Sumber: theplaidzebra.com

Salah satu hal yang paling menyenangkan di dunia ini, adalah melakukan traveling ke tempat yang baru dan belum pernah dijelajahi. Perasaan bahagia karena akan mengunjungi tempat yang baru dan berbeda, membuat banyak orang rela meninggalkan pekerjaan dan kehidupan nyaman mereka, demi bisa merasakan traveling ke seluruh penjuru dunia. Traveling juga bisa menjadi alternatif terapi bagi Anda yang stress dan ingin sejenak lepas dari kesibukan dan kungkungan kehidupan sehari-hari. Luangkan waktu sejenak, ambil cuti, kemasi barang Anda dan pergilah traveling ke suatu tempat yang indah,untuk meredakan stress, dan beban fikiran.

Walau melakukan perjalanan untuk urusan bisnis, namun tetap saja traveling ini terasa menyenangkan apalagi bagi Anda yang belum pernah berpergian jauh sebelumnya. Perasaan terlalu bersemangat atau too exicted ini, kadangkala membuat banyak traveler pemula kurang teliti dalam melakukan persiapan sebelum berangkat traveling. Saking bahagia dan senangnya hendak traveling, ada hal-hal yang terlupakan saat melakukan persiapan sebelum perjalanan. Sebagai akibatnya, tak sedikit yang mengalami kerepotan, karena kurang mempersiapkan beberapa hal penting yang harus mereka lakukan sebelum berangkat.

Karena itulah untuk mencegah hal-hal yang kurang menyenangkan selama traveling ini, ada beberapa hal yang wajib Anda persiapkan sebelum berangkat. Pastikan melakukan checklist untuk segala sesuatu  yang Anda persiapkan sebelum melakukan traveling ini ya?

Buat daftar itinerary

Sumber: ricksteves.com

Membuat daftar itinerary ini hampir mirip dengan Anda mmebuat daftar hal-hal penting sebelum traveling. Buat daftar tempat-tempat mana saja yang mau dituju, pakaian apa saja yang harus dibawa, berapa lama mau traveling, anggaran dan juga lain sebagainya. Buatlah daftar itinerary sejelas mungkin, agar diketahui apa yang terlewatkan saat mempersiapkan perjalanan traveling ini. Pilih dan pilahlah mana yang penting, dan harus diprioritaskan saat Anda tengah traveling ini.

Tentukan waktu yang tepat

Bagi kita penduduk yang tinggal di daerah tropis, melihat salju adalah salah satu impian saat traveling ke negara subtropis. Karena itulah jika Anda punya rencana menikmati musim dingin, maka tentukan waktu yang tepat untuk traveling ini. Datang ke Eropa atau Amerika di bulan November atau Desember, adalah saat yang tepat untuk Anda melihat salju. Atau bagi yang ingin berangkat Umroh, pastikan saat traveling tak mendekati musim Haji karena saat itu kota Mekkah akan ditutup beberapa waktu demi menyambut jamaah dari berbagai penjuru dunia. Perhatikan pula suhu dan cuaca di destinasi traveling kamu. Cari informasi terpercaya mengenai kondisi cuaca dan iklim di destinasi tempat traveling Anda itu.

Booking tiket jauh-jauh hari

Salah satu hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum traveling, adalah booking tiket lebih awal sebelum keberangkatan. Dengan booking tiket jauh-jauh hari, resiko akan kehabisan tiket pastinya bisa dihindari. Sebelum booking tiket, cari tahu berpakah kisaran harga tiket moda transportasi yang Anda gunakan. Jangan pesan tiket menjelang lebaran atau liburan, ini karena saat itu sejumlah mode transportasi menaikkan biaya tiket angkutan mereka.  Dengan booking tiket jauh-jauh hari, Anda punya waktu yang sedikit lebih longgar untuk mempersiapkan traveling Anda. Untuk pesan tiket ini, Anda bisa datang ke travel agent langsung atau yang lebih praktis lagi melalui aplikasi traveling yang sedang in belakangan ini.

Persiapkan akomodasinya pula

Jika Anda ingin melakukan traveling dengan tujuan berwisata, sebaiknya persiapkan akomodasi bahkan sebelum melakukan perjalanan ini. Akomodasi ini meliputi hotel atau penginapan tempat Anda akan tinggal sementara. Apakah Anda akan tinggal di hotel berbintang dengan suite yang mewah, atau penginapan sederhana dan homestay yang lebih terjangkau. Cari tahu dan bandingkan harga-harga kamar hotel yang Anda inginkan. Perhatikan pula review dari orang-orang yang pernah tinggal, dan menggunakan fasilitas di tempat tersebut.

Setelah merasa pas, segeralah booking kamar hotel atau tempat penginapan Anda. Sama seeprti booking tiket, banyak apliaksi di smartphone yang untuk booking kamar hotel ini. Dengan booking hotel bahkan sebelum berangkat, paling tidak setelah lelah karena perjalanan Anda bisa langsung istirahat tanpa harus sibuk mencari-cari lagi tempat untuk beristirahat. Jika Anda traveling dengan menggunakan kendaraan sendiri, ada baiknya untuk melakukan service terlebih dahulu untuk memastikan kendaraan milik Anda siap dan layak dibawa traveling.

Jaga kondisi badan

Selain menyenangkan, yang namanya traveling itu juga melelahkan. Apalagi jika Anda traveling ke tempat yang sangat jauh, ke luar negri misalnya. Karena itulah sebelum berangkat, pastikan tubuh dalam kondisi fit dan prima. Ada baiknya sebelum berangkat, Anda melakukan medical check up apakah kondisi tubuh fit dan layak untuk perjalanan jauh. Banyak-banyaklah istirahat dan berolahraga ringan seperti jogging, bersepeda atau berenang untuk membuat tubuh selalu dalam jondisi prima. Dengan kondisi btubuh yang prima, traveling Anda akan lebih menyenangkan. Untuk yang traveling dengan menggunakan kendaraan sendiri, jangan paksakan diri mengemudi jika mata lelah dan mengantuk. Istirahtlah yang cukup terlebih dahulu, sebelum melanjutkan perjalanan dengan tubuh yang lebih bugar dan prima.

Siapkan obat-obatan

Sumber: news.sky.com

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu, sebelum traveling wajib mempersiapkan obat-obatan yang akan dibawa. Beberapa penyakit tertentu memang hanya bisa diatasi dengan obat dari resep dokter. Karena itulah datanglah dulu ke dokter langganan Anda, untuk meminta obat guna dibawa selama traveling.

Cek passport dan visa Anda

Untuk yang akan traveling ke luar negri, cek lah terlebih dahulu kelengkapan dokumen penting seperti passport, visa dan lain sebaginya. Passport Anda harus siap paling tidak 6 bulan, sebelum Anda melakukan perjalanan ke sebuah negara tertentu. Namun ada juga maskapai penerbngan yang menganggap passport itu valid hanya 6 bulan setelah Anda kembali ke rumah. Yang terpenting, pastikan passport Anda masih valid dan berlaku. Mengingat mengurus passport ini juga ribet, maka pastikan surat-surat berharga ini sudah siap jauh-jauh hari sebelum Anda berangkat traveling. Selain itu, visa juga jadi dokumen penting yang harus dipersiapkan. Namun sebelum itu cari tahu apakah negara tujuan Anda saat traveling ini membutuhkan visa atau tidak.

Titipkan rumah dan hewan peliharaan

Jika Anda traveling bersama dengan seluruh anggota keluarga, jangan lupa untuk menitipkan hewan peliharaan Anda agar tetap terurus dan mendapat makan. Sekarang ini ada banyak kok pet hotel yang jasanya bisa digunakan untuk menitipkan hewan peliharaan Anda. Atau jika tidak, Anda bisa menitipkan hewan peliharaan kepada tetangga atau keluarga dekat. Selain hewan peliharaan, Anda pun sebaiknya menitipkan rumah pada tetangga atau orang terdekat. Jika rumah hendak ditingalkan dalam waktu yang lama, hubungi RT atau RW setempat dan tetangga dekat untuk tetap memastikan rumah dalam kondisi aman dari pencuri. Sebelum berangkat, pastikan pula Anda telah mematikan kompor dan peralatan eektronik lain, untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan terjadi.

Beli asuransi perjalanan

Setiap orang tentu berharap traveling mereka berjalan lancar dan juga tanpa hambatan. Namun yang namanya musibah terkadang memang tak bisa untuk dihindari. Karena itulah jauh-jauh hari sebelum traveling, pastikan Anda telah mempersiapkan asuransi perjalanan terlebih dahulu. Ausransi perjalanan ini bermanfaat untuk mengcover biaya tak terduga selama traveling, yang berhubungan dengan keselamatan Anda. Misalnya terjadi kecelakaan atau bencana, maka asuransi ini akan menjamin dan melindungi hal Anda serta ahli waris.

Persiapkan pula kartu kredit dan ATM Anda

Jika traveling ke luar negeri, maka mata uang negara tujuan wajib untuk dipersiapkan. Selain uang cash negara tujuan, Anda juga harus memperispkan keungan dalam bentuk lain. Credit card dan ATM bisa dibawa saat traveling ini. Meski begitu pastikan ATM yang Anda gunakan memiliki logo VISA atau Master Card, sehingga bisa digunakan secara global. Untuk kartu kredit, Anda bisa melakukan set limit berapa biaya yang akan dipakai saat traveling agar tagihan tak mendadak membengkak dan membebani Anda. Karena itu sebelum berangkat traveling apalagi jika ke luar negri, sebaiknya datang dulu ke bank langganan untuk memastikan baik ATM atau kartu kredit Anda bisa digunakan secara internasional.

Foto copy semua dokumen dan surat-surat penting

Sebelum berangkat traveling, ada baiknya Anda melakukan foto copy dokumen dan surat penting yang Anda bawa. Dokumen yang sebaiknya difoto copy itu seperti passport, visa, tiket pesawat dan identitas pribadi. Selain hard copy yang wajib untuk Anda simpan dengan baik, pastikan Anda memiliki soft copy dokumen penting itu dalam bentuk file yang bisa disimpan di email atau Dropbox. Memiliki copy dokumen baik dalam bentuk fisik atau file akan membantu jika passport, tiket dan dokumen penting Anda hilang saat traveling. Dengan memiliki salinannya, paling tidak pengurusan dokumen ini jadi lebih simple dan tak berlangsung lama.

Perhatikan provider komunikasi Anda

Beberapa daerah di Indonesia memang masih belum sepenuhnya terjangkau oleh jaringan tekomunikasi. Hanya beberapa provider saja yang berkualitas baik dan bisa digunakan. Karena itulah tak ada salahnya bagi Anda untuk mempersiapkan provider yang lebih bersahabat dan bisa digunakan di tempat tujuan. Selain untuk memudahkan Anda berkomunikasi dengan keluarga yang ditinggalkan, Anda juga masih bisa menikmati jaringan internet dan social media. Hal ini berlaku pula jika Anda melakukan traveling ke luar negri. Anda bisa memilih untuk menggunakan provider dalam negeri, namun tentunya akan mematok biaya yang mahal sekali saat digunakan di mancanegara. Atau solusinya Anda menggunakan provider di negara tujuan. Untuk jaringan internet, Anda bisa memanfaatkan WiFi portable atau kartu paket data di negara tujuan Anda saat traveling ini.

Persiapkan makanan jika perlu

Untuk yang traveling di dalam negeri, mungkin tak ada hambatan untuk menikmati kuliner di daerah-daerah lain di Indonesia. Namun bagaimana jika Anda traveling ke luar negeri? Untuk beberapa orang, kuliner di beberapa tempat di Asia seperti Korea, Jepang dan Thailand masih bisa diterima lidah orang Indonesia. Namun berbeda jika Anda traveling ke Eropa atau Amerika. Beberapa orang mengaku tak cocok dengan kuliner lokal yang memang irit bumbu, dan tak menggunakan banyak rempah seperti di indonesia. Karena itu Anda bisa mempertimbangkan untuk membawa makanam ringan khas Indonesia, sebagai jaga-jaga jika lidah tidak cocok dengan kuliner lokal setempat. Dewasa ini banyak makanan khas Indonesia seperti sambal goreng dan rendang dalam bentuk kering, yang bisa dibawa sebagai bekal traveling ke luar negeri.

316

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here