Sumber: Just Go La

Bintan selama ini dikenal sebagai kawasan wisata yang dipenuhi oleh resort-resort mewah dan dikelilingi oleh pemandangan pantai. Tempat ini memang sering dijadikan destinasi wisata bagi orang yang ingin mendapatkan ketenangan dan kenyamanan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Kebanyakan orang menganggap kegiatan yang bisa dilakukan di Bintan hanyalah bermain di pantai atau menikmati cocktail dari pinggir kolam renang saja. Kenyataannya, Bintan memiliki beragam tempat wisata yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Penasaran? Langsung saja simak daftar tempat wisata di Bintan berikut ini!

White Sands Island

Sumber: Tour From Bali

White Sands Island adalah sebuah resort di mana para tamunya bisa menikmati liburan dalam suasana serba tropis di pulau pribadi. Berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini adalah snorkeling, mengelilingi wilayah perairan menggunakan kayak, menantikan matahari terbenam sambil bermain ayunan, hingga bermalam ditemani dengan bintang-bintang.

Selain itu, kamu juga bisa berpartisipasi dalam pelepasan tukik atau bayi penyu menuju laut lepas. Untuk mengetahui jadwal pelepasan tukik, kunjungilah Facebook milik Nirwana Gardens.

Air Adventures Flying Club

Menikmati pemandangan alam dari tempat tinggi sudah biasa. Bagaimana jika menikmati pemandangan alam dari udara alias naik pesawat? Untuk mengelilingi udara Bintan, terbanglah bersama Air Adventures Flying Club.

Pesawat amfibi ini akan dikendarai oleh pilot berpengalaman selama puluhan tahun sehingga kamu cukup duduk manis dan menikmati keindahan alam selama penerbangan. Terlalu takut merekam diri sendiri saat berada di udara? Kamu bisa membayar lebih untuk mendapatkan rekaman selama penerbangan. Lumayan untuk kenang-kenangan, kan?

Gunung Bintan Adventure Trek

Dikelilingi oleh beragam pantai cantik bukan berarti Bintan tidak memiliki pegunungan. Gunung Bintan Adventure Trek ini hanya memiliki ketinggian 340 meter di atas permukaan laut. Untuk mendaki hingga ke puncak, kamu tidak membutuhkan waktu lama hanya sekitar 2 hingga 4 jam. Sepanjang jalur pendakian, kamu akan menemukan beragam satwa, tumbuhan, dan air terjun.

Wihara Patung 100 Wajah (Vihara Ksitigarbha Bodhisattva)

Di Bintan, kamu bisa dengan mudah menemukan beragam rumah ibadah dari berbagai kepercayaan. Salah satu rumah ibadah yang sering dikunjungi dan populer adalah Vihara Ksitigrabha Bodhisattva atau biasa lebih akrab dengan nama Wihata Patung 1000 Wajah.

Di bagian depan, kamu akan disambut dengan sebuah gerbang dari batu yang menyerupai pintu masuk sebuah kota di Tiongkok pada jaman kekaisaran dulu. Begitu masuk, kamu akan menemukan deretan ratusan patung murid Buddha dengan ekspresi wajah yang berbeda-beda. Patung seukuran manusia ini menarik jika disimak satu per satu karena tidak ada yang sama wajahnya. Di bagian bawah masing-masing patung, kamu akan menemukan nama dari patung tersebut.

Kelong Seafood Restaurant, Calypso Floating Bar

Apa yang para pengunjung butuhkan dari sebuah restoran? Makanan nikmat dan tentunya pemandangan plus interior cantik sebagai bonusnya. Ketiga hal tersebut bisa kamu nikmati di Kelong Seafood Restaurant dan Calypso Floating Bar.

Kelong Seafood Restaurant berada di sebuah bangunan berupa rumah panggung di tepi laut. Saat datang di sore hari menjelang matahari terbenam, suasananya begitu indah. Menu yang ditawarkan oleh restoran ini adalah hidangan seafood dengan citarasa Indonesia dan Cina. Kualitas seafoodnya tidak perlu diragukan karena hanya menggunakan bahan berkualitas dan segar.

Puas menyantap seafood, mampirlah ke Calypso Floating Bar yang ada di sebelahnya untuk menikmati cocktail dan iringan musik reggae.

Ria Bintan Golf Club

Sumber: Asian Golf

Biasanya arena bermain golf dikelilingi oleh pohon lebat, namun di Ria Bintan Golf Club yang ada adalah pepohonan dan pantai. Dijamin kamu tidak akan merasa bosan saat bermain di sini. Tidak peduli apakah kamu pro atau amatir, semua kalangan bisa menghabiskan waktu untuk bermain atau sekedar melatih kemampuan mengayunkan tongkat golf.

Trails of The Sea Gypsies

Nampaknya hanya sedikit orang yang mengetahui kehadiran Suku Laut di Bintan. Oleh karena itu ketika berkunjung ke Bintan, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi pemukiman Suku Laut dan mencari tahu segala sesuatu tentang kehidupan mereka. Suku Laut ini hidup nomaden dengan berkelana mengarungi lautan di Indonesia. Saat ini mereka sedang mendiami kawasan pesisir.

Meski Bintan sudah cukup melek teknologi, Suku Laut ini justru bertahan dengan gaya hidup tradisional. Mereka menempati rumah terapung dan membuat perahu tradisional tanpa bantuan mesin berat.

Tasik Rivers Bintan

Berkunjung ke pulau eksotis rasanya tidak lengkap jika tidak melakukan snorkeling atau diving untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Lokasi yang tepat untuk menikmati keindahan tersebut adalah Tasik Rivers Bintan. Airnya begitu jernih dan ada banyak biota laut yang akan menyambutmu di dalam air. Sediakan kamera anti air untuk mengabadikan keindahan alam bawah laut ini ya!

Baca Juga: Daftar Resort Pulau Pribadi di Indonesia yang Akan Memanjakan Dirimu

Tunggu apalagi, yuk buruan pesan tiket untuk liburan ke Bintan!

576

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here