Sumber: Brilio

Tahukah kamu kalau di dunia ini ada fenomena api abadi? Api abadi ini salah satu fenomena alam berupa api yang tidak pernah pada, meski terkena air. Biasanya api abadi ini muncul akibat kandungan zat mineral bumi seperti gas alam, batu bara, atau zat mineral bumi lainnya yang mudah terbakar.

Fenomena api abadi ini tidak dapat ditemukan di sembarang tempat meski ada di sejumlah negara. Nah, jika sedang berkunjung ke negara berikut ini jangan lupa mampir dan jadilah saksi mata dari fenomena alam yang satu ini!

Baba Gur, Irak

Api abadi Baba Gur yang ada di Irak ini ditemukan pertama kali pada tahun 1927 di Ladang Minyak Ghawar. Ladang Minyak Ghawar sendiri adalah ladang minyak terbesar yang ada pada saat itu. Konon, api abadi Baba Gur ini sudah menyala sejak 4.000 tahun yang lalu. Bahkan seorang penulis Yunani kuno yang hidup pada tahun 484-425 pernah menceritakan api abadi ini.

Api abadi Baba Gur terbentuk dari gas alam berupa hidrokarbon cair yang merembes ke celah-celah bebatuan di sekitarnya.

Chestnut Ridge Park, Amerika Serikat

Sumber: Hole in The Cloud

Api abadi yang berada di Amerika Serikat ini sangat menakjubkan karena berada di balik air terjun. Sungguh aneh dan penuh misteri bagaimana bisa api abadi ini tidak padam saat muncul berdekatan dengan air terjun. Menurut penelitian, api abadi ini muncul karena banyaknya etana dan propana di area tersebut. Meski demikian, tanah tempat api tersebut menyala terbilang tidak cukup panas untuk menjaga nyala api abadi ini.

Water and Fire Cave, Taiwan

Api abadi yang bisa kamu temukan di Guanziling, Taiwan ini dipercaya sudah menyala sejak tahun 1701 yang berarti sudah berumur lebih dari 300 tahun. Api abadi ini terbentuk akibat gas metana yang ada di sekitar tempat tersebut. Api abadi tidak pernah padam meski ada sumber mata air di sebelahnya. Sayangnya, ukuran api abadi ini lama-lama semakin mengecil dari ukuran semulanya yang sekitar 3 meter seiring bertambah usia. Dengan demikian bukan tidak mungkin suatu saat nanti api abadi Water and Fire Cave ini akan padam.

Yanar Dag, Azerbaijan

Nama Yanar Dag jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki arti gunung terbakar. Yanar Dag ini adalah sebuah gunung setinggi 116 meter yang terletak 25 km di sebelah timur kota Baku. Api abadi ini memiliki bentuk yang unik akibat hembusan angin di sekitar gunung. Salah satu api abadi yang terkenal di sini adalah Yanar Bulaq atau Pegas Terbakar. Api abadi di gunung ini tidak diketahui pasti kapan mulai terbentuk, namun beberapa penjelajah terkenal zaman dulu seperti Alexandre Dumas dan Marco Polo pernah menulis fenomena api abadi ini ke dalam catatan perjalanannya.

Tambang Batu Bara Jharia, India

Sumber: Englis Alarabiya

Tambang Batu Bara Jharia merupakan salah satu tambang batu bara terbesar di India yang wujudnya kini bagaikan lautan api. Pada tahun 1970, India sedang mencoba untuk menerapkan cara menambang batu bara secara terbuka. Sebenarnya percobaan ini sangat beresiko karena batu bara yang mengalami kontak dengan oksigen akan mudah terbakar. Benar saja, percobaan beresiko ini menghasilkan kebakaran hebat yang kemudian menjalar ke 70 area tambang di sekitarnya dan mustahil untuk dipadamkan. Api abadi akibat kesalahan manusia ini kini menjadi salah satu penyumbang polusi udara terbesar di dunia.

Door To Hell, Turkmenistan

Kemunculan api abadi di Gurun Karakum, Turkmenistan ini juga disebabkan oleh kesalahan manusia sama seperti api abadi di Tambang Batu Bara Jharia. Api abadi yang dikenal dengan sebutan Door To Hell ini bermula pada tahun 1971 di mana para ahli geologi Uni Soviet melakukan pengeboran di tempat yang penuh dengan gas metana. Tanah tempat pengeboran tersebut tiba-tiba runtuh dan meninggalkan lubang besar dengan diameter sekitar 70 meter. Hal ini menyebabkan gas metana keluar dari dalam perut bumi. Gas metana ini sifatnya beracun, sehingga mereka memutuskan untuk membakar gas tersebut agar tidak keracunan dan mengira kalau api akan padam dalam hitungan hari. Nyatanya hingga saat ini tempat tersebut masih dikuasai api dan tidak diketahui kapan api abadi ini akan padam.

South Island, Selandia Baru

Tidak banyak orang yang mengetahui fenomena api abadi di South Island yang sebenarnya sudah muncul sejak tahun 1920 silam ini. Lokasinya berada di dalam hutan di Murchison. Warga setempat menyebut api abadi ini sebagai Blow Gas. Api abadi ini diyakini muncul akibat kebocoran gas alam. Keunikan dari api abadi ini adalah api akan padam sebentar saat hujan turun mengguyur, tapi akan menyala kembali perlahan ketika hujan mereda.

1119

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here