Sumber: Detik News

Purwakarta adalah sebuah kota yang berada 60 km dari Bandung. Kamu yang sudah biasa naik kereta ke Bandung dari Jakarta, pasti sudah tidak asing lagi dengan Stasiun Purwakarta yang terkenal dengan rongsokan gerbong kereta api nan Instagramable itu. Tapi, apakah kamu tahu kalau kota yang satu ini punya potensi wisata yang begitu menarik?

Bagi kamu yang belum tahu mengenai tempat wisata di Purwakarta, coba simak daftarnya berikut ini!

The Colorville at Alam Sari Wates

Sumber: Fave

The Colorville yang ada di Alam Sari Wates adalah satu tempat yang menyediakan beragam kegembiraan untuk para pengunjungnya. Bagi yang suka dengan pemandangan alam, kamu bisa naik ke rumah pohon untuk bersantai ditemani dengan pemandangan alam dan jalan raya dari kejauhan.

Bagi yang suka foto-foto, mampirlah ke Upside Down Room di mana kamu bisa berfoto seperti sedang jungkir balik di dalam ruangan. Bagi yang suka dengan kegiatan penguji nyali, cobalah bermain ayunan di ketinggian atau menyeberangi tempat di atas sebuah tali.

Taman Air Mancur Sri Baduga

Air mancur yang satu ini sekilas terlihat biasa saja bagaikan air mancur lainnya yang berada di tengah taman. Tapi begitu langit mulai gelap, kamu akan disuguhi pertunjukan air mancur yang begitu indah. Taman Air Mancur Sri Baduga ini dilengkapi dengan tata cahaya dan gerakan air mancur yang cantik. Seakan-akan air mancur ini tengah menari kegirangan.

Kabarnya akan ada pertunjukan air mancur kolosal yang dilengkapi dengan musik juga. Pastinya akan semakin keren ya! Oh ya, perlu kamu ketahui kalau tempat wisata yang satu ini termasuk dalam 5 besar destinasi wisata terbaik di Indonesia. Para pengunjung pun tidak dikenakan biaya untuk menyaksikan pertunjukan ini.

Stasiun Kereta Api Purwakarta

Seperti yang sudah disampaikan di awal, Stasiun Purwakarta terkenal akan tumpukan gerbong-gerbong kereta api lama yang sudah tidak digunakan lagi. Tumpukan gerbong ini menjadi objek foto yang sangat Instagramable.

Bagi kamu yang datang ke Purwakarta menggunakan kereta api, sempatkan diri untuk menyaksikan tumpukan gerbong tersebut dan abadikan dalam bentuk foto. Hasilnya akan sangat menarik untuk dipajang di timeline Instagram. Arsitektur stasiunnya sendiri juga terlihat menawan karena masih menggunakan arsitektur khas kolonial. Siapkan kamera setibanya di stasiun ini ya!

Baca Juga: 7 Hal Ini Hanya Bisa Kamu Nikmati Ketika Menggunakan Kereta Api

Kampung Panenjoan

Kampung Panenjoan adalah sebuah spot wisata yang memiliki pemandangan alam mempesona. Sejauh mata memandang, kamu akan menemukan hamparan pepohonan hijau dan perbukitan dengan latar belakang Danau Juanda Jatihluhur.

Yang seru dari Kampung Panenjoan adalah jalur pejalan kakinya tidak dibuat berupa jalan setapak, melainkan dibangun di atas jembatan bambu. Hasilnya, para pengunjung mendapatkan pengalaman yang sangat berkesan bagaikan benar-benar kembali ke alam.

Gunung Lembu

Sumber: Blog Reservasi

Salah satu gunung yang wajib kamu kunjungi selagi berada di Purwakarta adalah Gunung Lembu. Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini adalah menyaksikan keindahan Purwakarta dan Waduk Jatiluhur dari ketinggian. Waktu kedatangan yang paling tepat adalah pada saat matahari terbenam di mana langit berubah warna menjadi oranye kemerahan. Sangat romantis dan indah.

Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur ini tidak seperti waduk pada umumnya yang hanya berfungsi sebagai penampungan air. Waduk yang terbesar di Indonesia ini merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Purwakarta. Para pengunjung bisa mendayung perahu, bersantai di pinggir waduk, hingga bermain ke rumah pohon.

Gunung Bongkok

Kalau kamu bisa menyaksikan momen matahari terbenam di Gunung Lembu, maka jangan lewatkan momen matahari terbit dari Gunung Bongkok yang disebut sebagai salah satu spot menyaksikan matahari terbit terbaik di Purwakarta.

Gunung dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut ini relatif mudah didaki dan memiliki 2 puncak yaitu Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpuk. Dari kedua puncak ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan alam Gunung Parang, Waduk Jatiluhur, dan Kota Purwakarta secara keseluruhan.

Gunung Parang

Jika di gunung-gunung sebelumnya kamu hanya bisa menikmati keindahan alam saja, di Gunung Parang kamu bisa melakukan berbagai kegiatan ekstrim seperti bersantai di atas hammock yang digantung di antara dua tebing, ropelling, rapelling, panjat tebing via ferrata yang bisa dilakukan oleh para pemula, dan masih banyak lagi.

Masyarakat setempat juga membangun beberapa rumah pohon untuk dinikmati para pengunjung. Tempatnya nyaman untuk beristirahat sementara.

Kampung Wisata Tajur

Salah satu cara menikmati dan mempelajari kehidupan warga di pedesaan adalah dengan turun langsung ke kampung, seperti Kampung Wisata Tajur. Para warga di sini meminjamkan rumahnya untuk penginapan para pengunjung. Di sini para pengunjung akan diajak beternak, menanam padi, hingga belajar kebudayaan setempat seperti tarian serta tetembangan. Sambil liburan, sambil mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang baru rasanya akan menyenangkan.

150

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here