Sumber: Panorlens

Wisata di Jawa Tengah biasanya berpusat pada Solo dan Yogyakarta. Bukan tanpa alasan, kedua kota ini memiliki kekayaan alam yang luar biasa mempesona dan kekayaan budaya yang masih terjaga di tengah kehidupan modern ini.

Kekayaan alam dan budaya dari Solo ini ternyata juga bisa dirasakan di kota-kota di sekitarnya seperti Wonogiri, Boyolali, Karanganyar, Sukoharjo, dan Klaten. Jadi saat liburan ke Solo nanti, pastikan juga untuk melipir sebentar ke beberapa kota tersebut untuk menikmati sejumlah tempat wisata yang hits.

Penasaran dengan tempat wisata hits apa saja yang bisa kamu kunjungi selama di sana? Langsung saja simak daftarnya berikut ini!

Bukit Sekipan

Sumber: Bro Bali

Bukit Sekipan ini bisa dibilang one stop recreation place. Hanya dengan mengunjungi satu tempat, para pengunjung bisa mendapatkan banyak hal. Misalnya saja bermain air di mini waterpark atau berjalan santai di taman yang asri dan dipenuhi bunga warna-warni.

Di Bukit Sekipan, kamu juga bisa mengunjungi Papua lewat Rumah Papua. Area Rumah Papua ini menampilkan berbagai miniatur rumah adat yang ada di Indonesia bagian timur. Cocok untuk dijadikan latar belakang foto. Selain itu ada juga Kampung Halloween di mana kamu bisa menemukan berbagai hantu nusantara. Menyeramkan? Tentu. Namun jangan takut terus-terusan karena ternyata hantu-hantu di sini cukup ramah dengan pengunjung.

Gantole Wonogiri

Sebagai manusia, kita terbiasa berdiri di atas tanah dengan kedua kaki. Bagaimana kalau sekali-kali menjajal terbang di angkasa bagaikan burung yang sedang berpindah tempat? Jika kamu berminat, pergilah bermain gantole di Gantole Wonogiri.

Dengan menjajal gantole, kamu bisa menikmati pemandangan alam seperti Waduk Gajah Mungkur dan perbukitan dari sudut yang berbeda.

Candi Plaosan, Klaten

Bukan liburan ke Jawa kalau tidak mengunjungi sejumlah candi bersejarah. Salah satu yang harus kamu kunjungi adalah Candi Plaosan di Klaten. Menurut sejarah, candi ini adalah bukti cinta Rakai Pikatan kepada Pramodyawardani.

Meski tidak semegah Candi Borobudur, Candi Plaosan ini tetap memancarkan aura yang eksotis dan cantik. Lokasinya yang berada di tengah hamparan sawah membuat candi ini terlihat apik di dalam jepretan foto. Pada beberapa sudut tertentu dari candi, kamu pun bisa menikmati keindahan alam sekitar.

Baca Juga: Fakta Unik Seputar Candi Borobudur yang Perlu Kamu Ketahui

Candi Sewu, Sleman

Sumber: Wikipedia

Candi Sewu di Sleman merupakan candi terbesar kedua di Indonesia. Keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Karena sudah termakan usia dan bencana alam, candi ini sudah tidak berdiri sempurna. Beberapa bagiannya sudah menjadi reruntuhan candi. Meski demikian, bagian candi yang masih berdiri kokoh dan yang sudah menjadi reruntuhan ini tampil selaras, bahkan membuatnya terlihat semakin menarik.

Umbul Pongok, Klaten

Umbul Pongok yang ada di Klaten ini tidak hanya sekedar taman bermain air biasa. Di sini, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang biasanya kamu lakukan di darat seperti bermain laptop hingga mengendarai sepeda motor di dalam air. Ya, di dalam air. Kamu tidak pernah menyangka kalau kamu bisa mengendarai sepeda motor di dalam air, bukan?

Buktikan sendiri dengan berkunjung ke Umbul Pongok! Hanya dengan satu tarikan nafas, kamu bisa berpose dengan berbagai objek yang sudah disediakan bagaikan sedang melakukannya sungguhan.

Umbul Cokro Tulung, Klaten

Taman bermain air Umbul Cokro Tulung memiliki suasana yang menyerupai hutan. Airnya cukup deras dan berlimpah, namun aman untuk diarungi. Air yang digunakan di sini berasal dari sumber air alami yang berada di sela-sela pepohonan ingas. Kebayang kan betapa segarnya bermain air di sini?

Bagi pengunjung yang tidak suka bermain basah-basahan, cobalah mengelilingi tempat ini untuk bersantai di atas jembatan gantung, hammock, atau pun di antara pepohonan ingas.

Omah Jungkir, Wonogiri

Apa rasanya jika kita bisa berjalan terbalik di langit-langit rumah? Jika kamu penasaran, kunjungilah Omah Jungkir di Wonogiri. Di sini, kamu tidak akan jungkir balik sungguhan melainkan perabotan rumah yang akan disusun terbalik. Dengan demikian, kamu bisa menghasilkan foto bagaikan sedang jungkir balik di rumah.

Buatlah pose-pose dramatis agar hasil fotonya semakin terlihat real. Dijamin teman-teman yang melihatnya akan kagum sekaligus iri ingin ke sana juga!

Telaga Biru, Sukoharjo

Telaga Biru di Sukoharjo muncul akibat ketidaksengajaan yang ditimbulkan oleh manusia. Pada awalnya area ini adalah area pertambangan kapur. Hasil kerukan tambang yang berbentuk cekung ini lama kelamaan terisi oleh air hujan, sehingga muncullah sebuah telaga.

Meski Telaga Biru ini bukanlah danau yang terbentuk oleh alam, ia memiliki keunikan tersendiri yaitu airnya yang bisa berubah warna. Pada satu waktu airnya berwarna hijau, di waktu lain airnya berwarna biru. Pemandangan di sekitar telaga ini juga begitu indah karena dikelilingi tebing putih kecokelatan dan pepohonan yang tumbuh subur.

Demikian 15 tempat wisata yang ada di sekitar Solo. Selamat berlibur!

731

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here