Sumber: dmv.com

Paspor menjadi dokumen super penting dan vital, ketika Anda melakukan perjalanan atau traveling ke luar negeri. Karena paspor, Anda bisa gagal berangkat keluar negeri. Karena paspor pula, Anda juga bisa terhambat pulang ke negeri sendiri. Dikarenakan ukurannya yang memang tak terlalu besar, passpor sendiri rawan hilang atau terselip. Apalagi jika Anda adalah termasuk orang yang sembrono dan kurang teliti.

Bisa saja saat packing paspor terselip, atau ketinggal di kamar hotel tempat Anda menginap. Atau sialnya lagi, paspor Anda bisa hilang karena dicuri orang. Saat traveling ke luar negeri, Anda memang harus hati-hati menjaga tas berisi identitas pribadi termasuk paspor ini. Bisa saja ada orang tak bertanggung jawab yang tak hanya mengincar harta benda, tapi juga paspor Anda. Bahkan di beberapa belahan dunia ini, ada jaringan pencurian passpor tingkat internasional yang mengincar para traveller yang lalai dan tak memperhatikan keamanan barang bawaan mereka.

Mengingat paspor adalah dokumen penting dalam setiap perjalanan keluar negeri, wajib bagi traveller untuk menjaga buku kecil ini agar tidak hilang atau terselip. Paspor yang hilang saat sebelum traveling ke luar negeri, masih bisa dirurus di negeri sendiri sebelum Anda berangkat traveling. Tapi bagaimana jadinya jika paspor tersbut hilang saat Anda sedang traveling ke luar negeri? Panik tentu itu hal pertama yang dirasakan.

Tanpa paspor, Anda tentu tak bisa keluar dari negara dimana Anda traveling sebelumnya. Anda tentu bisa mengurusnya di negara dimana paspor itu hilang. Namun tentu saja prosesnya tak semudah dan secepat jika paspor itu hilang di negeri sendiri. Bisa saja Anda terpaksa harus ditinggalkan rombongan, yang akan pulang lebih dahulu ke Indonesia. Otomatis menambah waktu stay beberapa hari di sana, Anda harus mengeluarkan uang ekstra pula sambil menunggu paspor pengganti selesai diurus.

Karena itulah jika Anda tak ingin direportkan mengurus paspor yang hilang saat traveling, ada banyak hal yang harus dilakukan untuk menjaganya tetap aman. Apalagi jika Anda tengah traveling ke mancanegara, menjaga paspor harus menjadi priorotas utama selain menjaga diri sendiri dan juga barang berharga lainya. Dikutip dari berbagai sumber, inilah beberapa tips untuk menjaga paspor tetap aman dan tak jadi incaran pencuri.

Pastikan paspor selalu Anda bawa kemana saja

Saat traveling ke luar negeri, pastikan paspor tak “terpisah” dari tubuh Anda. Anda masih bisa meninggalkan paspor di kamar hotel, namun pastikan di dalam brankas yang terkunci rapat. Pastikan paspor Anda ini dimasukkan ke dalam tas yang selalu Anda tenteng kemana-mana terutama selama perjalanan. Jangan lepaskan tas paspor ini dari tubuh Anda. Saat ini banyak sekali tas untuk traveling yang bentuknya kecil yang ringkas, dan bisa dibawa kemana saja tanpa harus merepotkan penggunanya. Jangan pula titipkan tas tersebut pada orang yang baru dikenal selama traveling, sebab banyak oknum jahat yang kadang menyamar sebagai traveller untuk mengecoh orang yang kurang waspada.

Samarkan paspor Anda

Sumber: williamshandmade.com

Membawa paspor ke mana saja memang aman. Namun karateristik atau sampul depan paspor ini mudah untuk dikenali secara kasat mata, dan membuat rawan Anda jadi target incaran orang tak bertanggung jawab. Karena itu tak ada salahnya untuk “menyamarkan” paspor Anda dengan travel wallet atau passport holder. Dua benda ini cukup efektif untuk digunakan menyimpas paspor, karena bentuknya yang ringkas dan tidak terlalu mencolok. Selain paspor, Anda juga bisa menyimpan uang cash atau kartu kredit di kedua benda tersebut, meski hal ini juga tidak begitu disarankan. Meskipun bentuknya kurang mencolok dan kadang malah mirip buku agenda biasa, namun bukan berarti Anda bisa lengah dan meletakannya sembarangan. Tetap waspada dan pastikan travel wallet atau passport holder ini selalu ada di dekat Anda.

Jangan tunjukkan paspor sembarangan

Untuk berjaga-jaga, jangan keluarkan atau tunjukkan paspor Anda sembarangan. Sebagaimana diketahui, Anda wajib untuk menunjukkan paspor ini saat hendak naik pesawat, melewati perbatasan suatu negara tertentu, atau kebijakan hotel yang mengharuskan konsumen untuk menunjukkan paspor terlebih dahulu sebelum check in. Namun jika Anda diminta untuk menunjukkan paspor tanpa alasan yang jelas, Anda patut untuk curiga. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya bawalah salinan atau copy dari paspor ini kemana saja. Jadi jika Ada yang meminta untuk menunjukkan paspor tapi Anda mencurigai oknum tersebut, tunjukkan saja copy dari paspor resmi yang Anda miliki ini.

Simpan baik-baik paspor Anda

Sama seperti gadget, Anda tak boleh memasukan paspor di bagasi barang bawaan saat traveling. Mengikuti prinsip pertama diatas, paspor tak boleh jauh-jauh dari jangkauan Anda. Karena itulah Anda tidak boleh memasukkan paspor dalam koper yang masuk ke bagasi pesawat. Saat dikamar hotel, jangan letakkan paspor sembarangan diatas meja. Masukkan paspor ke brankas bila ada. Namun bila tidak ada brankas, tanyakan apakah pihak hotel punya kotak penyimpanan pribadi untuk menyimpan paspor ini. Jika Anda berjalan-jalan di suatu tempat yang terkenal dengan copet atau pencuri, sebaiknya tinggalkan paspor Anda terkunci aman di brankas dalam kamar hotel. Saat keluar bawalah copy dari paspor dan kartu identitas lain, sebagai jaga-jaga agar paspor Anda tak jadi incaran orang jahat.

Buat salinan paspor Anda

Sebelum berangkat, ada baiknya Anda membuat salinan pasor dan dokumen penting lain seperti kartu identitas ataupun visa. Buatlah sejumlah fotocopy paspor yang sebagian lagi untuk dismpan jika keadaan darurat, dan sebagian lagi bisa di bawa kemana saja saat traveling. Tak hanya itu, ada baiknya Anda menyimpan salinan dalam bentuk file yang bisa disimpan di flashdisk, email ataupun dropbox. Jadi selain paspor asli yang dibawa saat traveling, anda juga harus memeprsiapkan hard copy dan soft copy salinan dokumen penting ini. Jadi jikalaupun paspor Anda yang asli benar-benar hilang, maka Anda masih punya salinanya dalam bentuk foto copy atau file. Salinan ini bisa sangat bermanfaat untuk mengurus paspor yang hilang saat traveling ke luar negeri.

Jangan lengah

Ketika diminta untuk menunjukkan paspor yang asli, jangan sampai lengah dan tak memperhatikan paspor yang tengah diperiska atau ditunjukkan pada petugas. Kadangkala, ada petugas kepolisian yang meminta identitas lain dari traveller yakni dalam bentuk paspor ini. Jika mereka meminta paspor yang asli, pastikan Anda tidak lengah dan mengalihkan pandangan sedetik pun dari dokumen penting ini. Selain itu, jangan pula meletakkan paspor secara sembarangan ketika Anda sedang traveling. Jangan pikir tempat ramai selalu aman dari pencuri paspor ya. Tak jarang di tempat ramai itulah paspor Anda justru rawan dicuri oleh orang tak bertanggung jawab. Karena itulah jangan lengah atau meletakkan paspor secara sembarangan, meski tempat tersebut terlihat aman bagi Anda.

Pisahkan paspor dari uang cash dan kartu kredit Anda

Jika Anda tidak memiliki travell wallet atau passport holder, sangat tidak dianjurkan untuk meletakkan paspor jadi satu dengan uang cash atau kartu kredit Anda. Bisanya selain paspor, pencuri atau copet akan mengincar uang cash dan dompet dari traveller. Karena itulah jika Anda meletakkan paspor jadi satu dengan dompet dan uang cash, maka kerugian dobel bisa Anda alami. Selain kehilangan uang dan kartu kredit, paspor pun ikut lenyap dari genggaman Anda. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya Anda tak meletakkan paspor jadi satu dengan uang cash atau dompet Anda. Anda bisa memasukkan paspor ke tas kecil, dan dompet di saku Anda. Atau jika tidak, sebaiknya tingalkan saja paspor terkunci aman di brankas kamar hotel, dan bawa salinannya saja saat sedang jalan-jalan.

Jaga paspor dari kerusakan

Layaknya benda lain yang terbuat dari kertas, paspor akan rusak jika terkena udara yang terlalu lembab atau basah. Karean itulah sebaiknya paspor tidak dibawa jika Anda melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air, seperti bermain-main di pantai atau taman hiburan air misalanya. Tak hanya itu pastikan tempat penyimpanan paspor selalu kering dan tidak lembab. Jaga juga paspor dari hewat pengerat, yang mungkin saja bisa menimbulkan kerusakan pada dokumen Anda itu. Jika Anda melakukan traveling dengan cara backpacker, gunakan paspor holder yang anti air atau masukkan dalam plastik sebelum disimpan di dalam tas Anda. Selain itu jangan letakkan paspor di dekat gelas air minum, atau menjadi satu dengan botol air mineral di dalam tas Anda.

Jauhkan paspor dari jangkauan anak-anak

Sumber: sobagallery.com

Untuk menjaga paspor tetap aman dan tidak rusak, sebaiknya jangan biarkan pula buah hati Anda bermain-main dengan dokumen penting ini. Anda mungkin pernah mendengar kisah seorang ayah di Jepang yang gagal berangkat ke luar negeri, karena putrinya menggambari foto ayahnya di paspor. Sebagai akibatnya, wajah sang ayah sudah tidak bisa dikenali lagi di foto paspor itu. Anda tentu tak ingin kejadian ini menimpa Anda bukan? Selain itu bisa saja paspor itu tak sengaja robek ketika buah hati memainkanya. Karena itulah sebagai orang tua, Anda wajib untuk menyimpan paspor ini jauh-jauh dari jangkauan buah hati.

Selipkan alamat dan nomor telepon Anda

Jika Anda memang harus membawa paspor yang asli kemana saja, ada baiknya untuk menyelipkan nomor telpon dan lokasi hotel Anda menginap. Tulislah di sebuah kertas kecil, lalu selipkan di dalam paspor milik Anda ini. Jadi misalnya apspor Anda ketinggalan di suatu tempat atau jatuh, maka orang bisa tahu bagimana menemukan Anda untuk mengembalikannya.

Jika paspor hilang

Segala usaha telah dilakukan untuk menjaga paspor aman, namun ternyata nasib berkata lain. Paspor Anda tetap hilang atupun dicuri. Jika ini sudah terjadi, jangan panik terlebih dahulu. Langsug hubungi pihak yang berwajib untuk melaporkan kehilangan Anda ini. Selain polisi, Anda juga wajib Anda juga wajib melaporkan kehilangan paspor ini, ke pihak kedutaan-kedutaan besar negara yang pernah memberikan Anda visa.

Selain datang langsung ke kedutaan, ada juga layanan melalui telpon di mana pihak kedutaan akan memberi tahu Anda langkah apa yang harus dilakukan jika paspor Anda ini hilang. Saat melaporkan kehilangan paspor ini, ceritkan kronologinya secara detail dan terperinci. Pihak kedutaan akan memberikan saran terbaik mengenai langkah apa yang musti dilakukan saat paspor yang Anda miliki ini hilang. Mereka pun akan membantu untuk mengurus pelaporan kehilangan ini ke pihak kepolisian. Selain itu jika Anda punya salinan pasor dalam bentuk file atau hard copy, Anda bisa memperlihatkannya pada pihak kedutaan untuk diurus dan dibuatkan paspor pengganti.

921

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here