Sumber: hiusa.org

Bagi kebanyakan orang yang melakukan traveling ke tempat jauh, hotel menjadi pilihan untuk beristirahat dan juga bermalam. Di berbagai tempat baik di luar negeri atau di dalam negeri sendiri, ada banyak sekali hotel yang bisa dipilih oleh traveller. Mulai dari yang murah meriah, hingga hotel berbintang dengan suite super mewah berharga puluhan juta rupiah permalamnya. Tergantung mana yang akan Anda pilih sebagai tempat untuk melepas lelah selama traveling ini, dan tentunya Anda punya uang yang cukup untuk membayar biaya menginap permalam di hotel-hotel mewah itu.

Namun selain hotel, ada alternatif pilihan tempat menginap lain yang bisa digunakan oleh traveller saat melakukan perjalanan mereka. Selain hotel, ada juga guest house, penginapan biasa dan juga hostel yang bisa jadi pilihan untuk tempat menginap. Untuk Anda yang traveling dengan biaya irit dan pas-pasan, maka hostel bisa jadi pilihan yang tepat sebagai tempat untuk menginap bagi traveller.

Di Indonesia sendiri ada banyak hostel yang bisa dijadikan alternatif menginap bagi para traveller yang melakukan perjalanannya. Hostel-hostel tersebut biasanya berlokasi di tempat yang ramai atau dekat dengan tempat wisata, meskipun begitu biaya menginapnya jauh lebih murah dibandingkan jika Anda memilih untuk tinggal di hotel berbintang. Beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung, Yogyakarta dan Surabaya; ada beberapa hostel yang bisa dituju untuk tempat Anda menginap selama traveling. Jika melakukan perjalanan ke luar negeri, ada juga hostel-hostel yang disediakan untuk traveller dengan budget pas-pasan. Tempatnya lumayan nyaman, meski banyak yang meragukan keamanan di hostel-hostel ini.

Ya memang tak dipungkiri karena terbilang murah, siapa saja bisa masuk dan menginap di hostel-hostel ini. Apalagi privasi di hostel itu, memang tak seperti jika Anda menginap di hotel kebanyakan pada umumnya. Karena itulah tak sedikit traveller yang memiliki angapan miring saat menginap di hostel-hostel murah ini. Namun tentus aja anggapan ini tak sepenuhnya benar. Masih banyak kok hostel yang nyaman dan aman untuk ditinggali oleh para traveller. Untuk keamanan barang-barang pribadi, itu merupakan tanggung jawab individu masing-masing. Jika sembarangan meninggalkan handphone di atas meja, ya jangan kaget jika gadget Anda itu hilang. Yang terpenting adalah bagaimana Anda menjaga keamanan diri sendiri, saat sedang menginap di hostel murah meriah ini. Untuk Anda para traveller yang berencana menginap di hostel murah, tips aman berikut ini mungkin bisa bermanfaat untuk Anda coba.

Cari tahu informasi hostel tempat Anda menginap ini

Sebelum memutuskan untuk menginap di sebuah hostel, cari tahu dahulu review atau pendapat traveller lain yang telah menginap atau menggunakan fasilitas di hostel-hostel ini. Selain fasilitas umum seperti kamar mandi dan kamar tidur, lihatlah review mengenai keamanannya pula. Cari tahu apakah di hostel ini pernah terjadi tindak kejahatan berat yang merugikan para tamu yang menginap. Selain itu, cari pula informasi apakah hostel tersebut memiliki petugas keamanan atau camera pengawas atau dekat dengan kantor polisi/keamanan; yang paling tidak akan membuat penghuninya merasa nyaman dan aman. Jika pernah ada komplain tentang suatu tindak kejahatan, sebaiknya carilah pilihan lain meskipun hostel yang Anda pilih ini menawarkan harga yang lumayan murah pula.

Perhatikan lokasi hostel yang akan Anda tuju

Anda mungkin pernah membaca artikel seperti ini “kawasan rawan di sekitar Denpasar…” atau “lokasi yang sebaiknya tidak didatangi saat ke Singapura”. Jika Anda pernah membaca artikel tersebut, sesuaikanlah dengan lokasi hostel dimana Anda akan menginap. Jika hostel berdiri di tempat-tempat yang terbilang rawan itu, ada baiknya Anda mengurungkan niat untuk bermalam di sana dan mencari alternatif pilihan lain saja.  Selain itu, perhatikan pula apakah hostel terletak di lokasi yang rawan terkena bencana seperti kebanjiran atau tanah longsor. Memperhatikan lokasi hostel sangat bermanfaat bagi Anda, yang ingin menginap dengan nyaman dan aman saat traveling ini.

Pilihlah kamar dengan bijak

Sumber: hiusa.org

Seperti hotel, hostel juga menawarkan beberapa pilihan kamar untuk para tamu yang hendak menginap. Ada kamar untuk sendiri, berdua atau kamar mirip asrama dengan beberapa ranjang di dalamnya. Jika Anda ingin nyaman dan privasi serta keamanan terjaga, sebaiknya pilihlah kamar untuk sendiri. Kecuali jika Anda traveling dalam satu grup, maka kamar dengan banyak ranjang bisa jadi alternatif pilihan yang bisa dipesan. Jika Anda traveling seorang diri dan terpaksa harus berbagi kamar dengan orang asing, pastikan Anda tak menaruh barang-barang berharga secara sembarangan. Dompet, perhiasan dan gadget sebaiknya disimpan dengan baik agar hal-hal buruk tak terjadi pada Anda nantinya.

Usahakan datang sebelum hari gelap

Tak seperti hotel-hotel besar dengan tanda atau plang bertebaran di mana-mana, hostel umumnya terletak di ujung jalan atau kadang bahkan masuk gang. Untuk mencarinya pun agak membutuhkan usaha, meskipun Anda sudah berbekal Google Maps atau GPS sekalipun. Mencari hostel di tempat yang asing bagi Anda di malam hari itu terbilang rawan, apalagi jika Anda traveling sendiri dan seorang perempuan pula. Karena itulah sebisa mungkin, Anda datang ke hostel tersebut sebelum gelap atau malam hari tiba. Hal ini penting untuk mencegah oknum kurang bertanggung jawab, yang mungkin berkeliaran di sekitar hostel melakukan tindak kejahatan pada Anda.

Pilih ranjang bawah

Jika harus berbagi kamar dengan teman atau orang lain dan kebagian ranjang bertingkat, ada baiknya bagi Anda untuk memilih kasur di bagian bawah saja. Selain Anda tak harus turun naik ranjang jika ingin beristirahat, Anda bisa memasukan tas yang berukuran besar di kolong ranjang. Selain itu posisinya yang berada di bawah akan memudahkan Anda untuk men-charger gadget yang dimiliki. Oh ya memilih ranjang di bawah juga punya keuntungan loh untuk Anda. Jika kelelahan sehabis melakukan aktivitas selama traveling, maka Anda tak perlu susah payah naik ke atas ranjang untuk beristirahat.

Bawa peralatan mandi ke kamar mandi

Beda dengan hotel dimana Anda bsia keluar masuk begitu saja saat ke kamar mandi, maka ada baiknya Anda membawa peralatan mandi langsung ke kamar mandi. Selain handuk dan alat mandi, bawalah pula baju ganti langsung yang bisa dipakai di dalam kamar mandi. Ini karena hostel biasanya menggunakan kamar mandi umum yang harus dipakai bersama-sama dengan tamu yang lainnya. Keluar dari kamar mandi dengan handuk saja rasanya kurang sopan dan membuat risih, meskipun ada beberapa orang yang dengan santainya melakukan hal tersebut. Apalagi bagi traveller wanita, ada baiknya baju ganti dan lainnya langsung dibawa ke kamar mandi apalagi jika hostel yang Anda tempati hanya menyediakan kamar mandi luar sebagai fasilitasnya.

Untuk wanita, jangan sembarangan terima tawaran dari orang asing

Kerap dianggap sebagai mahluk yang lemah, wanita memang rawan jadi korban kejahatan. Apalagi jika ia traveling seorang diri, dan memilih untuk menginap di hostel yang murah ini. Karena itulah jika Anda traveller wanita yang melakukan perjalanan sendiri, jangan mudah percaya terhadap orang asing yang baru dikenal. Bukan berarti Anda tak boleh menambah teman saat traveling ya. Boleh-boleh saja kok menambah teman, tapi bukan berarti Anda bisa sepenuhnya percaya pada orang tersebut.

Jangan sembarangan menerima ajakan jalan, atau menerima makanan dan minuman dari orang yang baru dikenal di hostel tempat Anda menginap. Jika tak terbiasa minum-minuman beralkohol, maka tolaklah secara halus tawaran dari teman baru Anda itu. Selain itu, pastikan Anda tak memakai barang berlebihan dan mengundang perhatian orang jahat untuk mengambil harta benda yang dimiliki.

Female traveller juga sebaiknya memilih kamar sendiri untuk menjaga privasi mereka tetap aman. Namun jika terpaksa harus berbagi, pilihlah kamar yang hanya didami oleh sesama female traveller saja. Atau pilihlah hostel/penginapan yang memang hanya dikhususkan untuk para femake traveller saja.

Jika berada di luar negeri, ketahui lokasi kedutaan besar Indonesia

Sumber: flickr.com

Jika berada di luar negeri, cari tahu bagaimana cara menuju kedutaan besar Indonesia dari lokasi hostel tempat Anda menginap. Sebagai traveller yang datang ke negara orang, tentu Anda harus patuh pada hukum yang berlaku di negara tersebut. Namun kadang keterbatasan bahasa menjadi penghalang saat terjadi kejahatan, dan Anda harus menjelaskan hal mendetail dari peristiwa tersebut.

Karena itulah sebaiknya Anda mengetahui lokasi, atau paling tidak nomor telpon kedutaan Indonesia dari hostel tempat Anda menginap. Kedutaan adalah pilihan yang tepat untuk dituju jika sesuatu yang buruk terjadi pada Anda selama traveling ini. Anda bisa mendapat perlindungan dari kedutaan, ketika ada hal jahat atau kurang menyenangkan menimpa Anda. Karena itulah pastikan lokasi hostel Anda mudah untuk menuju ke kedutaan, dimana Anda bisa mendapat perlindungan secara diplomatik disana.

Jangan letakkan barang berharga dan paspor secara sembarangan

Ingat hostel bukan seperti hotel di mana Anda bisa mendapat privasi yang seluas-luasnya. Karena itulah barang berharga seperti dompet dan gadget, tak bisa Anda letakkan secara sembarangan. Apalagi jika Anda berbagi kamar hostel dengan traveller lain, meletakkan barang berharga secara sembarangan adalah hal utama yang harus dihindari. Selain itu dokumen pribadi seperti paspor, visa dan kartu identitas pun tak boleh sembarangan Anda tingalkan di kamar hostel. Selalu pastikan dokumen penting itu berada di dekat Anda, sehingga resiko kehilangan bisa diminimalisir. Tas berisi barang berharga ini bisa dijadikan bantal saat tidur, atau disembunyikan di tempat yang aman jika Anda berbagi dengan orang lain di kamar hostel ini.

Cari hostel lain

Ada kalanya, pengurus hostel cuek dan seolah tak mau tahu dengan keadaan para tamunya. Jika sudah mendapat uang dari tamu, ya sudah. Ada yang mengaku enggan ikut campur urusan tamu, karena takut atau karena memang mereka tak mau terlibat berbagai masalah. Jika Anda merasa kondisi kamar hostel sudah kurang kondusif dan mengancam keselamatan atau harta benda Anda, sebaiknya segera lakukan komplain pada pemilik hostel. Jika tidak ada tanggapan, jangan menunggu lama segera packing dan carilah hostel lain yang lebih aman. Jangan pikirkan mengenai uang yang telah dibayarkan untuk kamar hostel ini. Ingat nyawa dan keselamatan Anda lebih penting dari sejumlah uang yang telah Anda bayarkan itu.

782

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here