Liburan di Musim Hujan

Liburan namun sedang musim hujan tentu akan membuat hari terlihat jelek karena harus basah-basahan di saat berlibur. Ditambah lagi banyak orang yang memiliki keterbatasan waktu libur karena masalah jatah cuti atau waktu liburan yang terbatas. Hal ini membuat sebagian orang terpaksa melakukan liburan pada musim yang kurang nyaman seperti long weekend yang super ramai atau saat musim hujan yang membatasi kegiatan outdoor.

Namun, pada kenyataannya liburan di musim hujan tidak kalah menyenangkan untuk dicoba. Kalau kamu salah satu orang yang terpaksa untuk liburan di saat musim hujan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar momen liburan terasa sama menyenangkannya seperti di saat cuaca cerah. Yuk, disimak!

  1. Membawa tas yang tahan air

Untuk melindungi barang bawaan selama liburan dari air hujan, gunakan tas anti air. Bila perlu lengkapi juga dengan cover bag. Dengan demikian kamu bisa berjalan di tengah hujan tanpa perlu khawatir tas dan isinya akan menjadi basah kuyup kemudian lembab, bau, serta rusak.

Bila kamu masih kurang yakin dengan ketahanan tas tersebut terhadap tetesan air, sebaiknya masukkan barang elektronik seperti handphone dan powerbank serta dokumen-dokumen penting ke dalam kantong kedap air yang sudah banyak dijual di pasaran.s

  1. Cari tahu promo di saat musim hujan

Mencari promo liburan
Mencari promo liburan

Banyak wisatawan yang menghindari liburan di saat musim hujan. Dengan demikian, sejumlah pihak transportasi massal dan penginapan akan kekurangan konsumen. Di saat seperti inilah mereka akan memberikan promo menarik untuk menarik konsumen.

Kamu yang terpaksa liburan di musim hujan bisa menghibur diri dan menghemat budget dengan memanfaatkan promo tersebut. Agar tidak ketinggalan info promo tersebut, ikutilah akun-akun media sosial sejumlah hotel atau berlangganan newsletter mereka. Jika kamu beruntung, saat mencari hotel di website online booking bisa saja menemukan hotel dengan tarif yang jauh dari harga normal tanpa syarat dan ketentuan apapun.

  1. Memilih tempat wisata

Tahukah kamu kalau beberapa tempat wisata justru akan terlihat indah di saat musim hujan? Misalnya air terjun di beberapa tempat di Indonesia. Pada musim kemarau, air akan mengering sehingga air terjun tidak tampak. Sedangkan pada musim hujan, debit air akan bertambah banyak dan air terjun pun terlihat indah.

Namun, karena posisi tempat wisata ini berada di luar ruangan dan mungkin berada di tempat tersembunyi, kamu harus berhati-hati saat melakukan trekking agar tidak tergelincir akibat hujan. Jangan ragu untuk menyewa jasa pemandu yang sudah memahami kawasan tersebut ya.

Kalau hujan turun, sebaiknya kamu beralih ke tempat wisata yang ada di dalam ruangan seperti museum dan pusat perbelanjaan. Kalau mau lebih kekinian, kamu bisa melakukan café hopping alias nongkrong dari satu kafe ke kafe lainnya yang sedang populer dan memiliki banyak spot foto.

  1. Tidak boleh takut basah

Saat liburan di musim hujan, kamu tidak boleh takut basah bahkan kotor-kotoran. Terkadang momen tersebut akan menambah pengalaman, pembelajaran, dan kesenangan sendiri.

Main basah-basahan tidak akan membuatmu sakit begitu saja asalkan kamu memiliki tubuh yang fit. Biasakan untuk minum vitamin secara rutin, makan teratur, serta mengonsumsi madu untuk menjaga daya tahan tubuh. Sesudah main basah-basahan, jangan lupa untuk membasuh dan mengeringkan tubuh dengan benar. Bila perlu minum jahe agar suhu tubuh terjaga.

  1. Mempersiapkan segala sesuatu yang tak terduga

Pada setiap kesempatan, kamu harus mempersiapkan segala sesuatu yang tak terduga termasuk saat liburan di musim hujan nanti. Musim hujan identik dengan angin kencang, badai, tanah longsor, dan banjir. Hal tersebut bisa saja membuat jadwal penerbangan dibatalkan atau jalanan yang ingin kamu lalui ditutup selama berhari-hari.

Seandainya penerbanganmu dibatalkan dan rencana perjalanan darat gagal dilaksanakan karena masalah cuaca ini, sebaiknya jangan memaksakan diri karena ini menyangkut keselamatan. Hal yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah mencari tahu proses refund tiket, kompensasi, serta membatalkan kamar hotel yang sudah dipesan. Carilah tempat wisata lain yang mudah dijangkau dan aman dari serangan cuaca buruk untuk menyenangkan diri.

  1. Sedia payung dan jas hujan

Selalu sedia payung saat bepergian
Selalu sedia payung saat bepergian

Selalu sedia payung sebelum hujan. Meski di ramalan cuaca pada hari itu tidak akan terjadi hujan, sebaiknya kamu tetap membawa payung karena cuaca tidak mudah ditebak. Bila malas memegang payung, bawalah jas hujan agar lebih mudah bergerak saat menggunakannya.

Bagaimana, apakah kamu sudah siap untuk liburan di musim hujan?

91

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here