Sumber: Tripcanvas

Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata terfavorit wisatawan dalam negeri. Pesona alam dan kebudayaan Yogyakarta selalu menggoda wisatawan untuk datang lagi dan lagi.

Di samping pesona alam dan kebudayaan, Yogyakarta juga diincar oleh kaum backpacker karena biaya hidup di sana terbilang cukup murah. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan penginapan dan kuliner murah meriah dengan kualitas yang cukup baik.

Bagi kamu yang ingin liburan ke Yogyakarta dengan konsep backpacker, simak dulu beberapa tips berikut ini!

Pemilihan Transportasi

Pemilihan transportasi yang kamu gunakan untuk menuju Yogyakarta dan berkeliling Yogyakarta akan menentukan besar kecilnya pengeluaran kamu selama liburan. Untuk mengurangi pengeluaran tersebut, ini dia tipsnya.

Menggunakan kereta api ekonomi

Pergi ke Yogyakarta dari kota asal menggunakan pesawat terbang akan sangat boros karena harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bagi kamu yang masih berada di Pulau Jawa, gunakan saja kereta api ekonomi karena harga paling mahalnya pun hanya sekitar 400 ribu rupiah saja.

Meski labelnya kereta api kelas ekonomi, kamu tidak perlu khawatir karena PT KAI saat ini telah meningkatkan pelayanan terhadap para penumpangnya. Menumpang kereta api kelas ekonomi pun bisa terasa nyaman bagaikan naik kereta api kelas eksekutif. Jangan lupa bawa sejumlah barang pendukung selama perjalanan seperti bantal leher, buku favorit, makanan, hingga sejumlah permainan di smartphone kamu.

Menggunakan Trans Jogja atau jalan kaki

Sumber: Phinemo

Untuk berkeliling di Yogyakarta, kamu tidak perlu menyewa mobil pribadi atau menggunakan taksi. Manfaatkanlah Trans Jogja yang harga tiketnya murah (hanya 3.600 rupiah) dan haltenya mudah diakses.

Jika tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi letaknya berdekatan, tidak ada salahnya untuk berjalan kaki. Hitung-hitung sambil olahraga dan menikmati kegiatan para penduduk di sepanjang jalan, siapa tahu kamu menemukan spot foto yang keren juga di sana.

Trotoar di Yogyakarta umumnya ramah pejalan kaki dan aman dari tindak kejahatan. Agar lebih nyaman lagi, bawalah barang secukupnya dan air minum untuk menghindari dehidrasi.

Menyewa motor

Bagi kamu yang ingin mengunjungi daerah-daerah terpencil di Yogyakarta dan tidak ada angkutan umum di sana, alternatif terbaik adalah menyewa motor. Harganya lebih murah dibandingkan dengan menyewa mobil. Selalu ingat untuk berkendara dengan bijak dan disiplin ya!

Pemilihan Penginapan

Penginapan bukanlah hal yang sulit untuk ditemukan di Yogyakarta, dari yang bintang lima hingga hostel ada di sana. Penginapan tidak selalu harus mewah, bukan? Yang penting tempat tersebut aman dan nyaman.

Sejumlah penginapan murah bisa kamu temukan di kawasan Malioboro yang ramai wisatawan. Jenis penginapan yang bisa kamu pilih adalah hotel, guesthouse, dan homestay. Tarif penginapannya berkisar antara 100 ribu hingga 200 ribu rupiah tergantung pada fasilitas yang disediakan.

Mengunjungi Tempat Wisata Murah

Pesona alam Yogyakarta selalu juara di hati wisatawan. Tidak hanya itu, harga tiket masuknya pun murah. Ini daftarnya:

Wisata Kalibiru

Tempat wisata alam yang satu memungkinkan kamu untuk menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah. Ada sebuah gardu pandang di mana kamu bisa leluasa menikmati pemandangan Waduk Sermo dari ketinggian. Di sini juga ada wahana outbond. Harga tiket masuknya hanya 10 ribu rupiah per orang.

Istana Air Taman Sari

Sumber: Spot Jogja

Kamu yang hobi fotografi atau menyukai bangunan bersejarah, kunjungilah Istana Air Taman Sari. Bangunan bekas komplek peristirahatan sultan dan kolam mandi para selir ini memiliki arsitektur Jawa kuno yang cantik. Harga tiket masuk Istana Air Taman Sari ini hanya 5 ribu rupiah per orang.

Pantai di Gunungkidul

Liburan kurang lengkap jika tidak berkunjung ke pantai. Kamu bisa berkunjung ke sejumlah pantai di Gunungkidul seperti Pantai Siung, Pantai Krakal, Pantai Ngrenehan, dan Pantai Jogan. Harga tiket masuknya rata-rata hanya 10 ribu rupiah per orang untuk masing-masing pantai.

Menikmati Kuliner Murah

Bagian paling seru saat backpacker-an di Yogyakarta adalah kamu bisa menikmati kuliner nikmat dalam porsi mengenyangkan dengan harga super murah.

Mie ayam Bu Tumini

Mie ayam Bu Tumini yang berada di Umbulharjo ini terkenal nikmat dengan kuah kental cokelatnya. Disajikan bersama ceker dan daging ayam suwir, kamu hanya perlu mengeluarkan uang 10 ribu rupiah saja.

Soto Bathok Mbah Katro

Sumber: Traveling Yuk

Di kawasan Purwomartani, kamu bisa menemukan penjual soto daging dalam batok kelapa. Harganya hanya 5 ribu rupiah per porsi. Murah, nikmat, dan unik!

Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Supaya sah liburan ke Yogyakarta, kamu harus menjajal gudeg. Salah satu gudeg yang populer adalah Gudeg Mbah Lindu di Sosrowijayan. Rasanya sangat otentik dan satu porsinya dijual seharga 15 ribu rupiah saja.

Baca Juga: Tips Traveling ke Karimun Jawa yang Murah Namun Tetap Menyenangkan

Mudah kan, backpacker-an ke Yogyakarta?

721

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here