Sumber: unitypoint.org

Di mana pun kamu berada, yang namanya menjaga kesehatan itu wajib hukumnya. Tak hanya saat di rumah saja, ketika traveling pun kamu wajib untuk tetap fit dan juga menjaga kesehatanmu. Namun tak bisa dipungkiri yang namanya kondisi badan drop dan kemudian jatuh sakit itu bisa menimpa siapa saja. Mungkin kamu merasa traveling dalam keadaan sehat dan fit, namun mendadak di tempat tujuan kondisi tubuh melemah dan akhirnya jatuh sakit. Jika sudah begini, tak ada yang bisa Kamu lakukan selain beristiraht atau memeriksakan diri ke dokter. Dan tentu saja sakit saat traveling adalah hal yang sangat menyebalkan sekali. Traveling yang seharusnya menyenangkan, jadi sangat menyebalkan karena kita mendadak jatuh sakit dan harus istirahat untuk beberapa waktu lamanya.

Karena itulah ada baiknya saat sebelum traveling, kamu memeriksakan kesehatan dan memastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima. Ikuti nasihat dokter jika kamu tak diizinkan traveling saat itu, maka sebaiknya jangan memaksakan diri untuk pergi. Selain itu mintalah sejumlah obat atau multivitamin untuk menjaga kesehatanmu saat traveling ini. Tak hanya itu jika kamu punya rencana traveling ke tempat yang jauh, maka sebaiknya kamu cukup beristirahat dan melakukan olah raga ringan untuk tetap menjaga tubuh selalu prima.

Meskipun begitu, yang namanya musibah kita memang tidak bisa menghindari. Kita sudah dinyatakan fit untuk melakukan traveling, sudah mengkonsumsi vitamin namun tetap saja kemudian jatuh sakit. Mungkin kamu heran apa yang salah sehingga mendadak sakit saat traveling ini. Ternyata seseorang bisa sakit saat traveling karena hal-hal kecil dan sepele yang tak pernah kamu duga sebelumnya. Mungkin saja kamu sakit karena kelelahan selama perjalanan, atau tak terbiasa dengan iklim dan suhu destinasi traveling kamu. Namun selain hal itu, ada juga loh beberapa hal yang tanpa disadari ternyata bisa jadi penyebab kamu jatuh sakit saat traveling. Apa saja itu?

Minum air keran di tempat umum

SumberL wikivoyage.org

Tak hanya di mancanegara, saat ini di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung salah satunya, menyediakan kran air bersih yang bisa langsung dikonsumsi oleh masyarakat umum. Konsep air minum seperti ini memang sangat mudah kita temui ketika traveling ke luar negri.  Air minum untuk umum atau tap water ini, memang disediakan untuk dikonsumsi oleh masyarakat umum. Tak perlu dimasak, kamu bisa langsung mengkonsumsi tap water ini. Namun ternyata tap water di tempat umum ini bisa jadi penyebab kamu sakit loh.

Untuk masyarakat sekitar, mungkin tubuh mereka sudah imun dengan bakteri di dalam tap water ini. Namun beda lagi dengan para pendatang. Beberapa orang punya perut yang sangat sensitif, sehingga bakteri di air minum untuk umum ini bisa membuat mereka sakit. Apalagi jika kamu biasa mengkonsumsi air matang, maka minum tap water bisa membuat kamu jatuh sakit. Untuk menyiasati hal ini, terpaksa kamu harus membeli atau membawa botol air minum sendiri meskipun kadang saat traveling, harga sebotol air mineral itu bisa sangat mahal sekali.

Mencuci makanan di tap water ini

Selain dikonsumsi, banyak orang yang menggunakan tap water ini untuk mencuci makanan seperti buah-buahan dan sebagainya. Mungkin bakteri di buah yang kamu konsumsi akan hilang, tapi sisa bakteri yang ada di tap water masih menempel pada buah yang kamu konsumsi ini. Kalau perut kamu tipe yang sensitif dan gampang rewel, maka halsepele ini bisa saja membuat kamu jatuh sakit. Karena itu kamu bisa mencuci makanan atau buah yang kamu konsumsi ini, dengan menggunakan air mineral dari botol yang kamu bawa itu.

Makan dan minum di hotel atau restoran yang kurang bersih

Yang namanya kuman dan bakteri memang tidak terlihat secara kasat mata, sehingga sulit bagi kita untuk menghindarinya. Hal itu pulalah yang mungkin saja terjadi ketika kamu menikmati makanan atau minum di sebuah hotel atau resto tertentu. Mungkin saja secara kasat mata, tempat tersebut terlihat bersih. Namun tentu kita tidak tau bagaimana pihak hotel atau restoran mengolah makanan dan minuman yang dihidangkan pada tamunya. Karena itulah sebaiknya kamu memastikan hotel tempatmu menginap memang benar-benar bersih dan steril. Tak hanya itu ketika memilih restoran, sebisa mungkin tempat tersebut harus terjaga kesbersihannya. Dengan alasan menghemat, jangan sampai kamu tergoda untuk makan di minum di tempat yang murah namun kebersihanya kurang diperhatikan.

Dehidrasi

Jangan sekali-kali kamu meremehkan yang namanya dehidrasi. Orang yang tidak melakukan aktivitas ringan saja bisa jatuh sakit karena dehidrasi, apalagi kamu yang membutuhkan banyak tenaga saat traveling. Sebisa mungkin kamu membawa air minum dalam botol, yang bisa dikonsumsi kapan saja. Teutama bagi kamu yang traveling di negara tropis dan ketika musim panas tiba, maka yang namanya air minum itu tak boleh disepelekan. Jaga selalau tubuh kamu dalam keadaan terhdrasi, sehingga daya tahan pun jadi prima. Oh ya bagi kamu yang traveling dengan menggunakan pesawat terbang dalam waktu perjalanan yang lama, rawan sekali mengalami dehidrasi. Ini karena dinginnya kabin pesawat, kadang kala membuat rasa haus itu jadi tak terasa. Karena itu ingatlah selalu untuk mengkonsumsi air putih ini selama penerbangan.

Memaksa untuk diet ketat

Bagi kamu yang sedang melakukan traveling, sebaiknya kendurkan terlebih dahulu aturan diet yang sedang dijalani. Misalnya jika biasanya kamu tidak makan nasi karena diet, boleh menggantinya dengan roti gandum atau nasi merah untuk konsumsi selama traveling ini. Diet terlalu ketat saat traveling bisa sangat merugikan diri kamu sendiri. Selain tidak bisa mencicipi kuliner di tempat kamu traveling, diet terlalu ketat juga bisa membuat tubuhmu lemas dan tak bertenaga.

Icip-icip street food sesukanya

Sumber: wikipeluangusaha.com

Street food atau jajan kaki lima, memang menjadi petualangan kuliner yang tak boleh untuk kamu lewatkan saat traveling. Apalagi di Indonesia dengan banyaknya suku bangsa, beragam kuliner enak dan lezat bisa kamu cicipi dalam bentuk jajan kaki lima dan murah meriah. Tak hanya itu saat diluar negeri pun kini bertebaran street food yang selalu sukses menarik minat traveller, untuk berkunjung dan icip-icip.

Namun kadangkala aktivitas yang seharusnya menyenangkan ini jadi malapetaka buat kamu. Beragamnya hidangan yang tak pernah kamu lihat sebelumnya, kadang membuat lapar mata dan ingin mencicipi semuanya. Sebagai akibatnya, kamu akan jajan sembarangan dan berlebihan. Padahal mungkin saja kamu tak biasa makan-makanan pedas, namun memaksa untuk tetap mencicipi makanan super pedas di spot kuliner ini. Jadi jangan heran jika kemudian perutmu terasa mulas, mual ,diare hingga muntah bisa terjadi. Mencicipi street food boleh, tapi jangan berlebihan dan sesuaikan dengan kebiasan makan kamu ya.

Jajan sembarangan

Saat traveling, kamu tak boleh sembarangan jajan ya. Apalagi jika makanan tersebut dalam keadaan terbuka atau tidak terbungkus. Makanan yang terbuka apalagi jika dijual di pinggir-pinggir jalan, bisa sangat berbahaya bagi kesehatanmu. Karena itulah jika ingin jajan, sebaiknya pilih makanan terbungkus atau dalam kemasan yang rapat. Selain itu, perhatikan tanggal kadaluarsa makanan yang kamu konsumsi itu. Jangan sampai kamu membeli camilan  yang ternyata sudah tidak layak makan, sehingga kesehatan kamu bisa jadi terganggu.

Mengkonsumsi terlalu banyak kafein

Minum kopi bersama rekan dan sahabat, bisa jadi aktivitas yang asik saat traveling ini. Kadang saking asyiknya, tanpa sadar kamu menghabiskan hingga dua cangkir kopi sekali nongkrong. Padahal terlalu banyak mengkonsumsi kafein bisa berakibat buruk pada kesehatanmu. Selain akan membuat waktu tidurmu jadi terganggu, kafein yang berlebihan bisa membuat jantung menjadi berdebar-debar dan perut terasa pegah. Konsumsi kafein secukupnya dan jangan berlebihan adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh selalu prima.

Kurang istirahat

Kadang saking senangatnya melakukan traveling dan menjelajah, traveller jadi lupa bahwa tubuh mereka juga butuh tidur dan istirahat. Tak hanya itu, karena jadwal perjalanan yang terlalu padat, waktu istirahat pun bisa terganggu. Padahal tidur atau istirahat adalah hal penting yang tak boleh kamu sepelekan. Dengan istirahat, tubuhmu seolah melakukan charging energi yang akan digunakan untuk berpetualang keesokan harinya. Apalagi jika ditambah dengan dehidrasi, kurang tidur bisa jadi hal yang sangat merugikan kesehatanmu. Karena itu meskipun asyik traveling, bukan berarti kamu lalai untuk menjaga waktu istirahatmu ya.

Lupa cuci tangan

Sejak kecil kita diajari bahwa cuci tangan wajib dilakukan sebelum makan, atau setelah melakukan suatu aktivitas tertentu. Cuci tangan juga terbukti efektif sebagai salah satu cara untuk menjaga tubuh selalu sehat dan prima. Karena itulah jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum atau sesudah makan.

Mungkin sebagian traveller akan menganggap menggunakan sendok sudah cukup, dan tak perlu untuk cuci tangan lagi. Padahal meskipun kamu makan dengan menggunakan sendok atau sumpit, kamu sebenarnya masih diwajibkan untuk cuci tangan lho. Bagi traveller yang merasa mencuci tangan terlalu merepotkan, bisa membawa hand sanitizer sebagai ganti cuci tangan saat keadaan darurat. Oh ya saat traveling, kamu wajib mencuci tangan tak hanya sebelum makan saja. Setelah dari toilet pun kamu wajib untuk mencuci tangan, apalagi setelah menggunakan kamar mandi untuk umum yang kurang terjamin kebersihannya.

Tidak melakukan vaksin sebelum traveling

Untuk kamu yang akan melakukan traveling ke luar negeri apalagi ke negara-negara tertentu, ada baiknya meminta vaksin terlebih dahulu sebelum berangkat. Seperti ketika akan melakukan perjalanan umroh, kamu dianjurkan untuk mendapatkan vaksin meningitis terlebih dahulu. Vaksin ini wajib hukumnya jika kamu hendak berpergian ke luar negeri, supaya tidak terdampak dari penyakit yang pernah atau sedang menyerang negara tersebut. Selain untuk menjaga kesehatanmu selama traveling, vaksin juga akan mencegah kamu menjadi pembawa bibit penyakit saat setelah kembali ke tanah air.

Lupa pakai lotion anti nyamuk

Untuk kamu yang traveling terutama bagi para backpacker, ada baiknya selalu mempersiapkan lotion anti nyamuk dalam ransel kamu. Selain lalat, nyamuk juga merupakan hewan yang berpotensi untuk menularkan berbagai macam penyakit berbahaya. Karena itulah sebsia mungkin saat traveling ini, kamu tak lupa untuk memasukan lotion anti nyamuk dalam daftar barang-barang bawaan.

821

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here