Jakarta, Tamasya – Australia merupakan satu-satunya negara yang menempati satu wilayah benua di dunia ini. Dikelilingi oleh Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, negara ini memiliki banyak tempat wisata alam yang begitu spektakuler dan mempesona. Tempat wisata alamnya beragam mulai dari pantai, laut, gunung, lembah, hingga padang savanna yang luas dan dihuni oleh berbagai hewan seperti kanguru, koala, dan platypus yang tidak bisa ditemukan di negara lain.

Penasaran dengan keindahan tempat wisata alam di Australia? Yuk, kunjungi beberapa tempat wisata alam berikut ini!

  1. Great Barrier Reef

Great Barrier Reef merupakan sebuah kompleks terumbu karang terbesar di dunia. Great Barrier Reef ini berada di pantai timur Australia. Kompleks terumbu karang ini memiliki panjang hingga 2.300 km di bawah Laut Coral. Kompleks ini begitu besar hingga masih bisa terlihat dari satelit luar angkasa.

Kompleks terumbu karang ini tersusun dari 4 jenis terumbu yaitu fringing reef, langoonal reef, cresentic reef, dan planar reef. Di kompleks ini kamu tidak hanya bisa menikmati keindahan terumbu karang, tapi juga bertemu dengan paus, lumba-lumba, kura-kura, dugong, dan berbagai ikan yang cantik dalam beragam ukuran. Kompleks yang diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1981 ini bisa dijelajahi menggunakan perahu atau diving.

  1. Uluru atau Ayers Rock

Sumber: Lonely Planet

Uluru atau biasa dikenal juga dengan nama Ayers Rock, merupakan sebuah formasi batuan pasir yang berada jauh di pedalaman Australia tepatnya di ujung selatan Northern Territory. Tinggi batuan pasir ini mencapai 348 meter dengan kelilingnya sepanjang 9,4 km. Pada saat subuh dan sore hari, warna batu akan berubah menjadi kemerahan akibat pancaran sinar matahari. Sungguh cantik.

Uluru ini merupakan area yang dianggap suci oleh suku Aborigin setempat. Di sekitar Uluru, kamu bisa menemukan banyak mata air, gua, lukisan batu milik suku Aborigin, serta formasi batuan pasir lainnya Kata Tjuta. Formasi batuan pasir ini berada dalam kawasan Uluru-Kata Tjuta National Park.

  1. Fraser Island

Fraser Island merupakan sebuah pulau pasir yang berada di pantai timur Australia yang termasuk dalam wilayah state Queensland. Luasnya mencapai 1.840 km persegi yang menjadikannya sebagai pulau terbesar keenam di Australia.

Fraser Island dinobatkan menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1992. Selain terkenal dengan pulau pasirnya, Fraser Island juga memiliki ekosistem berupa hutan hujan, hutan eucalyptus, hutan bakau, rawa-rawa, bukit pasir, dan pantai.

Pulau yang menjadi bagian dari Great Sandy National Park ini bisa dikunjungi menggunakan kapal ferry dari Rainbow Beach. Objek wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada di sini adalah Indian Head, Champagne Pools, Eil Creek, Lake McKenzie, Lake Wabby, dan Fraser Island Great Walk.

  1. Kakadu National Park

Kakadu National Park merupakan taman nasional yang paling besar di Australia. Luas taman nasional ini mencapai 19.800 km persegi, hampir setengah dari luas negara Swiss. Taman yang diresmikan pada tahun 1979 ini terkenal berkat tambang uranium, Ranger Uranium Mine.

Karena begitu luas, taman nasional ini memiliki objek wisata yang sangat beragam seperti tebing batu, bukit, sungai, dan hutan. Selain Ranger Uranium Mine, kamu bisa mengunjungi Amhem Land, Nourlangie Rock, Nanguluwur, Ubirr, Jim Jim Falls, Mamukala, Twin Falls, dan Yellow Water Billabong.

  1. Nambung National Park

Taman nasional yang berada di tepi pantai barat Australia ini pertama kali diresmikan pada tahun 1994. Luas Nambung National Park mencapai 192 km persegi.  Objek wisata utama di taman nasional ini adalah The Pinnacles yang merupakan sebuah formasi batuan kapur di area perbukitan pasir. Bagian tertinggi The Pinnacles menjulang hingga 3,5 meter. Di sekitar area ini kamu bisa bertemu dengan kangguru abu-abu, kangguru merah, dingo, rubah merah, silver gull, dan woodswallow. Puas menikmati pemandangan The Pinnacles, singgahlah ke pantai Kangaroo Point dan Hangover Bay.

  1. Kangaroo Island

Sumber: Tourism Australia

Berkunjung ke Australia tidak sah jika tidak bertemu dengan hewan khasnya, Kanguru. Untuk bisa bertemu dengan banyak kanguru, berkunjunglah ke Kangaroo Island di wilayah state South Australia. Pulau ini merupakan pulau terbesar ketiga di Australia setelah Tasmania dan Melville. Di pulau ini ada 4 area pemukiman penduduk yaitu Kingscote, Pennwshaw, Parndana, dan American River.

Sebagian besar wilayah Kangaroo Island ini merupakan area konservasi dan taman nasional. Taman nasional yang ada di sini adalah Seal Bay Conservation Park, Flinders Chase National Park, Kangaroo Island Wildlife Park, Kelly Hill Caves, Little Sahara, dan Muray Langoon.

Selain bertemu kanguru, kamu juga bisa bertemu dengan hewan khas Australia lainnya seperti wallaby, koala, platypus, singa laut, penguin, dan burung emu.

262

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here