Sumber: Grand Trunk

Hammock adalah sebuah tempat tidur gantung yang terbuat dari kain. Bentuknya seperti ayunan dengan dua ujung yang diikat di 2 pohon pada ketinggian yang nyaman. Biasanya tempat tidur jenis ini digunakan oleh para petualang untuk beristirahat atau tidur saat berada di gunung.

Hammock yang identik dengan camping ini ternyata mulai populer di kalangan para wisatawan biasa dan menjadi salah satu item liburan yang populer. Hammock-hammock ini mudah ditemui di pinggir pantai atau gunung. Para wisatawan bisa bersantai di atas hammock sambil menikmati angin sepoi dan pemandangan indah yang ada di hadapannya.

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi bersantai di atas hammock, ada 5 tempat di Sumbawa (Nusa Tenggara Barat) yang memiliki pemandangan cantik. Dijamin kamu akan betah berlama-lama di sini. Yuk, simak daftar tempatnya berikut ini!

 Pulau Bedil Sumbawa

Sumber: Ayo Jalan-jalan

Sumbawa memiliki beberapa pulau kecil yang cocok untuk para wisatawan bersantai jauh dari keramaian. Salah satu pulau tersebut adalah Pulau Bedil Sumbawa atau Gili Bola. Pulau kecil ini berada di Desa Labu Pade, Kecamatan Utan. Dari kota Sumbawa Besar, kamu membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk berkendara di Labuan Pade. Sesampainya di Labuan Pade, kamu harus menaiki kapal untuk menyeberang selama 15 menit. Jangan lupa untuk bawa hammock pribadimu, ya!

Air Terjun Mata Jitu

Tidak suka berlama-lama di pantai? Kamu bisa mengunjungi wisata air terjun yang sangat indah di Dusun Oirami, Desa Labuhan Aji, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa. Air terjun yang dimaksud adalah air terjun Mata Jitu. Keindahannya sangat melegenda di kalangan wisatawan. Tidak heran, mendiang Putri Diana pun menyempatkan diri untuk mengunjunginya. Keindahan air terjun ini terpancar berkat posisi air terjunnya yang berundak-undak. Di sekitar air terjun banyak terdapat pohon besar. Di sini kamu bisa menggantungkan hammock, kemudian bersantai menikmati damainya suasana Air Terjun Mata Jitu sendirian atau bersama teman.

Pantai Kencana

Sumber: Klik Hotel

Berkunjung ke Sumbawa Besar akan terasa kurang sempurna jika tidak mengunjungi Pantai Kencana yang sangat terkenal. Pemandangan yang paling menonjol dari Pantai Kencana adalah pasirnya yang berwarna putih bersih dan tidak memiliki bebatuan. Dari kota Sumbawa Besar, lokasi pantai ini berjarak 17 km. Suasana pantai yang tenang dan cantik ini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Gantungkanlah hammock kamu untuk berlama-lama di pinggir pantai ini sambil menunggu terbenamnya matahari. Tidak puas hanya sehari berada di sana? Kamu bisa menginap di cottage yang ada di pantai tersebut. Pantai Kencana berada di Jalan Raya Poto Tano KM 11, Badas, Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa.

Air Terjun Kalela

Air terjun yang cantik di Sumbawa tidak hanya Air Terjun Mata Jitu. Ada juga Air Terjun Kalela yang terletak di Desa Jereweh, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Air terjun yang unik dan cantik ini sering digunakan warga sekitar untuk membasuh diri dari kotoran. Keunikan dari Air Terjun Kalela ini adalah airnya jatuh dari tebing batu yang berundak-undak dan berongga mirip gua. Air tersebut turun mengisi kolam hijau yang berada di bawahnya. Siapa pun yang melihatnya pasti akan tertarik untuk berenang di sana. Apalagi ketika cuaca sedang panas-panasnya. Tapi jika kamu tidak berminat untuk main air, kamu bisa mengantungkan hammock di pepohonan sekitar dan menikmati suasana air terjun sambil membaca buku atau mengobrol dengan teman.

Baca Juga: 9  Air  Terjun  Yang  Wajib  Kamu  Kunjungi  Saat  Traveling  Ke  Yogyakarta 

Tanjung Menangis

Sumber: Merdeka

Mendengar nama tempat yang satu ini, kita akan membayangkan sebuah kisah sedih di balik asal-usul tempat ini. Memang benar, Tanjung Menangis ini memiliki kisah turun temurun. Konon, tempat ini tadinya adalah saksi bisu seorang putri Sultan Sumbawa ketika harus melepas kekasihnya karena hubungan mereka tidak direstui oleh sang ayah. Meski memiliki kisah sedih, tempat ini tidak terlihat suram melainkan sangat indah. Airnya bersih dan jernih.

Di sekitarnya terdapat tebing-tebing batu yang menjadi pagar alami. Sungguh indah. Keindahan tempat yang satu ini sayang jika dilewatkan begitu saja. Ayo, gantungkan hammockmu! Bersantailah menikmati keindahan tempat ini sambil merasakan hembusan angin yang menyegarkan tubuh. Tempat wisata yang berada di Kecamatan Sumbawa Besar ini memiliki jalan yang mulus di awal perjalanan, namun berujung pada jalan yang cukup berbahaya bagi pengendara motor. Sebaiknya jika ingin ke sini, gunakan kendaraan beroda empat.

Semakin tidak sabar untuk bisa berlibur ke Pulau Sumbawa dan bersantai di 5 tempat tadi ya! Tunggu apalagi? Segera rancang jadwal perjalananmu ke Pulau Sumbawa bersama keluarga atau teman terdekat. Jika belum mempunyai hammock, kamu bisa hunting dulu sebelum berangkat liburan. Selamat berlibur!

907

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here