Sumber: Sekretariat Kabinet

Indonesia berada di garis khatulistiwa. Lokasi yang strategis ini membuat Indonesia memiliki alam yang luar biasa mempesona. Di Indonesia, kamu bisa menemukan berbagai wisata alam mulai dari gunung, gunung berapi, hutan tropis, bukit, laut, pantai, kawah, dan danau.

Danau di Indonesia ada banyak jenisnya. Ada yang terbentuk alami, buatan manusia, ada juga yang terbentuk akibat letusan gunung berapi. Terlepas dari jenisnya, danau-danau di Indonesia ini sangat cantik dan memiliki keunikannya tersendiri. Bagi kamu yang berminat untuk bersantai di danau, kami akan berikan rekomendasi 7 danau yang wajib dikunjungi pada tahun 2019 nanti.

Danau Labuan Cermin, Kalimantan

Danau Labuan Cermin berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Danau cantik yang satu ini diberi nama cermin karena airnya yang sangat jernih. Kedalamannya hanya 3 meter sehingga karang yang ada di bawahnya bisa terlihat dengan jelas dari permukaan. Danau Labuan Cermin juga dikenal warga setempat sebagai danau dua rasa karena danau ini merupakan pertemuan air laut yang asin dan air danau yang tawar. Meski sangat jernih, jika dilihat dari kejauhan air danau seperti gradasi biru tua, biru muda, hijau toska, dan putih. Kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini adalah berenang, snorkeling, dan menyelam.

Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba adalah danau yang paling terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Danau terbesar di Indonesia ini mempunyai panjang 100 km,  lebar 30 km, dan kedalaman 450 meter. Selain menonjol karena ukurannya yang sangat besar, Danau Toba memiliki sebuah pulau di bagian tengahnya yaitu Pulau Samosir. Pulau Samosir ini masih menjunjung tinggi adat dan budaya setempat. Bagi kamu yang ingin mempelajari kebudayaan setempat dan melihat peninggalan budaya seperti kuburan batu dan desa tradisional, luangkan waktu khusus untuk mengunjungi Pulau Samosir.

Baca Juga: Traveling Ke Sumatera Utara, Jangan Lewatkan 9 Tempat Indah Sekitar Danau Toba

Danau Sentani, Papua

Sumber: Wisata Priangan

Bicara tentang wisata alam di Papua, kita akan teringat dengan Raja Ampat yang keindahannya sudah mendunia. Tapi tahukah kamu kalau Papua juga memiliki danau yang juga menarik untuk dikunjungi? Danau tersebut adalah Danau Sentani yang berada di lereng Cagar Alam Cycloop dengan ketinggian 75 mdpl. Untuk mengunjungi Danau Sentani, kamu harus menempuh jalur darat sejauh 50 km dari Jayapura. Di Danau Sentani, kamu bisa melihat keragaman biota laut seperti ikan gabus, hiu sentani, dan hiu gergaji. Jika punya kesempatan, waktu terbaik untuk mengunjungi danau ini adalah pada saat pertengahan tahun di mana Danau Sentani menjadi area penyelenggaraan Festival Danau Sentani yang sarat kebudayaan Papua.

Danau Maninjau, Sumatera Barat

Danau Maninjau di Sumatera Barat adalah salah satu danau yang terbentuk akibat letusan gunung berapi Gunung Sitinjau dan berada di ketinggian 460 mdpl. Untuk bisa mengunjungi danau yang identik dengan legenda Bujang Sembilan ini, kamu harus mempersiapkan kondisi tubuh yang fit serta kendaraan yang prima karena perjalanannya cukup sulit saat melewati Kelok 44 atau sebuah jalan pegunungan yang menurun dan berkelok-kelok. Perjalanan yang sulit tersebut nantinya akan terbayarkan dengan keindahan Danau Maninjau yang berlatar belakang perbukitan.

Danau Ranu Kumbolo, Jawa Timur

Danau Ranu Kumbolo berada di kaki Gunung Semeru, tepatnya di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Danau Ranu Kumbolo ini biasa disebut sebagai surga tersembunyi karena lokasinya tersembunyi dan jalur trekkingnya terbilang cukup sulit bagi pemula. Meski sulit, di sepanjang perjalanan kamu akan menemukan berbagai pemandangan alam yang indah. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Danau Ranu Kumbolo ini adalah pada pagi hari saat matahari terbit dari balik bukit atau pada malam hari untuk menikmati keindahan langit malam yang penuh bintang.

Danau Segara Anak, Nusa Tenggara Barat

Sumber: Panoramio

Danau Segara Anak berada di kawah Gunung Rinjani. Danau ini diberi nama Segara Anak karena airnya berwarna biru bagaikan air laut. Untuk menikmati keindahan danau ini, kamu harus melakukan trekking karena lokasinya ada pada ketinggian 2.000 mdpl. Danau ini seringkali menjadi tempat istirahat para pendaki Gunung Rinjani. Di sekitar danau ada sebuah sumber air panas yang dipercaya dapat mengobati segala jenis penyakit.

Danau Poso, Sulawesi

Dengan panjang 32 km, lebar 16 km dan kedalaman 195 meter, Danau Poso menjadi danau terbesar ketiga di Indonesia. Danau yang terletak di Kabupaten Poso ini juga terkenal di berbagai penjuru dunia. Danau ini memiliki keunikan tersendiri berupa pasir putih yang mengelilinginya bagaikan pantai. Kamu bisa mengelilingi danau menggunakan perahu motor. Danau yang memiliki udara sejuk ini juga menjadi tempat memancing dan budi daya ikan bagi warga setempat. Puas bermain di danau, sempatkan diri untuk mengunjungi Wisata Alam Bancea yang menjadi lokasi konservasi anggrek terbesar di Indonesia.

468

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here