Sumber: Lihat.co.id

Bicara tentang wisata di Sumatera Barat, kamu akan langsung teringat dengan Danau Toba. Padahal ada banyak tempat wisata lain dan kebudayaan setempat yang menarik untuk dieksplorasi. Misalnya saja mengunjungi kompleks rumah gadang atau pun gunung-gunung yang ada di Sumatera Barat.

Dengan naik pesawat dari Jakarta, kamu bisa tiba di Minangkabau dalam waktu 2 jam saja. Perjalanannya cukup singkat namun akan memberikan pengalaman yang menarik untuk para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Tidak perlu berlama-lama, langsung saja simak daftar tempat wisata dan kegiatan apa saja yang bisa kamu eksplorasi di Sumatera Barat berikut ini!

Nagari 1000 Rumah Gadang

Sumber: Takaitu

Nagari 1000 Rumah Gadang ini adalah sebuah kompleks yang berisi banyak rumah gadang, jumlahnya tidak mencapai 1.000 melainkan hanya 174 buah rumah saja. Para wisatawan bisa menginap di sini sambil merasakan pengalaman kebudayaan dan kegiatan sehari-hari warga setempat. Beberapa kegiatan menarik yang perlu diikuti di sini adalah menyaksikan tari tradisional hingga mempelajari adat istiadat setempat.

Rumah gadang sendiri memiliki ciri khas berupa atap runcing yang disebut dengan gonjong. Gonjong ini melambangkan tanduk kerbau sekaligus lambing suku asli Minangkabau.

Lembah Harau

Lembah Harau adalah sebuah tempat wisata alam yang memungkinkan kamu menyaksikan keindahan alam dalam aneka bentuk. Ada hamparan sawah, kolam alami, pegunungan, hingga air terjun yang akan menyambutmu di sini.

Lembah Harau sendiri berada di antara dua bukit. Kawasan ini dikelilingi oleh tebing-tebing granit yang tingginya mencapai 80 meter hingga 300 meter. Kehadiran tebing-tebing granit ini merupakan surga bagi para pecinta panjat tebing. Menurut orang yang sudah pernah melakukan panjat tebing di sini, konon tingkat kesulitannya setara dengan Lembah Yosemite yang ada di Amerika Serikat.

Bagi kamu yang tidak berani melakukan panjat tebing, tidak perlu khawatir karena kamu bisa hanya bersantai menikmati pemandangan alam sambil berfoto-foto.

Taruko Café & Resto

Taruko Café & Resto menawarkan pengalaman menikmati kuliner di tengah nuansa alam. Meski demikian, lokasinya tidak jauh dari pusat kota Bukittinggi. Hanya membutuhkan 20 menit berkendara untuk tiba di tempat ini.

Bangunan kafenya sendiri cukup unik karena berbentuk seperti rumah pohon. Sejauh mata memandang, kamu akan menemukan hutan lebat, perbukitan, hamparan sawah, lapangan, dan sungai. Di sekeliling tempat ini juga ada bangunan yang menyerupai rumah gadang.

Menu yang harus kamu coba saat berada di sini adalah Nasi Dendeng Batokok dan secangkir kopi hangat.

Lawang Adventure Park

Lawang Adventure Park adalah taman wisata yang menyediakan aneka hiburan bagi para wisatawan. Mulai dari piknik hingga menjajal olahraga paralayang, semua bisa dilakukan di sini. Pemandangan yang ada di tempat ini dijamin akan membuat semua orang yang melihatnya terpesona. Bagaimana tidak jika ada Danau Maninjau di hadapanmu?

Lawang Adventure Park ini juga merupakan spot yang seru untuk menikmati momen matahari terbenam. Agar lebih leluasa menikmati momen tersebut, para pengunjung bisa menginap di tempat yang sudah disediakan.

Air Terjun Lubuk Bulan

Air Terjun Lubuk Bulan terkenal dengan bentuk kolam airnya yang unik menyerupai bentuk bulan sabit. Kolam ini terisi berkat air terjun yang berada di ketinggian 50 meter. Di bagian bawahnya terdapat sebuah gua yang bisa kamu eksplor.

Suasananya begitu sejuk dan asri, dijamin kamu tidak akan tahan untuk tidak menceburkan diri ke dalam kolam. Tempat ini terbilang cukup aman untuk para wisatawan karena sudah ada pagar agar tidak mudah terjatuh ke dalam kolam.

Bukit Guguak Sarai

Sumber: Dennypedia

Menikmati pemandangan dari ketinggian memang tidak akan pernah habis keseruannya. Di Sumatera Barat, kamu wajib mendaki Bukit Guguak Sarai yang memiliki ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Dari puncak bukit ini kamu bisa menyaksikan betapa megahnya alam yang ada di Sumatera Barat ini. Ada hamparan sawah, area rumah penduduk, serta bukit yang berbaris rapi.

Meski tinggi, ternyata bukit ini terbilang mudah didaki dan kamu hanya akan menghabiskan waktu sekitar 10 hingga 20 menit untuk pendakiannya. Cocok untuk kamu yang hanya ingin bersantai menikmati udara segar dan mengumpulkan koleksi foto lanskap.

Pulau Pagang

Pulua Pagang termasuk dalam daftar pulau kecil nan alami yang belum diketahui oleh banyak orang. Pasir putih dan airnya yang jernih akan membuat kamu ingin segera turun dari kapal dan bermain di air. Keindahan alam bawah lautnya pun sangat mempesona karena dipenuhi terumbu karang dan beragam ikan cantik. Pastikan untuk snorkeling di sini ya. Karena belum diketahui oleh banyak orang, kamu bisa mendirikan tenda dan bermalam di sini.

Baca Juga: Traveling Ke Sumatera Utara, Jangan Lewatkan 9 Tempat Indah Sekitar Danau Toba

Penasaran dengan tempat wisata berikutnya? Nantikan daftarnya di bagian kedua!

401

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here