Sumber: iRadio FM

Bogor adalah salah satu kota favorit warga Jakarta untuk berlibur di akhir pekan. Tidak hanya karena lokasinya yang dekat sehingga tidak membutuhkan banyak waktu, biaya untuk berlibur di sana pun bisa dibilang sangat terjangkau.

Bogor sudah terkenal dengan tempat wisata alamnya yang sejuk dan indah. Namun, kalau pergi liburan bersama si kecil sudah pasti kamu harus mempertimbangkan beberapa hal pada sebuah tempat wisata. Apakah anak akan merasa senang? Apakah anak akan mendapatkan pengalaman yang baru? Apakah tempat tersebut aman bagi mereka?

Daripada bingung, kami akan berikan daftar tempat wisata anak di Bogor yang bisa menambah keceriaan mereka. Kamu tinggal pilih saja mau pergi ke mana. Yuk, simak daftarnya berikut ini!

Melrimba Garden

Sumber: Clozette

Bagi para pecinta tanaman, kunjungilah Melrimba Garden di mana kamu bisa menemukan berbagai jenis bunga dan pohon kemudian menunjukkan beberapa bunga yang belum pernah dilihat oleh anak sebelumnya. Setiap sudut di Melrimba Garden ini bisa jadi spot foto yang cantik untuk kamu sekeluarga.

Objek utama yang patut dikunjungi oleh si kecil adalah strawberry pick & eat, serta tea walk. Untuk anak yang sangat aktif, bawalah mereka bermain go kart mini, trampoline, berjalan di atas tali, hingga menaiki fun boat.

Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya

Sebuah penangkaran rusa yang sudah ada sejak tahun 1993 ini memiliki luas sekitar 5 hektar. Di sini kalian bisa berinteraksi dengan rusa-rusa yang dilepas bebas. Rusa yang dikembangbiakan di penangkaran ini ada 3 jenis yaitu rusa Cheetal, rusa Jawa, dan rusa Bawean.

Dari tempat parkir menuju area penangkaran, kalian perlu menyeberangi jembatan gantung di atas Sungai Cibeet yang pemandangannya cukup menyegarkan. Sesampainya di area penangkaran, kamu langsung bisa melihat rusa-rusa yang sedang berkeliaran. Untuk memberi makan, kamu tidak bisa memberi sembarang makanan melainkan ubi khusus yang disediakan oleh pihak penangkaran agar rusa tidak keracunan. Meski terlihat jinak, jangan lupa untuk menghargai rusa tersebut agar tidak diserang, ya!

Cibalung Happy Land

Sesuai dengan namanya, Cibalung Happy Land akan membuat semua pengunjungnya merasa happy alias senang. Di sini kamu bisa melakukan berbagai macam permainan outbound seperti flying fox, paintball, high rope, dan menaiki ATV. Kemudian pergi bermain air di waterpark, serta melakukan kegiatan yang biasa dilakukan petani dan peternak seperti memerah susu sapi dan memberi makan kelinci.

Bagi yang ingin menginap, Cibalung Happy Land juga menyediakan lahan kemah dan penginapan untuk para pengunjungnya. Kamu tinggal pilih mau bermalam di sebelah mana.

Kebun Raya Bogor

Salah satu kebun raya yang paling terkenal di Indonesia adalah Kebun Raya Bogor. Dengan luas sekitar 87 hektar, kebun ini menjadi rumah dari berbagai jenis tanaman. Uniknya lagi, dari dalam Kebun Raya Bogor ini para pengunjung bisa mengintip halaman belakang Istana Bogor yang dipenuhi oleh rusa.

Spot yang bisa kamu kunjungi bersama anak salah satunya adalah Danau Gunting yang dihiasi oleh banyak bunga teratai dan air mancur di bagian tengah. Sangat sejuk! Selain itu ada juga Taman Meksiko di mana anak-anak bisa mempelajari tanaman beriklim tropis seperti kaktus dan lainnya.

EcoArtPark Sentul

Taman yang satu ini tidak hanya cocok untuk bersantai tapi bisa jadi sarana edukasi bagi si kecil. Ada dua area pada taman ini yaitu Taman Patung dan Taman Ilmu Pengetahuan. Pada Taman Patung, anak-anak bisa berfoto dengan berbagai macam patung seperti patung transformer yang dibuat dari bagian mesin mobil. Ada juga patung pesumo, kereta api, dan masih banyak lagi.

Sedangkan pada Taman Ilmu Pengetahuan, mereka akan dihadapkan dengan sejumlah alat yang unik. Misalnya saja berkomunikasi menggunakan dua parabola yang terpisah jarak sejauh 15 meter. Ada ilmu pengetahuan apa lagi yang bisa anak dapatkan di sana? Langsung saja cari jawabannya sendiri ke sana!

Baca Juga: Tips Bermanfaat Saat Mengajak Anak Untuk Traveling

Kuntum Farm Field

Kuntum Farm Field adalah tempat di mana anak-anak bisa menjajal berbagai profesi yang ada di pedesaan seperti peternak dan petani. Mereka akan diajari bagaimana cara merawat hewan ternak seperti memberi makan dan memerah susu sapi. Mereka juga bisa menikmati pengalaman untuk menunggang kuda. Ingin kegiatan yang lebih menantang untuk si kecil, ajaklah mereka memancing ikan. Sebagai petani, mereka akan diajari cara menanam, memelihara, dan memetik tanaman baik itu buah atau pun sayuran.

Museum Zoologi

Sumber: Smartmama

Museum yang sudah ada sejak tahun 1894 ini adalah gudangnya koleksi fosil beragam fauna. Di tengah bangunan bernunasa Eropa kuno ini, kamu bisa menemukan jutaan tulang belulang fauna. Jika melihat fauna dalam kehidupan sudah sering, inilah saatnya untuk mengajarkan kepada anak mengenai susunan tulangnya. Suhu udara di dalam museum ini cukup dingin untuk menjaga kondisi fosil fauna. Bawalah jaket agar si kecil tidak kedinginan, ya.

766

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here