Sumber: Lima Kaki

Bintan selama ini dikenal sebagai kawasan wisata yang dipenuhi oleh resort-resort mewah dan dikelilingi oleh pemandangan pantai. Tempat ini memang sering dijadikan destinasi wisata bagi orang yang ingin mendapatkan ketenangan dan kenyamanan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Kebanyakan orang menganggap kegiatan yang bisa dilakukan di Bintan hanyalah bermain di pantai atau menikmati cocktail dari pinggir kolam renang saja. Kenyataannya, Bintan memiliki beragam tempat wisata yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Penasaran? Langsung saja simak daftar tempat wisata di Bintan berikut ini!

Gurun Pasir Busung

Sumber: Travelling Yuk

Di sebuah pulau eksotis dengan pantai yang mengelilinginya seperti Pulau Bintan, mungkin kamu tidak pernah menyangka bisa menemukan gurun pasir. Gurun Pasir Busung yang ada di Pulau Bintan ini bisa dibilang memiliki kontur yang unik. Pasalnya kamu akan menemukan sejumlah gundukan pasir yang menyerupai bukit.

Gurun Pasir Busung sendiri muncul akibat kegiatan penambangan bauksit. Pemandangannya cukup indah dan cocok dijadikan spot foto. Tempat ini masih cukup sepi dari pengunjung karena tidak ada promosi dari pemerintah setempat. Namun, tempat ini mudah dijangkau dari Jalan Raya Busung menggunakan kendaraan pribadi. Jalannya pun tidak terlalu sulit untuk dilewati.

MV Doulos Phos

Terkenal dengan resort mewah dan pantai yang eksotis, bukan berarti Bintan tidak memiliki sejarah yang menari untuk disimak. Salah satu peninggalan sejarah di Bintan adalah kapal yang berada di Pelabuhan Bandar Bentan Telani.

Kapal tersebut adalah MV Doulos Phos yang dibangun pada tahun 1914 dengan nama asli SS-Medina. Menurut catatan, kapal MV Doulos Phos ini adalah kapal penumpang tertua di dunia dan pernah digunakan untuk misi kemanusiaan.

Meski tidak bisa masuk ke dalamnya, kamu bisa menyaksikan kemegahannya dari luar dan mengambil foto keren di sana.

Danau Kawal

Warna air Danau Kawal ini berwarna biru jernih. Di sekeliling kolam, ada banyak bukit pasir yang berwarna putih. Sekilas, terlihat seperti Danau Kaolin yang ada di Belitung. Pemandangannya sangat kontras antara warna putih pasir dan birunya air.

Danau yang satu ini tercipta bukan karena fenomena alam, melainkan akibat kegiatan penambangan yang hingga kini masih berlangsung. Saat berkunjung ke sini, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ya!

Kepri Marine Festival

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, wajar jika Indonesia memiliki banyak perayaan atau festival bahari. Salah satu daerah yang sering mengadakan festival bahari adalah Bintan dengan nama festival Kepri Marine Festival.

Festival yang diadakan rutin setiap tahun ini diikuti oleh banyak peserta untuk merayakan kekayaan bahari yang dimiliki sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan dalam maupun luar negeri.

Beberapa kegiatan yang bisa kamu nikmati di sini adalah perlombaan perahu naga, pertunjukan musik, permainan tradisional, hingga peragaan busana. Selain itu ada juga Kepri Carnival di mana sejumlah peserta menggunakan kostum yang menakjubkan bertema bahari kemudian berjalan di sepanjang waterfront.

The Canopi

Tidak hanya di Bandung atau Bogor, Bintan juga memiliki kawasan untuk glamping alias glamour camping. Di The Canopi, kamu bisa merasakan berkemah namun mendapatkan kenyamanan ala hotel bintang lima. Totalnya ada 41 buah tenda yang bisa digunakan. Masing-masing tenda ini dikelilingi oleh pepohonan dan memiliki pemandangan hutan mangrove. Sangat asri!

Sedangkan untuk fasilitasnya, masing-masing kamar akan mendapatkan penyejuk ruangan, ranjang dengan kelambu, Jacuzzi di area outdoor, serta layanan WiFi gratis dengan kecepatan tinggi.

Crystal Lagoon

Sumber: The Wow Experience

Tahukah kamu kalau Indonesia memiliki laut buatan? Adalah Crystal Lagoon, sebuah laut buatan pertama di Asia Tenggara. Airnya begitu jernih dan bersih, di sekitarnya terdapat hamparan pasir putih. Karena buatan manusia, Crystal Lagoon ini sangat aman untuk berenang atau pun sekedar mengapung di atas pelampung berukuran besar.

Tempat wisata yang populer di kalangan wisata ini selalu ramai pengunjung. Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir harus berdesak-desakan karena laguna ini memiliki ukuran ekstra luas sekitar 50 kali lebih besar dari kolam untuk olimpiade.

Baca Juga: 10 Pulau Cantik Di Indonesia Ini Bisa Bikin Liburanmu Menyenangkan

Bintan Wake Park

Bintan Wake Park adalah tempat wisata yang cocok bagi kamu para pecinta olahraga air. Di sini kamu bisa menjajal olahraga wakeboarding. Olahraga ini mengharuskan kamu untuk berdiri di atas papan selancar sambil ditarik dengan tali yang digerakan oleh kapal.

Jika kamu masih belum puas setelah bermain wakeboarding, cobalah jetovator untuk sensasi terbang ala superhero atau underwater scooter untuk berkeliling di bawah air.

Rumah Arang

Jika di kutub ada rumah Igloo, di Bintan pun ada rumah yang menyerupai Igloo juga. Bedanya, rumah yang ada di Bintan ini tidak terbuang dari es melainkan batu bata. Rumah Arang ini bukan berfungsi sebagai rumah tinggal, melainkan rumah pembuatan arang atau dapur tungku. Saat ini rumah arang ditinggalkan begitu saja sejak pembakaran bakau sebagai bahan utama pembuatan arang dilarang oleh pemerintah. Sekarang Rumah Arang peninggalan Suku Laut.

741

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here