Sumber: Skyscanners Phillipines

Masing-masing negara memiliki ciri khas yang tidak bisa ditemukan di negara lain. Ciri khas tersebut bisa berupa kuliner, letak geografis, alam, hingga fauna. Tidak jarang ciri khas tersebut menjadi julukan bagi negaranya. Misalnya saja Thailand yang sering dijuluki sebagai Negeri Gajah Putih.

Sebenarnya dari mana sih asal-usul julukan tersebut? Yuk, simak pembahasan singkatnya berikut ini!

Negara Paman Sam – Amerika Serikat

Kamu pasti sering mendengar julukan Paman Sam untuk Amerika Serikat. Sebenarnya siapa sih Paman Sam ini? Paman Sam bukanlah penemu atau pejuang negara Amerika Serikat. Nama asli Paman Sam adalah Samuel Wilson, ia seorang pemasok daging di Amerika Serikat. Pada tahun 1812, Paman Sam menjadi pemasok daging bagi tentara Amerika Serikat yang sedang berperang.

Daging-daging tersebut dimasukkan ke dalam tong yang bertuliskan US alias Amerika Serikat, namun para tentara mengira tulisan US itu adalah singkatan Uncle Sam atau Paman Sam. Setelah itu, sejak 7 September 1813 Amerika Serikat mulai menggunakan nama Paman Sam untuk julukan negara.

Negara Minyak – Saudi Arabia

Sumber: Financial Times

Sebuah negara di Timur Tengah, yakni Saudi Arabia dikenal dengan julukan Negara Minyak. Tidak heran jika negara ini dijuluki demikian karena ia adalah negara penghasil minyak terbesar di dunia. Saking banyaknya, minyak yang dihasilkan oleh negara ini mampu menjadi sektor perekonomian utama bagi Saudi Arabia dan menjadikannya kaya raya. Sumber-sumber minyak bumi di Saudi Arabia ini mulai ditemukan sejak 3 Maret 1938.

Negeri Kanguru – Australia

Australia sering disebut sebagai Negeri Kanguru karena merupakan asal dari binatang kanguru. Kanguru adalah hewan mamalia yang memiliki kantong untuk menggendong anaknya dan melompat dengan 2 kaki belakangnya. Kanguru ini adalah hewan yang tidak mudah dijumpai di luar Australia. Di Indonesia sendiri, kamu sebenarnya bisa menemukan kanguru Papua tapi sangat sedikit jumlahnya. Ukurannya juga lebih kecil dibandingkan dengan kanguru Australia yang berukuran besar. Meski wujudnya menggemaskan, kangguru ini bisa melukai orang dengan tendangan atau tinjunya.

Negeri Tango – Argentina

Mendengar Argentina disebut yang langsung terpikirkan adalah Tarian Tango. Tarian Tango ini adalah sebuah kesenian tradisional yang sering ditemukan di Argentina, terutama di kota Buenos Aires. Tarian Tango sangat digemari karena memamerkan gerakan tubuh yang gemulai dan enerjik. Kostum untuk menarikan Tango ini juga sangat mewah. Tidak heran kalau tarian ini digemari di banyak negara, bahkan ada juga kompetisi kelas dunia yang diadakan setiap tahunnya.

Negara Kincir Angin – Belanda

Bagi masyarakat Indonesia, sudah tidak asing lagi dengan julukan Negara Kincir Angin untuk Belanda. Belanda mendapatkan julukan ini karena memiliki banyak kincir angin. Kincir angin ini memiliki peran yang sangat penting bagi Belanda. Seperti yang sudah kamu ketahui, 70% wilayah Belanda adalah lautan. Untuk memperluas wilayah daratan, Belanda mengeruk pantai dan membuat bendungan untuk menahan air laut. Kincir angin digunakan sebagai alat pembendung air sekaligus pengalih angin.

Jika kincir angin ini tidak berfungsi dengan baik, sebagian wilayah Belanda bisa terendam kembali.

Seiring berkembangnya teknologi, kincir angin tersebut tidak hanya digunakan sebagai pembendung air tapi juga teknologi pembantu di bidang pertanian dan industri.

Negeri Tirai Bambu – China

China dikenal sebagai Negeri Tirai Bambu. Ada 2 alasan pemberian julukan tersebut. Yang pertama adalah tirai karena China merupakan negara penganut paham sosialis dan tertutup dengan negara luar. Sedangkan bambu didapatkan dari sebuah tanaman bambu China yang berkualitas sangat baik dan sulit dipatahkan.

Negara Lumbung Padi – Filipina

Filipina sering disebut sebagai Negara Lumbung Padi karena terkenal dengan pertanian padi bukitnya. Pertanian ini sudah ada di Filipina sejak 2000 tahun lalu diperkenalkan oleh Suku Batad. Padi bukit ini ada di lereng Gunung Ifuago. Area pertanian yang luasnya mencapai 4 ribu mil persegi ini tidak menggunakan pupuk sama sekali dan diakui oleh UNESCO pada tahun 1995 sebagai warisan dunia.

Zamrud Khatulistiwa – Indonesia

Sumber: Raja Ampat Biodiversity

Indonesia adalah negara kepulauan yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Lebih tepatnya kota yang dilewati garis khatulistiwa itu adalah kota Pontianak di Kalimantan Barat. Kata Zamrud sendiri diperoleh karena jika dilihat dari langit, Kepulauan Indonesia ini memiliki banyak pohon sehingga warnanya hijau bagaikan batu zamrud. Julukan yang indah, ya?

Negeri 1001 Malam – Irak

Mendengar kata 1001 malam, kita pasti akan membayangkan kumpulan dongeng klasik yang berasal dari Irak. Negara Timur Tengah ini mendapat julukan Negeri 1001 Malam berdasarkan sebuah kisah yang pernah terjadi di jaman dahulu. Alkisah, ada seorang raja Persia yang menangkap basah istrinya selingkuh dengan pria lain. Raja tersebut memutuskan untuk menghukum pancung mereka. Namun, si pria selingkuhan menawarkan diri untuk menceritakan beberapa kisah setiap malamnya sebelum dipancung. Kisah yang disampaikan oleh pria tersebut selalu dibuat menggantung agar raja penasaran dan dia bisa mengulur waktu hukuman pancung.

1314

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here