Sumber: Info Promo Diskon

Selalu ada yang pertama kali untuk semua hal, termasuk berlibur ke Belitung. Untuk kamu yang akan menjejakkan kaki di Belitung dalam waktu dekat, tentu membutuhkan banyak persiapan matang agar liburan berjalan dengan lancar. Mulai dari penerbangan, akomodasi, makanan, hingga pilihan tempat wisata.

Oleh karena itu, kami telah merangkum beberapa hal yang bisa memandu kamu untuk merencanakan liburan ke Belitung dalam waktu dekat. Simak penjelasan singkatnya berikut ini!

Transportasi

Sumber: Tribun News

Bagi kamu yang berada di Pulau Jawa, cara termudah untuk tiba di Belitung adalah menggunakan pesawat terbang. Harga tiketnya memang agak sedikit lebih mahal jika dibandingkan membawa kendaraan pribadi dan menyeberangi lautan, namun bepergian dengan pesawat akan membantumu menghemat waktu perjalanan. Setibanya di Belitung pun kamu tidak akan merasa terlalu lelah. Pesanlah penerbangan menuju Bandara Tanjung Pandan. Dari Jakarta menuju Belitung hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja.

Setibanya di Belitung, kamu tentu harus memikirkan kendaraan apa yang akan digunakan untuk berpindah dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya. Pilihannya adalah menggunakan taksi atau menyewa mobil pribadi.

Jika ingin naik taksi, pastikan kamu menggunakan taksi resmi seperti Street Taxi yang tarifnya dihitung berdasarkan argo. Jika ingin menyewa mobil pribadi, pastikan sudah memesan mobil tersebut dari jauh-jauh hari supaya tidak perlu berebut dengan wisatawan lain. Saat ini kamu bisa dengan mudah menemukan tempat sewa mobil melalui internet.

Waktu yang tepat untuk berkunjung

Objek wisata yang paling sering dikunjungi selagi berada di Belitung adalah tempat wisata alam terutama pantai. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan waktu kedatangan. Pada bulan April hingga Oktober adalah musim kemarau di mana sepanjang waktu cuaca cukup cerah sehingga kamu bisa bermain hingga puas di pantai tanpa gangguan hujan. Yang menjadi masalah adalah ketika kamu harus naik kapal. Angin lautnya berhembus cukup kencang dan akan terasa sangat kuat untuk kamu yang mudah mengalami mabuk laut. Pastikan kamu membawa obat-obatan dan menjaga kesehatan tubuh agar bisa menjalani liburan dengan tenang.

Pada bulan November hingga Maret adalah musim hujan, cuacanya tidak akan terlalu panas dan angin bertiup tidak terlalu kencang. Sayangnya kamu harus siap merubah rencana kunjungan ke pantai atau berdiam di hotel ketika tiba-tiba hujan turun. Selain itu serangga akan banyak bermunculan sehingga kamu perlu melakukan pencegahan dengan membawa lotion anti serangga.

Bagi kamu yang tidak suka dengan keramaian, hindari bepergian pada musim liburan anak sekolah atau lebaran. Karena seluruh tempat wisata akan dipadati oleh pengunjung dan anak-anak yang berlarian ke sana ke mari.

Pilihan tempat wisata

Tempat wisata di Belitung ada banyak. Beberapa yang populer adalah Danau Kaolin, Museum Kata Andrea Hirata, dan Pulau Lengkuas. Agar tidak mainstream, coba simak rekomendasi dari kami berikut ini:

  • Gunung Kubing

Di Belitung, kamu bisa menemukan sebuah kolam pemandian alami di tengah gunung tepatnya di Gunung Kubing. Gunung Kubing ini memiliki ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan laut.

Kolam pemandian alami ini dikelilingi oleh banyak pepohonan sehingga suasananya begitu asri dan natural. Airnya mengalir di antara bebatuan, membuat pikiran terasa lebih rileks dan damai. Di kolam alami ini juga ada tepian dari batu di pinggir tebing yang menciptakan sensasi infinity pool.

  • Pulau Leebong
Sumber: Merah Putih

Di Belitung, kamu juga bisa merasakan suasana ala Maldives yang identik dengan jembatan kayu panjang di antara laut yang jernih dan berwarna biru. Sejauh mata memandang hanya ada pasir putih, laut lepas, hutan bakau, dan pepohonan yang menjadi tempat bertenggernya sejumlah burung liar.

Berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini adalah berenang, snorkeling, menyelam, bermain voli, banana boat, dan jet ski.

  • Pulau Batu Berlayar

Satu lagi pulau kecil yang ada di Belitung, Pulau Batu Berlayar. Di sini kamu akan menemukan batu-batu granit tersebar di tengah pantai dengan posisi berdiri tegak. Dari kejauhan, batu ini terlihat seperti layar perahu.

Hamparan batu-batu ini adalah objek foto utama saat berkunjung ke sini. Sudah puas berfoto dengan batu, temukan juga sejumlah bintang laut untuk berfoto bersama. Namun perlu diingat untuk tidak mengangkat mereka atau menyakitinya ya.

Akomodasi

Belitung sudah terkenal sebagai destinasi wisata favorit wisatawan dalam negeri. Untuk urusan akomodasi, kamu tidak perlu khawatir. Mulai dari guesthouse hingga hotel bintang lima bahkan resort mewah dengan pantai pribadi, semua bisa ditemukan di Belitung. Kamu hanya perlu menyesuaikan akomodasi dengan dana dan kebutuhan masing-masing.

Baca Juga: Pantai-pantai Indah Tersembunyi di Bali dan Belum Banyak Diketahui

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat merencanakan liburan ke Belitung. Selamat berlibur!

218

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here