Magelang tempat kuliner
Magelang tempat kuliner

Ketika menyebut kawasan Magelang, mungkin hanya sedikit orang yang tahu tentangnya. Padahal Magelang menjadi lokasi dari keberadaan Candi Borobudur yang terkenal di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan orang sering menyebut Candi Borobudur ada di Yogyakarta. Magelang sendiri adalah sebuah kawasan yang jaraknya sekitar 45 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Selain Candi Borobudur, Magelang juga memiliki banyak tempat wisata lain seperti Punthuk Setumbu, Gereja Ayam, Hutan Pinus Kragilan, Ketep Pass, Bukit Grenden, Candi Mendut, dan masih banyak lagi. Kuliner di Magelang pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Di sini ada banyak tempat makan yang menyajikan nuansa tradisional dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Yuk, simak daftarnya berikut ini!

  1. Joglo Ndeso Restoran dan Kebun Hidroponik

Zaman sekarang masyarakat sudah mulai peka dengan gaya hidup sehat, salah satunya mengonsumsi sayuran bebas pestisida. Hal ini bisa kamu temukan di Joglo Ndeso Restoran dan Kebun Hidroponik.

Bangunan rumah makan ini menyerupai Rumah Joglo. Di bagian depannya ada taman bermain anak yang diisi dengan ayunan dan jungkat-jungkit. Rumah makan yang satu ini cocok untuk kumpul keluarga karena berkonsep saung-saung pribadi yang dikelilingi kolam.

Di sini ada kebun hidroponik yang hasilnya digunakan sebagai bahan masakan. Beberapa sayuran yang bisa kamu temukan di antaranya kangkung, selada air, cabai, kale, labu, dan aneka buah. Menu yang ditawarkan di sini adalah menu khas Indonesia seperti ayam goreng, gado-gado, aneka olahan ikan, dan lainnya.

Lokasinya ada di Dusun Kuthan, Desa Sedayu, Kecamatan Muntilan dan buka dari jam 8 pagi hingga 8 malam. Harga menunya dimulai dari 20 ribu rupiah.

  1. Villa Sumbing French Restaurant

 

Villa Sumbing French Restaurant
Villa Sumbing French Restaurant

(Sumber: TripAdvisor)

Menikmati hidangan ala Eropa di tengah nuansa pedesaan? Momen ini bisa kamu dapatkan kalau berkunjung ke Villa Sumbing French Restaurant. Restoran yang satu ini dimiliki seorang koki asal Perancis dan seorang wanita asli Magelang. Dibutuhkan waktu 30 hingga 45 menit dari pusat kawasan Magelang dan harus melewati jalan kecil untuk sampai ke lokasi. Bangunan restorannya menyerupai sebuah pendopo yang dikelilingi dengan pemandangan Gunung Merbabu dan sawah.

Menu yang ditawarkan di sini cukup menarik, di antaranya pizza, French soup, roast beef, rib eye steak, turkey steak, dan hidangan ala Eropa lainnya. Lokasinya berada di Jalan Raya Kalegen, Bandongan dan buka pukul 7 pagi hingga 9 malam. Harga menunya dimulai dari 65 ribu rupiah.

  1. Sekar Kedhaton

Tempat makan dengan nuansa tradisional berikutnya adalah Sekar Kedhaton. Di sini kamu tidak hanya dibawa kembali ke masa lampau, tapi juga akan merasakan nuansa ala bangsawan Jawa karena tempatnya begitu etnik dan cantik. Secara keseluruhan bangunan Sekar Kedhaton ini dibuat bergaya arsitektur Joglo dan dikelilingi hamparan sawah. Terdapat juga sebuah hall yang bisa dimanfaatkan sebagai area meeting, gala dinner, gathering, hingga pernikahan.

Menu yang dihadirkan di sini adalah perpaduan Jawa, Asia, dan Barat. Salah satu menu andalannya adalah Lumpia Gudeg yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Bagian luarnya renyah dan di dalamnya manis dan gurih. Lokasinya berada di Jalan Raya Borobudur KM 2.5, Mungkid dan buka pukul 9 pagi hingga 9 malam. Harga menunya berkisar dari 7 ribu hingga 50 ribu rupiah.

  1. BS Resto

BS Resto
BS Resto

(Sumber: BS Resto)

Restoran berikutnya adalah BS Resto yang berada di satu komplek dengan pusat kerajinan perak Borobudur Silver. Lokasinya cukup strategis karena dekat Candi Borobudur dan membuat BS Resto sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Bangunan restoran terdiri atas beberapa bagian. Bagian pertama adalah area pintu masuk yang menjadi tempat pajang aneka barang-barang antik. Di bagian kedua ada ruangan untuk meeting.

Restoran ini tidak menggunakan AC, namun kamu tidak perlu khawatir karena di sekelilingnya ada banyak tanaman hijau yang menyejukkan suasana. Ventilasinya pun ada banyak sehingga sirkulasi udara tetap berjalan. Di sana kamu juga bisa memancing di saung-saung yang sudah disediakan sambil menikmati pemandangan Gunung Menoreh dan Gunung Sumbing. Menu yang disajikan adalah menu Asia dan Barat seperti ikan bakar, udang bakar, nasi goreng, dan masih banyak lagi.

Lokasinya ada di Jalan Mayor Kusen KM 2.4, Mungkid, Pabelan dan buka pukul 8 pagi hingga 5 sore. Harga menunya berkisar dari 20 ribu hingga 100 ribu rupiah

112

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here