Salah satu kota di kawasan Asia yang wajib untuk Anda kunjungi ketika traveling adalah Hong Kong ini. Sebagai sebuah persemakmuran dari Republik Rakyat Cina, Hong Kong memang memiliki budaya yang tak jauh berbeda dengan orang-orang Tiongkok. Bahkan nyaris 93% warga masyarakat Hong Kong adalah etnis China, dan sisanya dari berbagai suku bangsa dari seluruh penjuru dunia.

Meskipun begitu, Hong Kong punya segala keunikan dan keistimewaan tersendiri yang membuatnya layak untuk dikunjungi. Dengan luas hanya 2.755 km persegi Hong Kong adalah kota keempat terpadat di dunia dengan populasi penduduk mencapai 7.374.900 jiwa atau setiap kilometer persegi sudut Kota Hong Kong dihuni hingga 6.544 orang. Hong Kong juga disebut sebagai kota dengan pendapatan perkapita tertinggi di dunia, sehingga banyak orang yang traveling ke Hong Kong untuk urusan bisnis dan pekerjaan. Hal ini pulalah yang mmebuat banyak tenaga kerja asal Indonesia yang memilih untuk mengadu nasib di Hong Kong ini.

Meskipun memiliki wilayah yang relatif kecil dan juga dengan kepadatan populasinya, Hong Kong masih jadi salah satu destinasi traveling yang difavoritkan oleh banyak orang. Pasalnya Hong Kong memiliki banyak hal unik dan menarik yang hanya bisa ditemukan di tempat ini. Dikarenakan kotanya terbilang tidak terlalu besar, hal ini memberi akses bagi traveler untuk menikmati semua hal-hal unik di Hong Kong hanya dalam waktu yang relatif singkat. Apalagi Hong Kong sendiri termasuk kota maju di mana banyak atraksi wisata unik dan menarik yang bisa ditemukan di tempat ini. Bahkan pada tahun 2014 yang silam, Hong Kong termasuk dalam daftar destinasi traveling paling populer dari para turis dari seluruh penjuru dunia.

Sebanyak 27 juta lebih traveler dari penjuru dunia mengujungi Hong Kong dan menjadi sumber pendapatan yang sangat besar bagi kota yang spektakuler ini. Meskipun begitu, Hong Kong juga kota dengan biaya hidup yang sangat tinggi. Karena itulah jika tanpa persiapan yang matang, traveling ke Hong Kong bisa menghabiskan banyak sekali anggaran. Karena itulah jika Anda ingin traveling ke Hong Kong untuk pertama kali, beberapa tips berikut mungkin akan sangat bermanfaat untuk Anda.

Naik Hong Kong Express dari airport

Sumber: economist.com

Salah satu sarana transportasi yang sangat disarankan bagi Anda yang sedang traveling ke Hong Kong adalah Hong Kong Express ini. Ketika pesawat mendarat di Hong Kong International airport, Anda akan melihat banyak alat transportasi seperti bus atau taksi di sekitar bandara. Namun tak ada yang lebih disarankan selain Hong Kong Express ini. Hong Kong Express adalah sejenis kereta cepat yang akan menghubungkan Kowloon dan Hong Kong Island hanya dalam waktu 24 menit saja. Mengingat padatnya lalu lintas di Hong Kong, Hong Kong Express memang angkutan terbaik yang bisa Anda gunakan.

Selain itu ada satu cara untuk mendapatkan tiket Hong Kong Express yang lebih murah. Caranya adalah dengan booking tiket secara online di Klook. Selain tak perlu untuk mengantri sangat panjang, harga tiketpun lebih murah 30% dibandingkan Anda membeli tiket secara langsung. Tak banyak orang yang mengetahui Klook ini, padahal cara pesannya pun cukup mudah. Setelah booking Anda akan mendapat voucher melalui email dan setelah kita mendarat di Hong Kong Anda tinggal menunjukkan ini pada petugas dan Anda akan mendapat tiket fisik untuk naik Hong Kong Express ini. Oh ya, Hong Kong Express ini hanya bisa dinaiki di bandara ya, jadi jangan berharap bisa naik kereta ini di stasiun-stasiun lain di Hong Kong.

Jangan lupa beli Octopus Card terlebih dahulu

Seperti disinggung di atas, Hong Kong adalah kota dengan biaya hidup yang sangat tinggi. Artinya bukan tak mungkin Anda akan menghabiskan banyak uang saat traveling ke kota ini. Namun masalah pengeluaran dan anggaran yang belebihan bisa sedikit ditekan jika Anda memiliki Octopus Card terlebih dahulu. Apasih Octopus Card itu? Kartu ini mirip dengan kartu kredit prepaid yang berlaku hanya di Hong Kong dan juga sekitarnya. Octopus  Card ini akan memudahkan segala transaksi yang Anda lakukan ketika sedang berada di Hong Kong ini.

Seperti tinggal melakukan scan saja untuk membayar Hong Kong Express, dan juga transaksi lain sebagainya. Octopus Crad ini umumnya bisa digunakan di seluruh stasiusn kereta MTR diseluruh Hong Kong, kapal Star Ferry, Peak tram, 7-Eleven, Mc Donald’s dan banyak lagi yang lainnya. Octopus Card ini bisa dibeli di airport atau Hong Kong Express dengan harga $50HK. Selain itu, kini juga banyak online shop yang menawarkan Octopus Card ini dengan deposit yang bervariasi. Sangat disarankan untuk membeli Octopus card ini sebelum Anda memutuskan untuk mengeksplore Hong Kong ini.

Menginap di Central Hotel

Mencari hotel bukan hal yang sulit di Hong Kong. Anda bisa menemukan hampir seribuan hotel di aplikasi booking hotel seperti Agoda. Namun satu yang sangat disarankan untuk Anda, adalah memilih hotel yang terletak di kawasan “Central” Hong Kong. Dari kawasan central ini Anda dengan mudah menuju atraksi turis menarik di Hong Kong dan banyak resto serta kafe yang ada di sekitar tempat ini. Selain itu kawasan central juga hanya butuh perjalanan beberapa menit saja menuju stasiun MTR di Hong Kong ini.

Bepergian dengan MTR

Selain Hong Kong Express yang jadi pilihan terbaik bagi Anda untuk melakukan perjalanan dari airport ke Hong Kong Island, satu lagi sarana transportasi lain yang sangat disarankan jika Anda datang ke kota ini. Hong Kong adalah kota yang terhubung dengan stasiun MTR di mana saja. Karena itulah alih-alih menggunakan taksi ataupun bus, lebih baik bagi Anda untuk memanfaatkan layanan MTR ini. Tak hanya itu, rute MTR di Hong Kong juga sangat simple dan mudah dipahami oleh turis seperti Anda. Dan jika Anda telah memiliki Octopus Card seperti yang disebutkan di atas, naik MTR jadi lebih mudah lagi.

Anda hanya tinggal menempelkan kartu di bagian alat seperti scan, kemudian Anda bisa langsung menikmati layanan MTR ini. Meski begitu mengingat Hong Kong adalah kota dengan populasi yang sangat besar, Anda harus pintar membagi waktu agar tak terjebak keramaian dengan penduduk lokal. Sebaiknya hindari berpergian di jam sibuk mulai pukul 8 sampai 9.30 pagi atau 5.30 hingga 7 malam di mana MTR sedang penuh sesak dengan orang-orang yang baru berangkat dan pulang kerja. Selain itu Anda juga dilarang untuk makan atau minum ketika sedang menumpang MTR ini.

Menyantap makanan murah namun lezat di Hong Kong

Dengan biaya hidup yang sangat mahal, harga makanan di Hong Kong juga sangat variatif. Anda bisa makan makanan mahal di hotel berbintang atau menikmati hidangan street food yang tetap lezat namun harganya relatif terjangkau. Datang ke Hong Kong memang harus mencicipi kliner khas negara ini, yang memang sangat kental dengan nuansa Chinese food atau peranakan. Alternatif untuk menyantap makanan murah di Hong Kong adalah dengan bergabung bersama Hong Kong Foodie Tours, di mana mereka akan menunjukkan spot-spot makanan murah namun lezat saat sedang berada di Hong Kong ini.

Biasanya, makanan murah namun lezat bisa ditemui di sekitar tempat tinggal dan berkumpul penduduk lokal. Sedangkan bagi wisatawan muslim, mencari makanan Halal di Hong Kong memang agak sulit. Meski begitu ada beberapa tempat atau resto yang bisa Anda datangi seperti Explorer’s Club Restaurant, Casanova Pizzeria, Islamic Center Canteen di mana Anda bisa menyantap dim sum khas Hong Kong yang halal, Ma’s Restaurant dan Wai Kee. Dimsum adalah hidangan khas yang wajib untuk Anda santap jika berkunjung ke Hong Kong ini. Meskipun begitu alternatif kuliner lainnya seperti bebek peking, babi panggang, sup wonton, egg tarts dan Hong Kong waffle bisa dengan mudah ditemukan di berbagai sudut kota yang ramai ini.

Bagi pengemar dim sum, bisa mencoba untuk mendatangi Dim Sum Square dan Tim Ho Wan di Hong Kong Island di mana Anda bisa menikmati seporsi dim sum dibawah $100HK untuk berdua. Satu lagi alternatif makanan murah di Hong Kong adalah resto cepat saji seperti McDonald’s, di mana Anda bisa menikmati makanan dengan harga dibawah $5HK dan satu cone es krim yang dibandrol dengan harga 15 sen saja.

Naik taksi ke Victoria Peak

Salah satu spot yang wajib untuk dikunjungi jika sedang traveling di Hong Kong adalah Victoria Peak ini. Victoria Peak adalah salah satu kawasan tertinggi di Hong Kong di mana dari tempat ini, Anda bisa menikmati keindahan seluruh kota dri ketinggian. Anda bisa menuju ke Victoria Peak dengan naik tram namun harus siap dengan antrian panjang wisatawan yang bisa mencapai 2 jam menunggu. Karena itulah Anda lebih baik naik taksi saja menuju Victoria Peak, daripada mengantri lama untuk naik tram menuju tempat tersebut.

Anda bisa menyewa jasa supir taksi Uber di Hong Kong yang umumnya mematok tarif $65 HK untuk menuju Victoria Peak, jauh lebih murah dibandingkan naik tram di mana Anda harus membayar tiket dengan harga $88HK. Dengan diantar supir taksi, Anda bisa menuju Sky Terrace 428 yang memiliki view lumayan indah dibandingkan beberapa spot lain di Victoria Peak ini. Untuk menikmati pemandangan Hong Kong dari Sky Terrace 428 ini Anda harus membayar sebesar $48 HKD.

Jangan lupa membawa payung ke mana saja

Sumber: bestumb.net

Ada kalanya saat di Hong Kong, traveler akan merasakan suhu udara yang lumayan panas. Bahkan untuk traveler yang berasal dari negara tropis pun, Hong Kong dirasa memiliki udara yang sangat panas menyengat. Namun siapa sangka ternyata cuaca di Hong Kong itu sangat sulit untuk diprediksi. Bisa saja saat pagi udara sangat panas menyengat, namun menjelang sore mendadak mendung dan hujan turun dengan lebatnya.

Karena itulah sangat disarankan bagi Anda untuk membawa payung ke mana saja ketika bepergian. Anda sebenarnya bisa membeli payung di mana saja karena banyak penduduk lokal yang menjualnya. Namun tentu lebih baik untuk membawa payung sendiri selain praktis, akan menghemat uang Anda pula.

815

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here