamade juga masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri sehingga kamu bisa mengunjunginya dalam waktu sehari. Berbeda dengan pantai di sekitarnya yang memiliki pasir putih, Pantai Sukamade ini memiliki hamparan pasir cokelat yang bertekstur halus. Ombaknya pun terbilang cukup besar.

Lingkungan di sekitar pantai ditumbuhi aneka pohon sehingga sangat asri dan sejuk. Salah satu kegiatan menarik yang perlu kamu lakukan di sini adalah mengunjungi tempat penangkaran penyu untuk melihat proses bertelurnya para penyu. Kamu akan mudah menemukan penyu di sini karena Pantai Sukamade adalah habitat alami penyu.

Pantai Grand Watu Dodol

Pantai Grand Watu Dodol adalah spot yang tepat untuk melakukan snorkeling atau diving karena taman bawah lautnya dihuni oleh beragam mahkluk hidup yang cantik-cantik. Terumbu karang di sini jaraknya hanya sekitar 5 meter dari daratan dan kedalamannya hanya 3 meter. Jika kamu tidak membawa peralatan snorkeling atau diving, di sini tersedia tempat penyewaan alat menyelam.

Pasar Ikan Muncar

Sebagai negara kepulauan, hasil ikan di Indonesia cukup banyak, salah satunya adalah di Banyuwangi. Kunjungilah Pasar Ikan Muncar untuk mendapatkan ikan-ikan segar, menikmati pemandangan laut yang dipenuhi kapal nelayan, sekaligus berfoto-foto.

Ketujuh tempat wisata di Banyuwangi tadi terdengar cukup menarik, ya. Selamat berlibur!

651

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here