Sumber: Passport Index

Berlibur ke luar negeri kini menjadi hal yang mudah. Pengurusan paspor kini sudah lebih mudah dibandingkan dengan jaman dulu. Mau pergi tanpa menggunakan jasa tur juga bisa karena berbagai informasi mengenai negara tujuan bisa diperoleh dengan mudah melalui internet. Ditambah lagi dengan promo tiket pesawat yang sering diadakan sejumlah maskapai penerbangan.

Namun, yang kerap ditakuti oleh masyarakat Indonesia adalah perihal pengajuan visa. Pemegang paspor Indonesia hanya bisa mengunjungi 57 negara bebas visa, selebihnya harus mengurus visa di kedutaan besar negara terkait seperti Amerika Serikat, negara-negara Eropa, Australia, dan lainnya.

Bagi kamu yang ingin berlibur ke luar negeri tanpa direpotkan untuk mengurus pengajuan visa, yuk kunjungi 7 negara Asia bebas visa berikut ini!

Singapura

Negara yang luasnya kurang dari luas kota Jakarta ini tidak bisa dipandang sebelah mata dalam urusan pariwisata. Keragaman budaya, deretan gedung, dan alam yang berdiri berdampingan ini menjadi daya tarik para wisawatan mancanegara termasuk wisatawan Indonesia. Beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah Universal Studio Singapore, Gardens By the Bay, Safari River, Merlion Park, kawasan Bugis, kawasan China Town, Little India, dan sejumlah pusat perbelanjaan lainnya. Perjalanan dari Jakarta ke Singapura menggunakan pesawat tanpa transit hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam.

Malaysia

Sumber: My Little Adventure

Negara yang berdampingan dengan wilayah Republik Indonesia ini memiliki beberapa kemiripan pada aspek etnis, budaya dan kuliner. Meski demikian, kamu tidak akan bosan ke sana karena suasananya yang berbeda dengan Indonesia. Saat berkunjung ke Malaysia, ada beberapa tempat yang harus didatangi. Di antaranya adalah Legoland, Menara Kembar Petronas, Sunway Lagoon, Melaka, dan Pulau Langkawi. Perjalanan dari Jakarta ke Malaysia menggunakan pesawat tanpa transit membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam.

Thailand

Mendengar negara Thailand disebut, yang akan langsung muncul di pikiran kita adalah kuliner dan belanja. Kuliner khas Thailand yang wajib dicicipi adalah ketan mangga dan durian Bangkok. Sedangkan untuk urusan belanja, kamu bisa melipir ke Platinum atau Chatuchak Weekend Market. Harganya dijamin murah.

Tidak heran banyak kaum hawa yang kopernya kelebihan muatan karena kalap belanja di Thailand. Untuk urusan tempat wisata, ada banyak tempat menarik seperti Asiatique, Nong Nooch Tropical Garden, The Grand Palaca, Madame Tussauds Wax Museum, Wat Arun, Wat Pho, Santorini Park, Alcazar Show, Phuket, Krabi, dan masih banyak lagi. Perjalanan dari Jakarta ke Bangkok menggunakan pesawat tanpa transit membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam.

Filipina

Filipina adalah sebuah negara kepulauan sama seperti Indonesia. Jika berkunjung ke sini, kamu wajib menikmati wisata alam di sini. Bagi pecinta olahraga air, cobalah bermain selancar di Pulau Siargao lebih tepatnya di perairan Palawan atau bermain arung jeram di sungai-sungai berarus deras di Pulau Luzon.

Bosan hanya bermain di alam? Kamu bisa menikmati budaya dan sejarah Filipina. Sebagai salah satu negara jajahan Spanyol, Filipina banyak memiliki peninggalan sejarah berupa gereja Katolik tua yang dibangun dengan arsitektur Spanyol. Salah satu gereja yang cukup terkenal adalah San Agustin Church. Perjalanan dari Jakarta ke Manila menggunakan pesawat tanpa transit membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam.

Vietnam

Berlibur ke Vietnam masih terdengar kurang familiar di telinga wisatawan Indonesia karena kurangnya jumlah tempat wisata yang menarik pengunjung. Vietnam tampaknya lebih cocok untuk wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati suasana dan kegiatan warga setempat. Jika ingin mengunjungi tempat wisata, berkunjunglah ke pantai-pantai yang ada di kawasan Nha Trang dan Halong Bay. Untuk masalah kuliner, Vietnam terkenal memiliki hidangan yang kaya rempah-rempah dan nikmat. Jangan lupa untuk mencicipi pho, sup bening dengan taoge dan daging sapi yang menyegarkan. Perjalanan dari Jakarta ke Hanoi menggunakan pesawat membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam atau lebih tergantung dari lama transit.

Myanmar

Para wisatawan pecinta budaya akan dimanjakan setibanya di Myanmar. Negara ini memiliki banyak pagoda yang religius. Para pecinta pantai pun bisa sepuasnya menikmati pantai cantik dengan pasir putih bersih. Hampir sama seperti kebudayaan di Indonesia yang beragam, kamu bisa menemukan berbagai kebudayaan di Myanmar karena ada banyak suku yang tinggal di sini. Sebut saja seperti China, India, Bangladesh, Laos, dan Thailand. Perjalanan dari Jakarta ke Myanmar menggunakan pesawat membutuhkan waktu kurang lebih 9 jam dengan satu kali transit.

Hongkong

Sumber: Sassy Mama Hong Kong

Tidak puas hanya berkeliling di Asia Tenggara? Yuk, beralih ke Asia Timur! Salah satu negara Asia Timur yang bebas visa adalah Hongkong. Saat berkunjung ke sini cobalah menaiki tram bertingkat untuk mengelilingi kota yang dipenuhi bangunan tua dan gedung modern. Untuk urusan belanja, kamu bisa pilih mau belanja barang bermerk di mal atau belanja murah meriah di pasar setempat. Dari Hongkong, kamu juga bisa mampir ke Makau untuk menikmati kasino, reruntuhan gereja St. Paul, dan wisata kuliner. Perjalanan dari Jakarta ke Hongkong menggunakan pesawat membutuhkan waktu sekitar 5 jam.

772

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here