Sumber: Reresepan

Saat jalan-jalan ke Surabaya, tempat wisata apa saja sih yang kamu kunjungi? Kebun Binatang Surabaya, Monumen Pahlawan, atau Museum Sepuluh November? Itu sih sudah terlalu mainstream. Bagaimana kalau mengunjungi tempat wisata alam tersembunyi yang ada di sekitar Surabaya?

Serunya berkunjung ke tempat wisata tersembunyi adalah kamu tidak perlu berdesak-desakan saat ingin bersantai atau pun mengambil foto. Selain itu, suasana tempat wisata alam ini masih begitu asri tanpa ada jejak keisengan wisatawan yang tidak bertanggung jawab. Ditambah lagi, kamu bisa jadi trendsetter dan mempromosikan keindahan tempat wisata alam tersebut. Seru ya!

Tunggu apalagi, segera rencanakan waktu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata alam tersembunyi di sekitar Surabaya berikut ini!

Tanjung Gaang, Gresik

Sumber: Pinterest

Melarikan diri dari kesibukan di tengah kota perlu kamu lakukan secara rutin agar tidak merasa stres. Salah satu yang tepat untuk pelarian ini adalah Tanjung Gaang. Pemandangan di darat sangat asri, sedangkan pemandangan bawah lautnya begitu mempesona.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menikmati alam Tanjung Gaan. Beberapa di antaranya adalah bermain kano dengan perahu nelayan setempat atau naik ke batu karang dan menikmati pemandangan yang indah dari ketinggian. Kalau kamu mau berenang atau snorkeling, juga diperkenankan loh.

Pulau Gili Labak, Madura

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang Gili Air atau Gili Trawangan yang ada di Lombok. Tapi kamu pasti belum pernah mendengar yang namanya Pulau Gili Labak di Sumenep. Meski tidak sepopuler gili yang ada di Lombok, gili yang satu ini memiliki keindahan yang tidak bisa disepelekan.

Pulau Gili Labak memiliki luas sekitar 5 hektar dan hamparan pasir putih di sepanjang pantai. Air pantainya berwarna biru dan sangat jernih sampai-sampai kamu bisa melihat terumbu karang yang ada di bawahnya.

Berhubung tempat wisata alam yang satu ini masih tergolong perawan, kamu tidak akan menemukan banyak fasilitas di sini. Saat berkunjung nanti, pastikan kamu membawa bekal dan tidak meninggalkan sampah di sana ya.

Goa Mas Blaban, Pamekasan

Alam bawah tanah memang selalu eksotis dan memiliki aura mistis. Namun, Goa Mas Blaban yang ada di Pamekasan ini terlihat berbeda dari gua lainnya. Suasananya begitu indah dan terang. Jajaran stalaktit dan stalakmit akan terlihat warna-warni saat terkena paparan sinar matahari.

Karena pencahayaan di gua ini cukup baik, kamu bisa puas berfoto di bagian dalamnya tanpa memerlukan bantuan sinar tambahan lagi.

Pemandian Sumber Pocong, Bangkalan

Kolam pemandian dengan sumber air alami ini berada di tengah hutan. Sensasinya bagaikan sedang berada di film Tarzan. Suasananya begitu asri, natural, dan menyegarkan. Meski berada di tengah hutan, airnya tidak cokelat melainkan biru jernih.

Fasilitasnya mungkin tidak lengkap, namun kamu tetap bisa bersenang-senang di sini. Mulai dari berenang, berendam, hingga berpose keren di bawah air. Semuanya bisa kamu lakukan sampai puas.

Air Terjun Toroan, Sampang

Air Terjun Toroan adalah satu-satunya air terjun yang ada di Madura, tepatnya di Sampang, Pulau Garam. Air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun pemandangannya begitu luar biasa. Air terjun yang berasal dari Sungai Payung ini berdampingan langsung dengan pantai. Datanglah ke sini pada saat matahari terbenam dan nikmatilah momen tersebut di tengah keindahan alam sekitar Air Terjun Toroan.

Baca Juga: Traveling ke Surabaya, Jangan Lupa Cicipi 10 Kuliner Khas yang Lezat Ini

Alas Outbound, Sidoarjo

Liburan bersama keluarga akan terasa semakin menyenangkan jika ada kegiatan yang bisa dilakukan berkelompok, seperti kegiatan outbound. Di Alas Outbound, ada berbagai permainan yang bisa kamu jajal. Misalnya flying fox, papan keseimbangan, jembatan tali, dan masih banyak lagi.

Permainan ini sepenuhnya aman karena didampingi oleh instruktur yang berpengalaman. Anak-anak seru melewati rintangan, orang tua pun merasa tenang karena permainannya aman. Selain permainan outbound, ada juga kolam ikan dan sawah yang dibuat untuk tujuan edukasi si anak.

Danau Kastoba, Gresik

Sumber: Indonesia Tourism

Danau Kastoba berada di tengah perbukitan. Posisinya cukup unik jika dibandingkan dengan danau lainnya. Pemandangannya sangat asri, danau ini dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun. Airnya pun jernih dan bersih.

Untuk tiba di danau ini, kamu perlu melewati ratusan anak tangga terlebih dahulu. Sepanjang perjalanan kamu akan menemukan pemandangan semak belukar. Memang melelahkan, namun akan sebanding dengan pemandangan yang menantimu di sana.

Hutan Bambu Keputih, Surabaya

Jika melihat tampilannya, kamu tidak akan menyangka kalau Hutan Bambu Keputih di Surabaya ini dulunya adalah tempat pembuangan akhir sampah. Deretan pohon bamboo di sini mengingatkan kita pada hutan bambu yang ada di Jepang. Begitu indah, damai, dan asri sampai-sampai ada banyak pasangan yang melakukan foto pre-wedding di sini.

176

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here