Sumber: Babat Post

Kegiatan mudik alias pulang kampung ke kampung halaman masing-masing di saat lebaran sangat ditunggu-tunggu oleh orang banyak. Karena merupakan kegiatan massal, maka persiapan mudik ini harus dilakukan dari jauh-jauh hari agar tidak serba mepet dan mengeluarkan uang banyak untuk berbagai urusan mendesak.

Sebagian orang ada yang memilih mudik menggunakan transportasi umum dan ada juga yang menggunakan kendaraan pribadi. Terlepas dari transportasi yang akan kamu gunakan untuk mudik nanti, kamu harus membuat diri merasa nyaman. Rasa nyaman ini bisa didapatkan dari sejumlah barang bawaan seperti perlengkapan tidur, camilan, hiburan, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang akan mudik menggunakan kendaraan pribadi, kami ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar perjalanannya terasa nyaman dan menyenangkan. Simak tipsnya berikut ini ya!

Membuat daftar barang bawaan

Perjalanan panjang dan waktu menginap yang lama membuat kamu membutuhkan banyak barang bawaan seperti baju, sepatu, makanan, gadget, aksesoris gadget, perhiasan, dan sebagainya.

Agar barang-barang tersebut tidak ada tertinggal ketika berangkat, buatlah daftar barang bawaan dari jauh-jauh hari. Bawalah barang yang diperlukan dan tinggalkan barang yang kurang penting karena hanya akan memenuhi kendaraan pribadi.

Daftar barang bawaan ini juga berguna ketika kamu akan berkemas untuk kembali ke rumah. Cek kembali daftar barang bawaan tersebut selagi mengemas untuk memastikan tidak ada barang bawaan yang tertinggal di kampung halaman.

Memeriksa kondisi kendaraan pribadi

Karena dipakai untuk menempuh perjalanan panjang, kondisi kendaraan yang akan kamu gunakan harus dalam keadaan yang prima. Sebulan atau beberapa minggu sebelum melakukan mudik, bawalah kendaraan ke bengkel untuk pemeriksaan menyeluruh mulai dari tune up, air radiator, kampas rem, selang bahan bakar, oli, dan sebagainya. Kalau kendaraan pribadi dalam kondisi prima, perjalanan pun akan lebih nyaman dan aman.

Memeriksa perlengkapan kendaraan

Sumber: GridOto

Kondisi kendaraan sudah dalam keadaan yang prima. Saatnya memeriksa perlengkapan kendaraan tersebut seperti dongkrak, ban cadangan, kunci stang, bahkan bahan bakar cadangan di dalam jerigen khusus. Perlengkapan kendaraan tersebut harus kamu bawa selalu, karena musibah tidak ada yang tahu akan terjadi kapan. Bisa saja di tengah kemacetan, bahan bakarmu mulai menipis sedangkan pom bensin masih jauh lokasinya.

Onderdil cadangan pun perlu disiapkan agar kamu tidak perlu menunggu bantuan dalam waktu yang cukup lama untuk memperbaiki kerusakan pada kendaraan pribadimu. Sejumlah onderdil yang mungkin berguna untukmu adalah kampas rem, oli, lakban, hingga filter.

Bawa dokumen kendaraan

Pada saat mudik, sejumlah polisi akan mengawasi jalur-jalur mudik tersebut. Bukan tidak mungkin kalau mereka akan memeriksa kendaraan yang melewati jalur tersebut. Agar tidak menambah masalah, jangan lupakan sejumlah dokumen penting terkait kendaraanmu. Dokumen tersebut di antaranya adalah SIM dan STNK.

Sediakan kotak P3K

Kehadiran kotak P3K sering disepelekan, padahal kamu tidak tahu kapan akan tertimpa musibah. Untuk itu bawalah kotak P3K berisi aneka obat, perban, hansaplas, benang jahit, obat luka, minyak kayu putih, dan sebagainya.

Siapkan hiburan

Perjalanan panjang ditambah dengan kemacetan akan membuat kamu merasa ngantuk dan bosan. Oleh karena itu sediakan aneka hiburan seperti musik, gadget, film favorit, buku bacaan, hingga cemilan.

Baca Juga: 8 Spot Instagramable di Sepanjang Jalur Mudik

Manfaatkan GPS

Lengkapi kendaraanmu dengan GPS agar tidak menyasar atau bisa menemukan jalur alternatif yang lebih sepi. Jika tidak memiliki GPS, manfaatkan saja aplikasi GPS yang ada di smartphone. Pastikan kamu sudah menggunakan paket data agar GPS bisa berfungsi dengan baik.

Ketahui layanan gratis otomotif

Sumber: MetroTV News

Selama mudik, sejumlah perusahaan otomotif akan membuka layanan gratis untuk pemeriksaan atau servis ringan. Sebelum berangkat, cari tahulah titik-titik layanan gratis otomotif tersebut. Sewaktu-waktu membutuhkannya, kamu bisa pergi menuju tempat tersebut.

Patuhi peraturan lalu lintas

Selama berkendara bersikaplah disiplin untuk mematuhi peraturan lalu lintas. Jangan menerobos lampu merah atau melawan arus kendaraan. Selain bisa memperparah kemacetan, kamu bisa menyebabkan kecelakaan.

Hal ini juga berlaku untuk urusan barang bawaan. Pastikan barang bawaan tidak melebihi kapasitas kendaraan dan tidak menghalangi pandangan pengemudi lainnya.

Penuhi baterai HP dan pulsa

Pastikan baterai HP-mu selalu penuh sehingga bisa terus bermain mengusir kejenuhan selama perjalanan. Bawa juga powerbank untuk mengisi daya baterainya. Jangan lupa juga untuk mengisi pulsa secukupnya untuk mengabari sanak saudara yang sedang menanti di kampung halaman.

Menyiapkan tubuh yang prima

Percuma saja jika kendaraan sudah prima tapi penumpangnya tidak prima. Jika penumpangnya merasa tidak enak badan, sepanjang perjalanan akan terasa sangat menyebalkan. Minumlah vitamin secara rutin menjelang keberangkatan. Untuk para pengemudi, pastikan untuk beristirahat setiap 4 jam sekali ya.

Selamat mudik menggunakan kendaraan pribadi!

363

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here