Keterlambatan Pesawat

Semua orang pasti selalu merasa semangat menanti waktu penerbangan supaya bisa cepat sampai di destinasi liburan dan bersenang-senang. Tapi perasaan penuh semangat ini bisa berubah menjadi emosi akibat keterlambatan pesawat. Supaya tidak membuang waktu dan emosi sendiri, coba pahami dulu beberapa serba-serbi ketika kamu mengalami keterlambatan pesawat!

  1. Cari tahu apakah pesawatmu berpotensi mengalami keterlambatan

Potensi Keterlambatan
Mencari tahu potensi keterlambatan maskapai

(Sumber: Exito Travel Blog)

Zaman sekarang mudah sekali untuk mengetahui keberadaan pesawat yang akan kita tumpangi hanya menggunakan aplikasi di smartphone. Beberapa aplikasi tersebut adalah FlightAware dan GateGuru. Aplikasi ini bisa digunakan untuk semua penerbangan di dunia, domestik maupun internasional. Kamu hanya perlu memasukkan data dan informasi penerbangan seperti nomor pesawat dan maskapainya. Setelah memasukkan data dengan benar, maka layar aplikasi ini akan membeberkan posisi terkini dari pesawat tersebut.

Akan lebih baik lagi jika dari awal kamu sudah memilih maskapai penerbangan yang selalu on time, terkecuali jika memang ada gangguan cuaca yang bisa membahayakan penerbangan. Dengan memilih maskapai penerbangan yang profesional, kamu tidak perlu takut terkena delay. Hindari menggunakan maskapai penerbangan yang terkenal suka delay, apalagi sulit memberikan kompensasi yang seharusnya kamu dapatkan. Jangan tergiur harga tiket pesawat murah, namun pada akhirnya kamu harus mengorbankan waktu di bandara atau kehilangan peluang bisnis di kota tujuan.

  1. Memahami alasan keterlambatan pesawat

Ada banyak hal yang bisa membuat pesawat mengalami keterlambatan. Beberapa yang paling umum adalah karena gangguan cuaca serta bencana alam. Kalau sudah menyangkut alam, kamu tidak bisa menyalahkan pihak maskapai penerbangan atau menuntut informasi kapan akan diberangkatkan kembali karena kondisi alam sulit untuk diprediksi.

Bisa juga karena pesawat mengalami kerusakan sehingga harus menunggu perbaikan selesai dengan sempurna. Hal ini dilakukan demi menjaga keselamatan dan kenyamanan seluruh penumpang pesawat. Seringkali, pesawat yang rusak ini tidak diizinkan terbang sehingga maskapai penerbangan dan penumpang harus menunggu pesawat pengganti tiba.

Perubahan jadwal penerbangan yang menimpa beberapa pesawat juga bisa membuat staf bandara kewalahan mengatur ulang jadwal keberangkatan dan kedatangan semua pesawat. Hal ini biasanya terjadi di bandara berskala internasional yang sangat sibuk dan padat. Tidak jarang pesawat harus mengantri panjang di landasan take off.

  1. Mengetahui waktu terbaik agar tidak menghadapi keterlambatan pesawat

Waktu Terbaik Penerbangan
Mengetahui waktu terbaik untuk terbang

(Sumber: Travelup)

Menurut studi yang dilakukan Bureau of Transportation Statistics, waktu terbaik untuk terbang dan menghindari keterlambatan pesawat adalah sekitar jam 6 hingga 7 pagi waktu setempat. Pesawat yang berangkat di pagi hari adalah pesawat yang paling jarang mengalami keterlambatan. Mereka selalu berangkat tepat waktu. Kalau mengalami keterlambatan, paling lama tidak sampai setengah jam.

Selain menghindari keterlambatan, penerbangan paling pagi juga memberikan sejumlah keuntungan, seperti harga tiket pesawatnya lebih murah. Bagi yang tinggal di kota metropolitan seperti Jakarta, perjalanan menuju bandara akan jauh lebih menyenangkan karena bebas macet dan panas. Mood sebagai penumpang pesawat yang akan liburan pun jauh lebih bagus karena masih segar setelah bangun tidur. Kamu belum merasa lelah setelah seharian beraktivitas. Dengan demikian, setibanya di destinasi tujuan, pikiran tetap fresh dan tubuh terasa lebih bersemangat untuk menjalani hari.

Inilah serba-serbi keterlambatan pesawat yang perlu kamu ketahui. Semoga perjalananmu tetap menyenangkan!

696

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here