Sumber: My Trip Desire

Selama ini kota Sumedang hanya dikenal sebagai penghasil kuliner tahu Sumedang dan tidak banyak yang tahu kalau Sumedang memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik. Penasaran dan berminat untuk mengunjungi Sumedang sebagai destinasi liburan akhir tahun ini bersama keluarga? Simak dulu daftar tempat wisata di Sumedang yang wajib kamu kunjungi berikut ini!

Batu Dua Gunung Lingga

Batu Dua Gunung Lingga adalah sebuah dataran luas dan rata yang berada di kawasan Gunung Lingga pada ketinggian 930 mdpl. Tidak hanya memiliki pemandangan yang mempesona, lereng gunung yang satu ini merupakan lokasi olahraga paralayang. Keunggulan Batu Dua Gunung Lingga sebagai tempat olahraga paralayang dibandingkan dengan tempat lain adalah lokasi ini memiliki sejumlah titik geotermal.

Titik-titik geotermal ini mengeluarkan gas alami yang dapat membuat paralayang terbang lebih lama pada ketinggian tertentu. Hembusan angin di lokasi ini juga dapat membuat para pemain paralayang melakukan maneuver cantik. Tidak heran lokasi ini pernah menjadi area penyelenggaraan pra Piala Dunia Paralayang pada 2013 silam.

Curug Ciputrawangi

Sumber: Pikiran Rakyat

Curug Ciputrawangi atau biasa dikenal juga sebagai Curug Narimbang ini berada di Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang. Suasananya sangat asri dan alami. Karena masih alami, air terjun yang satu ini sering dikunjungi binatang liar seperti macan kumbang, landak hutan, monyet, dan babi hutan untuk minum. Saat berkunjung ke sini, jika beruntung kamu bisa bertemu macan kumbang yang sudah tergolong langka. Menurut penduduk setempat, macan kumbang ini tidak pernah mengganggu warga atau pengunjung. Meski demikian, kamu harus tetap waspada dan jangan pernah berusaha untuk menganggu mereka ya.

Situ Biru Cilembang

Situ Biru Cilembang merupakan sebuah telaga yang alami dan memiliki air jernih. Saking jernihnya, kamu bisa melihat sejumlah ikan yang berenang atau kura-kura air tawar di dalamnya dari atas permukaan. Telaga ini dikelilingi oleh pepohonan sehingga suasananya sungguh sejuk. Untuk menjaga kualitas air di Situ Biru Cilembang ini, pengunjung dilarang berenang atau berendam di dalamnya. Jika mengambil air untuk mencuci muka masih diperbolehkan. Telaga yang satu ini bersifat keramat bagi warga sekitar, sehingga ada hari pantangan untuk mengunjunginya yaitu pada hari Selasa dan Jumat.

Kampung Toga Sumedang

Kampung Toga Sumedang berada di perbatasan kota Indramayu. Wisata utama di Kampung Toga Sumedang ini adalah tersedianya aneka tanaman obat keluarga (Toga).  Suasananya sangat asri dengan pemandangan perbukitan dan hamparan sawah. Puas melihat-lihat tanaman obat, pengunjung bisa menikmati wisata dirgantara berupa gantole dan paralayang. Fasilitas di Kampung Toga Sumedang ini juga sudah cukup lengkap. Kamu bisa menemukan vila, kolam renang, ruang pertemuan, tempat lesehan, rumah makan, hingga wahana outbound.

Baca Juga: Traveling ke Malang, Jangan Lupa Kunjungi 9 Wisata Alam Memukau Ini

Kebun Teh Margawindu

Tidak hanya Puncak yang terkenal dengan kebun tehnya, Sumedang juga punya. Kebun Teh yang cukup terkenal adalah Kebun Teh Margawindu. Berbeda dengan kebun teh yang ada di Puncak, kebun teh yang satu ini lokasinya jauh dari jalan raya sehingga sangat tentram dan asri. Kira-kira 30-45 menit dari kota Sumedang. Nikmatilah indahnya hamparan tanaman teh yang hijau dan bebaskan diri dari beban rutinitas.

Desa Wisata Pangjugjugan

Desa Wisata Pangjugjugan terletak di Desa Cilembu yang terkenal sebagai penghasil ubi Cilembu. Saat berada di sini sempatkan diri untuk menyantap ubi Cilembu bakar yang rasanya manis dan nikmat. Di Desa Wisata Pangjugjugan, kamu bisa menikmati pemandangan pegunungan yang serba hijau, merasakan hembusan angin sejuk, mendengarkan gemericik air yang menenangkan, bahkan melihat elang terbang di angkasa. Selain bersantai, kamu juga bisa mengikuti kegiatan seru seperti menunggang kuda, terapi ikan, outbound, hingga berinteraksi dengan hewan peternakan.

Gunung Tampomas

Sumber: Indonesia Travel Magazine

Bagi pecinta alam, kamu wajib berkunjung ke Gunung Tampomas dan mendaki hingga ke puncaknya yang bernama Sangiang Taraje. Setibanya di Sangiang Taraje, kamu bisa menikmati keindahan pemandangan kota Sumedang dari ketinggian. Di sekitar puncak itu, ada beberapa kawah kecil yang berhiaskan bebatuan hitam, sungguh mempesona. Ada 3 jalur yang bisa digunakan untuk mencapai Sangiang Taraje yaitu Cibereum, Buah Dua, dan Narimbang. Jika melewati jalur Narimbang, kamu bisa beristirahat sejenak di Curug Ciputrawangi. Tidak jauh dari Sangiang Taraje ini, kamu juga bisa mengunjungi tempat bersejarah berupa petilasan Prabu Siliwangi yang disebut Pasarean.

Pemandian Air Panas Sekarwangi

Siapa yang tidak suka berendam di air hangat untuk melepas lelah dan membuang racun di dalam tubuh? Jika berada di Sumedang, mampirlah ke Pemandian Air Panas Sekarwangi untuk memanjakan tubuhmu. Sumber air panas alami yang berada di kawasan Conggeang ini mengandung zat belerang yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Suasananya sangat indah karena lokasinya dikelilingi oleh pemandangan alami.

1012

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here