Sumber: Jalan Sana-sini

Di antara berbagai jenis transportasi massal antar kota antar provinsi yang ada di Indonesia, kereta api menjadi pilihan favorit sejuta umat di tanah air. Tranportasi massal yang digunakan sejak jaman penjajahan Belanda sebagai pengangkut hasil bumi dan masyarakat ini mengalami banyak perkembangan dan kemajuan sehingga memberikan kenyamanan tersendiri bagi para penumpangnya. Pada awalnya kereta api dijalankan menggunakan tenaga uap lalu berkembang menggunakan listrik yang diterapkan hingga saat ini.

Di Indonesia sendiri, kini industri kereta api tidak lagi dipandang sebelah mata. Lihat saja interiornya yang bersih dan sudah diperbaiki mengikuti perubahan kebutuhan penumpang, harga tiket kereta api yang terjangkau, hingga manajemen waktu yang baik.

Hal tersebut membuat penjualan tiket kereta api mampu bersaing dengan penjualan tiket pesawat untuk kota tujuan di Pulau Jawa. Masih ragu dengan jasa kereta api saat ini? Coba simak 7 hal yang cuma bisa kamu nikmati ketika pergi menggunakan kereta api berikut ini.

Sistem ticketing yang sederhana

Sumber: Business Insider

Dibandingkan dengan pergi ke luar kota menggunakan pesawat, sistem ticketing kereta api jauh lebih sederhana. Pertama-tama, kamu hanya perlu membeli tiket kereta api baik langsung di loket stasiun atau memesan tiket melalui situs penjualan tiket resmi. Tidak hanya dari jauh-jauh hari, kamu bisa melakukan go show di menit-menit terakhir sebelum jam keberangkatan selama tiketnya masih tersedia.

Setelah itu, lakukan penukaran boarding pass lewat mesin yang tersedia di pintu masuk stasiun. Tidak ada batas waktu untuk melakukan check in ataupun meletakkan bagasi seperti di bandara sebelum keberangkatan, kamu bahkan bisa datang 5 menit sebelumnya. Harga tiket kereta api pun tidak berubah-ubah seperti tiket pesawat, jadi kamu tidak perlu repot mengawasi perubahan harga untuk mendapatkan yang termurah.

Tepat waktu

Manajemen waktu yang baik membuat semua kereta api berangkat tepat pada waktunya sehingga tidak mengacaukan jadwal perjalananmu atau harus membuatmu kelelahan menunggu jam keberangkatan yang tidak pasti. Berbeda dengan pesawat yang sering mengalami penundaan waktu keberangkatan akibat gangguan cuaca atau mesin sehingga kamu tidak perlu menyusun ulang jadwal perjalanan.

Bebas bagasi

Bepergian menggunakan pesawat berarti ada banyak peraturan terkait bagasi yang harus ditaati, misalnya ukuran tas yang bisa dibawa ke kabin atau batas berat tas yang dibawa ke bagasi. Setiap kilogram yang melebihi batas berat maksimal akan dikenai biaya tambahan. Begitu juga dengan peraturan terkait cairan yang dibawa ke dalam kabin pesawat, tidak boleh melebihi dari 1 liter. Sedangkan untuk kereta api, kamu tidak perlu khawatir dengan jumlah barang bawaanmu karena tidak ada batas maksimal.

Meski demikian, kamu harus tetap memperhatikan jumlah barang bawaan agar tidak memakan banyak tempat di kabin penyimpanan. Ingat, kamu harus berbagi kabin penyimpanan dengan penumpang lainnya di kereta api. Selain itu, membawa barang terlalu banyak akan menyulitkanmu untuk mengawasinya dari tangan nakal dan kamu akan repot saat hendak turun dari kereta api.

Baca Juga: Naik Kereta Api? Ini Cara Mengemas Barang Bawaanmu

Ruang gerak yang luas

Ruang gerak yang luas di antara tempat duduk kereta api tidak akan kamu rasakan di pesawat, kecuali kamu membeli tiket pesawat kelas bisnis atau eksekutif. Penumpang kereta api kelas ekonomi tetap bisa menjulurkan kakinya ke depan agar tidak merasa pegal dan kaku. Sedangkan untuk penumpang kereta api kelas eksekutif, tempat duduk dilengkapi dengan sandaran kaki. Sehingga kamu bisa menggerakkan kaki dengan leluasa.

Lorong yang besar bisa kamu gunakan untuk berlalu lalang saat kaki terasa pegal karena terlalu lama duduk. Jika tidak ada penumpang yang duduk di kursi sebelahmu, manfaatkan ruang tersebut untuk merebahkan tubuh dan beristirahat sejenak. Bagian sandaran kursi juga bisa diatur kemiringannya tergantung dengan kenyamananmu.

Tidak perlu khawatir kehabisan baterai gadget

Zaman sekarang, gadget adalah segalanya. Kamu bisa mengusir rasa bosan sambil bermain game di gadget kesayangan dan berkomunikasi dengan teman yang ada di tempat lain. Agar tidak mati gaya, kamu harus memastikan baterai gadget tetap terisi cukup. Saat ini gerbong kereta api dilengkapi dengan soket listrik pada masing-masing tempat duduk sehingga kamu bebas mengisi ulang baterai kapan saja tanpa harus berebut dengan penumpang lain.

Pemandangan yang indah

Pemandangan yang indah di sepanjang jalan ternyata bukan omong kosong belaka. Pemandangan serba hijau dari hamparan sawah dan kebun hanya bisa kamu nikmati selagi bepergian menggunakan kereta api. Pikiran akan terasa lebih tenang dan mata menjadi lebih segar. Bayangkan jika pergi menggunakan pesawat, yang bisa kamu lihat hanyalah laut dari kejauhan dan gumpalan awan selama perjalanan.

Tidur dengan nyaman

Sumber: Simpli Faster

Perjalanan panjang menggunakan kereta api akan membuat tubuh lelah. Untungnya, pihak kereta api menyediakan selimut dan bantal untuk penumpang. Dijamin waktu tidurmu akan lebih nyaman dan berkualitas.

Bagaimana, masih ragu untuk naik kereta api?

296

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here