Sumber: medium.com

Bagi traveler mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah couchsurfing. Ya, belakangan ini istilah couchsurfing begitu populer di antara traveler, terutama backpacker yang kerap melakukan perjalanan ke berbagai penjuru dunia. Namun meskipun cukup populer, mungkin tak semua orang mengetahui apakah istilah cocuchsurfing itu dan bagimana melakukanya ketika sedang traveling. Sebenarnya apa sih couchsurfing itu sendiri? Secara sederhana bisa kita katakan couchsurfing adalah sebuah jejaring sosial di mana para traveler dari berbagai penjuru dunia, saling berkumpul, dan menawarkan akomodasi atau penginapan untuk traveler lainnya.

Tidak seperti jenis akomodasi lain seperti hotel, hostel atau homestay, couchsurfing ini tak memungut bayaran sedikitpun. Intinya hampir mirip ketika kita menginap ke rumah teman, sehingga kita tak perlu membayar biaya untuk tinggal dan menginap di sana selama waktu tertentu. Karena itulah bagi backpacker atau traveler dengan budget yang terbilang pas-pasan, maka konsep couchsurfing ini sangat digemari karena tak perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar biaya akomodasi.

Meskipun begitu, couchsurfing juga kegiatan yang terbilang penuh resiko. Pasalnya orang atau teman yang kita jumpai hanya dikenali sebelumnya melalui dunia maya atau internet. Sama seperti situs jejaring sosial lainnya, cocuchsurfing bukannya tak mungkin disusupi oleh orang jahat yang berusaha mengambil kesempatan dari traveler yang lengah.

Mereka bergabung di forum layaknya traveler pada umumnya, mencari korban untuk diundang menginap di tempat mereka, kemudian melakukan kejahatan mulai dari tindakkan kekerasan, pencurian, perampokkan bahkan hingga mungkin pelecehan seksual. Bahkan ada beberapa berita mengerikan yang menyebut beberapa traveler terutama kaum wanita, yang kehilangan nyawa mereka lantaran sembarangan melakukan couchsurfing ini. Karena itulah kewaspadaan dan kehati-hatian, wajib kita pegang sebagai prinsip utama ketika melakukan couchsurfing ini.

Namun bukan berarti couchsurfing ini selalu berhaya dan tidak aman untuk dilakukan. Banyak kok orang yang telah mendapatkan banyak manfaat dari melakukan couchsurfing ini. Mulai dari bisa menghemat biaya akomodasi, mendapat teman baru bahkan bisa bertemu dengan traveler yang satu tujuan dengan mereka. Apalagi di Indonesia sendiri kini komunitas couchsurfing sudah berkembang dengan pesat, seperti cocuchsurfing Yogyakarta, Bandung, Jakarta, dan masih banyak kota-kota lain di Indonesia. Karena itulah jika Anda ingin mencoba konsep couchsurfing ini saat traveling, beberapa tips berikut sangat layak untuk dicoba.

Baca semua review yang ada

Sumber: topfivebuzz.com

Anda punya rencana untuk melakukan perjalanan ke Jepang dan melihat banyak orang yang menawarkan konsep couchsurfing ini di beberapa kota di negeri sakura tersebut. Anda ingin menginap di salah satu angota couchsurfing ini, karena melakukan traveling hemat ke Jepang. Namun di antara banyaknya orang yang menawarkan couchsurfing, jangan langsung memilih orang yang menurut Anda bisa dipercaya. Pertama lihatlah dulu review dari orang-orang yang mungkin pernah melakukan couchsurfing dengan mereka.

Bacalah review dengan teliti karena bukan tak mungkin Anda akan menemukan hal-hal bermanfaat untuk mengetahui apakah orang tersebut aman untuk diinapi. Selain untuk mengetahui host atau tuan rumahnya aman atau tidak, Anda juga bisa melihat fasilitas apa yang tersedia dari review orang yang pernah melakukan cocuchsurfing bersama dengan host ini. dengan begitu, Anda bisa mengira-ngira apa yang akan Anda dapatkan ketika menginap di tempat orang tersebut.

Pilih host yang sudah verified

Mengingat aktivitas menginap saat traveling seperti ini bisa sangat berresiko, pihak Couchsurfing sepertinya mulai meningkatkan keamanan dan seleksi ketat pada member yang tergabung dengan jejaring sosial ini. Salah satunya memberikan verifikasi pada member dengan reputasi bagus dan bisa dipercaya. Karena itulah jika Anda memutuskan untuk couchsurfing, maka ada baiknya memilih member yang sudah diverifikasi sebelumnya.

Dengan memilih host yang diverifikasi, paling tidak host yang akan Anda temui ini adalah orang yang memiliki reputasi baik. Meskipun host sudah diverifikasi sebelumnya oleh pihak Couchsurfing, bacalah mengenai alamat dan data diri sang tuan rumah. Pilihlah yang mencantumkan alamat atau nomor telepon lengkap, sehingga Anda bisa mudah memberi tahu orang rumah atau kerabat di mana Anda menginap ketika sedang traveling ini.

Ketahui budaya dan adat istiadat tempat tujuan Anda

Ungkapan di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung, juga sangat berlaku ketika Anda melakukan couchsurfing saat traveling ini. Datang ke suatu daerah atau negara tertentu, sangat wajib bagi Anda untuk mengetahui budaya dan adat istiadat destinasi traveling Anda ini. Anda wajib mengetahui apa yang dilarang dan tak boleh dilakukan di tempat tersebut. Dengan mengetahui adat budaya di destinasi traveling ini, Anda juga bisa mengenal dan lebih dekat dengan host yang akan menampung Anda selama traveling.

Berhubung kalian akan tinggal bersama dalam sebuah rumah dalam waktu tertentu, maka sangat dianjurkan untuk memahami budaya serta adat kebiasaan host itu sendiri. Dengan begitu Anda tak akan melakukan hal yang dianggap kurang sopan yang menyinggung host atau orang di sekitarnya dan bukannya akan berakibat buruk pada Anda nantinya.

Perhatikan detail yang dicantumkan oleh host di profil mereka

Seperti disinggung diatas, selain verifikasi Anda wajib untuk memperhatikan segala detail yang dicantumkan oleh host di profil mereka. Selain alamat yang jelas, pilihlah host yang juga mencantumkan nomor telepon, atau jika Anda traveling ke luar negeri maka host juga akan mencantumkan nomor paspor mereka. Pihak Couchsurfing akan mengetahui jika ada user yang mencoba untuk memasukkan nomor paspor palsu. Sedangkan untuk traveler yang akan couchsurfing, maka detail informasi ini sangat bermanfaat untuk diberikan pada orang terdekat untuk mengetahui di mana dan dengan siapa mereka tinggal saat traveling ini.

Jangan langsung menggunakan jalur pribadi untuk berkomunikasi

Ketika Anda merasa telah menemukan host yang tepat, jangan langsung berkomunikasi melalui jalur pribadi seperti sosial media, email atau bahkan WhatsApp dan BBM. Sangat dianjurkan untuk menggunakan sistem komunikasi yang tersedia di situs Couchsurfing itu sendiri. Mungkin menurut sebagain orang hal ini ga penting dan merepotkan, karena lebih baik kita ngobrol secara langsung dan pribadi.

Namun rupanya hal ini memiliki banyak manfaat loh. Sekiranya Anda mengalami masalah atau mungkin mendadak menghilang tanpa diketahui keberadaannya, maka pihak Couchsurfing punya detail percakapan antara Anda dengan host yang bermanfaat untuk pihak berwajib melacak keberadaan Anda saat ini.

Memilih host yang sejenis dan tinggal bersama keluarga

Bagi solo traveler yang hendak melakukan couchsurfing, ada baiknya memilih host yang sejenis atau masih tinggal bersama dengan keluarga mereka. Terutama untuk female traveler, sangat dianjurkan bagi Anda untuk memilih host yang sesama wanita pula. Ini karena perempuan memang rawan menjadi korban kejahatan baik untuk diambil harta bendanya atau mengalami tindak kekerasan seksual selama couchsurfing ini.

Karena itulah ada baiknya Anda memilih host yang sesama wanita pula dan lebih baik lagi jika mereka masih tinggal bersama dengan keluarga. Tentu hal ini tak selalu menjamin keamanan Anda karena bukan tak mungkin host yang seorang wanitapun bisa bertindak jahat. Namun dibandingkan jika Anda memilih host laki-laki, maka opsi inilah yang terbaik untuk dicoba oleh female traveler.

Hati-hati jebakan dari guesthouse

Ingat prinsip utama dari couchsurfing ini adalah ekonomis, di mana Anda tak harus mengeluarkan uang untuk biaya selama menginap. Sayangnya ternyata banyak orang yang mengaku sebagai host dan mengundang traveler datang menginap, namun ternyata mereka adalah guesthouse yang mematok sejumlah bayaran. Karena itulah Anda wajib untuk memperhatikan detail dan review dari host yang mungkin akan didatangi. Jangan sampai karena kecerobohan dan kurang teliti, Anda terpaksa harus mengeluarkan sejumlah uang karena terjebak guesthouse yang menawarkan konsep couchsurfing. Namun jika Anda terlanjur mengalami penipuan jenis ini, segera laporkan pada pihak Couchsurfing sehingga akun mereka bisa ditutup dan tak melakukan penipuan pada traveler lainnya.

Bertemu dengan host di tempat umum lebih dahulu

Anda pernah melakukan blind date atau kencan buta, di mana Anda janjian untuk bertemu dengan seseorang di suatu tempat tertentu? Gunakan prinsip ini untuk couchsurfing juga. Ingat selama ini Anda hanya berkomunikasi melalui situs Couchsurfing dan mungkin belum pernah melihat wajah atau mengenal kepribadian host sebelumnya. Karena itulah alih-alih mendatangi host langsung ke kediaman mereka, ada baiknya Anda bertemu dengan mereka di tempat umum terlebih dahulu.

Ajaklah host untuk bertemu di kafe, restoran atau mall dan tempat-tempat ramai lainnya. Setelah bertemu, Anda bsia ngobrol selama beberapa waktu untuk mengenal sedikit lebih dalam kepribadian host Anda itu. Sekali lagi gunakan naluri Anda untuk menilai apakah orang ini baik dan aman untuk diinapi. Jika host menunjukkan perilaku yang membuat Anda merasa kurang nyaman, sebaiknya urungkan niat untuk menginap di tempat mereka. Konsep ini juga menguntungkan bagi host, karena mereka bisa menilai apakah traveler yang datang untuk menginap ini adalah orang baik yang layak diajak untuk tinggal sementara bersama dengan keluarga host itu sendiri.

Ceritakan pada host tujuan Anda datang ke kota atau negaranya

Sumber: angloitalianfollowus.com

Sekali lagi agar terhindar dari benturan budaya, maka Ada baiknya Anda menceritakan apa tujuan Anda datang ke kota atau negara mereka. Hal ini untuk mengurangi salah paham dan suasana tidak enak antara Anda sebagai tamu dan juga mereka sebagai host. Sebagai contoh jika Anda ingin melakukan aktivitas di malam hari seperti berburu sunset atau lainnya, maka katakan pada host Anda akan bangun pagi-pagi sekali dan mungkin aktivitas tersebut mengganggu host dan keluarga mereka. Dengan cara ini, Anda sudah mengatisipasi salah paham yang mungkin terjadi diantara host dan tamunya.

Beritahu teman atau keluarga di mana Anda couchsurfing

Sekali lagi jangan lupa memberi tahu keluarga atau teman, di mana akan menginap selama couchsurfing ini. Beritahu mereka alamat lengkap dan nomor telpon host Anda selama traveling. Bukan bermaksud tak menghargai privasi host, namun cara ini sangat diperlukan untuk memastikan di mana dan dengan siapa Anda akan tinggal selama couchsurfing ini. Dengan begitu jika terjadi sesuatu yang tidak beres pada Anda selama couchsurfing ini, maka keluarga bisa memberi tahu pihak berwajib di mana terakhir Anda menginap.

760

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here