Sumber: BCBSNC

Pergi mendaki gunung belakangan ini tidak hanya dilakukan oleh komunitas pendaki dan pecinta alam saja. Banyak kaum muda yang ingin mencoba mendaki gunung. Ada banyak manfaat yang bisa diambil dari mendaki gunung. Misalnya menyehatkan tubuh, menenangkan pikiran, serta melatih ketahanan fisik dan mental.

Bagi kamu yang baru mau mencobanya, ada beberapa hal yang perlu disiapkan dengan matang agar pendakian pertama sukses, menyenangkan, dan tentunya aman. Simak dan dipahami ya daftarnya berikut ini!

Pelajari gunung yang akan didaki

Karena kamu adalah seorang pemula, sebaiknya pilihlah jalur daki yang mudah terlebih dahulu. Beberapa gunung yang cocok didaki oleh para pemula adalah Gunung Andong, Gunung Papandayan, Gunung Gede, atau Gunung Batur. Pelajari lokasi gunung, cara mengaksesnya, ramalan cuaca setempat, medan jalur pendakian, hingga beberapa peraturan masyarakat setempat.

Persiapan fisik dan mental

Sumber: The List

Saat mendaki gunung, kekuatan fisik dan mentalmu akan diuji. Seminggu sebelum mendaki, sebaiknya lakukan latihan rutin untuk memperkuat otot kaki dengan cara lari di pagi  atau sore hari. Jangan lupa untuk melatih keseimbangan dengan cara melakukan senam ringan atau berdiri dengan satu kaki. Mendaki gunung sangat menguras tenaga, jika perlu minumlah vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

Mendaki dengan kondisi badan yang tidak fit bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Tidak kalah pentingnya, persiapkan mental dengan baik dan tetapkan apa tujuan utama dari mendaki gunung tersebut. Percuma kan kalau fisik oke, perlengkapan oke, tapi mental tidak kuat untuk mendaki?

Menentukan teman pendaki

Mendaki gunung biasanya dilakukan secara berkelompok. Jika kamu seorang pemula, jangan bergabung dengan kelompok yang isinya pemula semua karena akan menyulitkanmu untuk mencari pengalaman baru. Carilah beberapa teman pendaki yang sudah sering mendaki atau paham mengenai pendakian agar bisa menemukan pengalaman baru dan lebih aman saat mendaki nantinya.

Perlengkapan

Mendaki gunung berarti menyatu dengan alam dan jauh dari fasilitas yang layak, termasuk untuk urusan makanan dan tidur. Beberapa perlengkapan yang perlu dibawa selagi mendaki adalah backpack, tenda, matras, sleeping bag, sepatu gunung, pakaian hangat, senter, jas hujan, peralatan masak sederhana, korek api, sarung tangan, tongkat, jam, GPS, multifunction tool (pisau, gunting, dsb), serta obat-obatan. Untuk peralatan masak dan tenda, kamu bisa membagi barang bawaan dengan teman sekelompok agar tidak terlalu berat dan banyak bawaan.

Konsumsi

Di atas gunung akan sulit menemukan makanan selagi kelaparan karena tidak ada warung penjual makanan atau pohon buah. Jangan harap bisa berburu binatang saat mendaki, karena selain sulit untuk menemukannya, bisa-bisa energimu habis terkuras duluan untuk mengejarnya. Oleh karea itu, bawalah beberapa jenis makanan yang cukup untuk jumlah hari pendakianmu yang tidak terlalu berat dan tidak mudah basi. Misalnya roti, beras, mie instan, sosis, cokelat, dan air minum. Jika perut terasa kenyang, tentu energi menjadi bertambah dan perjalanan mendaki gunung akan terasa lebih nyaman.

Packing barang bawaan dengan baik dan benar

Hindari membawa barang berlebihan di dalam backpack karena beban tas tersebut bisa membuatmu kesulitan saat mendaki gunung. Cukup bawa barang yang memang dibutuhkan, dan packing dengan rapi agar tidak perlu membawa 2 tas. Kamu bisa minta saran dari pendaki senior untuk packing barang bawaan di dalam backpack.

Cara berjalan ketika mendaki

Ketika mendaki gunung, cara berjalan juga perlu diperhatikan agar tidak membahayakan diri sendiri. Usahakan untuk menapakan kaki di tanah dengan lembut namun mantap. Fokuslah pada pijakan dan waspada dengan keadaan di sekeliling. Kaki yang kaku akan berpeluang membuatmu cidera dan menghambat proses pendakian.

Jangan malu untuk istirahat jika lelah

Sumber: Hiking NZ

Sebagai pendaki pemula mungkin kamu merasa malu jika harus berhenti sejenak karena kelelahan. Sebaiknya buang pikiran tersebut jauh-jauh. Jangan malu untuk minta istirahat sebentar kepada teman sekelompok jika memang sudah benar-benar lelah. Lebih baik istirahat sebentar daripada memaksakan diri mendaki dengan kondisi tubuh yang tidak fit.

Ketahui etika pendakian

Mendaki gunung adalah salah satu bentuk mencintai alam. Karenanya ada beberapa etika yang perlu kamu ketahui dan lakukan yaitu jangan ambil apapun dari gunung kecuali foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak kaki, dan jangan bunuh apa pun kecuali waktu. Ketika berada di gunung, janganlah kita mengambil atau merusak objek yang ada seperti mencoret-coret bongkahan batu, mengukir nama di sejumlah batang pohon, atau memetik bunga sekalipun bunga tersebut sangat cantik.

Selain itu, jangan tinggalkan barang apa pun di sana seperti sampah. Masukkan sampah ke dalam plastik khusus dan buang di tempat sampah sepulangnya dari mendaki gunung. Mudah, kan? Jadi, bersikaplah dengan baik ketika berada di gunung dan lestarikan alam setempat.

Baca Juga: 7 Gunung Tertinggi di Eropa: Sudah Tahu?

290

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here