Sumber: Kacamata Wisata

Selama ini kota Kediri hanya dikenal sebagai tempat kelahiran Presiden Soekarno dan kota Kediri dikenal sebagai Kota Tahu. Hanya sedikit wisatawan yang khusus berkunjung ke kedua kota tersebut untuk berlibur dan menikmati berbagai tempat wisata yang ada.

Memang betul kedua kota ini tidak begitu populer sebagai tujuan wisata. Sayang, padahal kedua kota ini memiliki begitu banyak tempat wisata alam maupun buatan yang bisa membuat kamu bersenang-senang dan melepas stres.

Tidak percaya? Coba simak daftar tempat wisata di Kediri dan Blitar yang belum kamu ketahui berikut ini!

Gardu Pandang Perkebunan Nglegok

Sumber: Klik Mania

Dari Gardu Pandang Sumbersari yang ada di Perkebunan Nglegok, kamu bisa menyaksikan kemegahan Gunung Kelud. Tidak hanya itu, Gunung Kelud ini juga menjadi latar belakang dari sebuah bukit yang dikenal sebagai Bukit Teletubbies. Begitu asri dan indah pemandangannya.

Di gardu ini juga ada beberapa spot foto yang disukai para pengunjung. Misalnya saja gardu pandang yang menyerupai balon udara.

Selain berfoto dan menikmati pemandangan alam, para pengunjung juga bisa melakukan berbagai kegiatan menarik seperti bermain mobil ATV, bersantai di atas hammock, dan masih banyak lagi. Agar lebih berkesan, datanglah pada saat matahari terbit atau pun terbenam.

Kedung Entong

Air terjun yang satu ini lokasinya cukup tersembunyi, namun wajib untuk kamu singgahi selagi berada di Blitar. Jalanan menuju ke air terjun Kedung Entong sudah cukup tua dan kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Bahkan para pengunjung harus melewati sebuah sungai dengan arus yang cukup deras.

Air terjunnya tidak terlalu tinggi atau pun deras. Air mengalir dari antara bebatuan. Karena lokasinya tersembunyi dan belum ada banyak orang yang tahu, tempat ini seakan-akan merupakan milik kamu seorang. Suasananya sangat asri. Kamu bebas berenang dan berfoto-foto sampai puas.

Jurug Bening

Sesampainya di lokasi air terjun Jurug Bening, kamu dijamin akan langsung merasa sejuk di siang hari meski matahari begitu silau. Bebatuan yang ada di sekitar air terjun ini cukup berbeda dengan air terjun lainnya. Permukaan batu cukup rata dan terlihat bagaikan disusun oleh alam dengan rapi.

Air terjun Jurug Bening ini cukup deras. Pemandangan di sekitarnya begitu indah berkat hamparan sawah dan sungai yang ada. Namun, kamu perlu berhati-hati ketika berjalan menuju lokasi air terjun ini karena jalanannya cukup terjal dan licin.

Pantai Umbul Waru

Biasanya air terjun akan turun mengalir ke sebuah kolam yang ada tepat di bawahnya. Namun, Pantai Umbul Waru justru memiliki sebuah air terjun yang mengalir langsung ke laut lepas. Uniknya lagi, meski berada di kawasan laut, air terjun yang satu ini tetap memiliki air tawar. Terdengar keren, ya! Oh ya, jika ingin berkunjung ke sini sebaiknya pada pagi hari sebelum air laut mengalami pasang.

Air Terjun Tirto Galuh

Sumber: Mari Pelesir

Pemandangan alam di kawasan air terjun Tirto Galuh pasti akan membuat kamu terkagum-kagum. Bagaimana tidak, meski airnya berasal dari satu aliran sungai, kamu akan menemukan beberapa titik air terjun dengan ketinggian beragam. Hal ini membuatnya tampak bagaikan latar belakang film-film khas negeri dongeng.

Karena memiliki beberapa titik air terjun di dalam satu kawasan, maka ada banyak spot juga yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Salah satunya adalah spot palung sungai yang menyerupai kolam kecil di mana kamu bisa berendam. Kamu juga bisa berenang di bagian kolam air terjun, dengan catatan memperhatikan peringatan dari pihak pengawas karena ada beberapa spot yang arusnya cukup deras dan membahayakan keselamatan. Di dekat air terjun ini juga ada permainan flying fox yang bisa kamu jajal.

Gua Luweng

Gua Jomblang yang ada di Gunung Kidul menjadi terkenal berkat cahaya eksotis yang muncul dari lubang bagian atas. Sedangkan Gua Luweng terkenal berkat air yang mengalir dari atas lubang gua. Ditemani dengan sinar matahari yang menyeruak masuk, penampilan gua ini tidak kalah eksotisnya dengan gua lain.

Perjalanan menuju Gua Luweng ini pun tidak terbilang sulit. Para pengunjung bisa menikmati keindahan gua ini dari bawah permukaan tanah sambil ber-selfie ria atau pun membasahi badan dengan air yang sejuk ini. Mau coba?

Bukit Kura-kura Ongakan

Bukit Kura-kura Ongakan berada di kaki lereng Gunung Kelud. Sejauh mata memandang, kamu akan menemukan pepohonan yang hijau. Sangat asri dan menyejukkan hari. Udaranya cukup sejuk untuk mendinginkan tubuh yang selama ini berada di udara panas.

Di sini ada beberapa gardu pandang yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan dari ketinggian sekaligus menjadi spot berfoto. Lokasi terbaik dari Bukit Kura-kura Ongakan adalah bagian ujung dari hutan pinus.

Baca Juga: Tips Traveling ke Karimun Jawa yang Murah Namun Tetap Menyenangkan

Daftarnya masih belum selesai sampai di sini. Yuk, nantikan bagian berikutnya!

1090

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here