Sumber: cheapflights.com

Meskipun beresiko, banyak orang yang rupanya lebih senang untuk traveling seorang diri. Berbagai alasan pun dikemukakan. Mulai dari ingin bebas dan berpetualang sendiri, ada juga yang melakukan traveling seorang diri karena ingin menemukan jati diri dan menjelajahi tempat-tempat baru yang belum pernah ditemui.

Meskipun begitu, ada banyak juga orang yang lebih senang melakukan jalan-jalan beramai-ramai atau dalam suatu kelompok. Biasanya sejumlah teman dekat yang punya keinginan untuk menuju suatu tempat tertentu, menemukan kata sepakat dan melakukan perjalanan bersama-sama. Dan nyatanya, jalan-jalan beramai-ramai bersama dengan teman dekat itu ternyata sangat menyenangkan sekali.

Tak bisa dipungkiri, berpergian beramai-ramai bersama dengan teman dekat membuat jalan-jalan terasa sangat menyenangkan dan juga spesial. Selain lebih menyenangkan karena berpergian bersama, traveling dengan sahabat pun punya banyak manfaat dan kelebihan. Travel bersama dengan teman juga akan membuat kamu merasa nyaman dan juga aman. Paling tidak jika ada satu atau dua orang teman yang melakukan traveling bersama, orang jahat akan berpikir dua kali untuk melakukan tindakan kriminal padamu. Selain itu, berpergian bersama dengan teman juga akan jadi pengalaman yang bermanfaat, dan mungkin tak akan pernah kalian dapatkan lagi ketika nanti sudah sama-sama berkeluarga dan hidup masing-masing. Suatu hari aktivitas traveling bersama ini, akan jadi kenangan indah yang bisa diceritakan pada anak cucu kamu nantinya.

Meskipun begitu banyak juga yang enggan untuk melakukan traveling bersama dengan beberapa alasan. Banyaknya orang yang terlibat tentu saja membuat perbedaan pendapat semakin tajam terasa. Setiap orang tentu punya pendapat dan keinginan sendiri-sendiri saat traveling ini. Karena itulah banyak yang enggan melakukan traveling bersama teman, karena khawatir perbedaan pendapat justru akan menghancurkan persahabatan mereka. Namun bukan berarti kamu tak bisa traveling bersama dengan teman-temanmu loh. Justru perbedaan pendapat ini akan jadi hal unik dan akan menjadi salah satu alasan mengapa kamu serta teman-temanmu perlu untuk melakukan traveling bersama.

Traveling bisa jadi ujian untuk persahabatan kalian

Sumber: cheapoair.com

Melakukan traveling bersama sahabat memang menyenangkan. Menjelajah tempat yang baru dan jauh bersama teman mungkin jadi impian banyak orang. Tapi tahukah kamu saat traveling bersama ini persahabatanmu akan diuji habis-habisan?

Saat traveling, tentu saja setiap orang akan punya ide dan juga pendapat masing-masing. Misalnya ada yang lebih senang untuk naik kereta, tapi ada juga yang mengajak untuk naik pesawat saja karena lebih cepat. Disinilah persahabatan kalian akan diuji. Kalian harus menemukan kata sepakat, sebelum memutuskan untuk berangkat traveling. Saat traveling pun ujian pun masih bisa kalian rasakan. Apalagi jika kalian memilih traveling dengan konsep backpacker, maka ujian persahabatan untuk mengetahui siapa sahabat sejatimu akan sangat terasa sekali.

Kalian akan bisa saling jujur satu sama lain

Yang namanya persahabat pasti kadang diwarnai konflik dan juga pertengkaran. Tapi mungkin ada seorang yang sengaja untuk diam, dan menyimpan sakit hati mereka sendiri. Saat traveling inilah kalian bisa saling terbuka untuk jujur satu dengan lainnya. Bayangkan tempat yang tenang seperti di pinggir pantai, ketika kamu dan teman-temanmu duduk bersama menikmati malam dengan api unggun yang temaram. Kalian bisa saling bererita kenangan indah, dan juga apa yang dirasakan selama masa-masa persahabatan berlangsung. Anggap saja ini adalah saat refleksi, dimana kamu lebih kenal sahabat dekatmu yang sehari-hari menghabiskan waktu bersama ini.

Selalu ada orang yang akan memfotomu

Beda dengan traveling sendiri, saat berpergian bersama dengan sahabat kamu tak perlu minta bantuan orang untuk mengambil foto-fotomu. Secara bergantian, kamu dan temanmu bisa mengabadikan foto-foto kalian di suatu tempat yang unik. Atau kalian juga bisa melakukan we-fie di suatu tempat yang indah, dengan menggunakan bantuan tongsis. Foto-foto ini akan jadi kenangan indah yang tak akan terlupakan dari perjalanan traveling kamu dan sahabatmu.

Kalian akan saling jaga satu sama lain

Saat traveling ke tempat yang asing dan jauh dari rumah, tentu ada perasaan was-was bagaimana jika ada orang yang melakukan perbuatan jahat kepadamu. Namun rasa was-was ini bisa sedikit berkurang, jika kamu traveling bersama dengan sahabat-sahabatmu. Ketika kalian berkelompok atau bersama, resiko diganggu oleh orang jahatpun akan berkurang. Jikapun ada yang menganggumu, teman-temanmu pasti akan melindungimu. Begitupun sebaliknya. Jika sesuatu hal yang buruk terjadi pada sahabatmu, inilah saatnya kamu melindungi mereka. Hal ini bisa membuat persahabatan kalian semakin dalam dan tentunya akan semakin erat juga.

Melakukan hal-hal gila bersama

Pernahkah kamu berpikir akan mendaki puncak Rinjani? Atau menjelajahi sudut-sudut kota Tokyo seorang diri? Jika tidak maka ini saatnya kamu melakukan semua hal gila yang tak pernah terfikirkan sebelumnya itu, bersama dengan sahabat-sahabatmu. Jalan-jalan bersama tak akan berkesan jika kalian tak melakukan hal-hal gila yang seru. Bersama teman, maka rasa berani dan percaya diri itu akan kamu rasakan lebih besar dibandingkan jika kamu berpergian seorang diri. Namun harus tetap batas koridornya ya. Melakukan hal-hal gila bersama dengan sahabat saat jalan-jalan , bukan berarti kalian mengabaikan norma dan juga keselamatan. Bersenang-senang bersama sahabat masih bisa kok dilakukan tanpa harus berbuat onar, atau melakukan hal-hal yang berlebihan.

Kamu dapat pemandu gratis

Beberapa orang memilih untuk melakukan traveling bersama dengan sahabat, yang telah mengunjungi tempat tersebut sebelumnya. Alasanya sederhana saja. Mereka bisa mendapat pemandu gratis, yang tahu seluk beluk tempat tersebut sebelumnya. Singkat kata, kamu tak akan takut merasa “katrok” jika traveling bersama dengan sahabat-sahabatmu itu. Misanya kamu bingung bagaimana cara menggunakan toilet di pesawat, maka temanmu akan memberitahumu cara untuk menggunakannya. Selain itu kamu tak perlu takut kesasar saat berpetualang ke Bali; jika jalan-jalan bersama sahabatmu yang pernah berkunjung ke sana sebelumnya.

Kamu juga berpeluang mendapat diskon atau potongan harga

Banyak loh penawaran baik hotel, tiket penerbangan atau restoran yang memberikan potongan harga pada mereka yang datang berama-ramai bersama dengan teman atau sahabat. Di beberapa tempat di belahan dunia ini juga memberikan diskon untuk kamu yang datang berombongan. Tak hanya itu, harga kamar pun jadi lebih terjangkau jika kalian menginap bersamaan. Untuk urusan makan pun menjadi lebih ditekan, karena kalian bisa memesan paket hemat yang bisa dinikmati berdua, bertiga atau bakan berempat. Kasarnya, kamu tak perlu terlalu khawatir kehabisan uang saat traveling bersama dengan teman-temanmu. Namun bukan berati kamu tergantung pada mereka ya. Kamu tetap harus punya dana pribadi yang kamu simpan, sebagai cadangan jika ada kebutuhan mendadak selama traveling bersama dengan sahabat-sahabatmu ini.

Perjalanan pun tak akan membosankan

Ketika jalan-jalan sendiri, mungkin saat delay pesawat atau menunggu bus datang adalah hal yang membosankan. Kamu hanya bisa bengong atau mainan handphone sambil menunggu transportasi yang akan membawamu itu datang. Namun dengan sahabat, semuanya akan terasa berbeda. Paling tidak waktu menunggu delay pesawat atau bus datang menjadi lebih ramai, karena kalian bisa saling berbincang dan bercerita. Saat dijalanpun biasanya kamu diam dan mendengarkan musik di earphone, kini kamu bisa berbincang dengan sahabatmu dan membicarakan hal-hal baru yang kalian lihat atau temui selama perjalanan.

Kalian bisa berlajar berbagi

Yang namanya sahabat itu memang sewajarnya saling berbagi satu sama lain. Namun sudahkah kamu mempraktikkan hal tersebut? Mungkin kamu cuek saat temanmu sedih ketika putus cinta, atau sebaliknya kamu kerap menyimpan masalahmu seorang diri. Saat traveling inilah kamu dan temanmu bisa saling berbagi. Kamu ga mungkin dong bisa cuek pada sahabatmu yang kerepotan membawa kopernya. Kalian juga akan saling berbagi banyak hal mulai dari sesuatu yang bersifat pribadi, hingga hal lain misalnya berbagi makanan dan tempat tidur bersama.

Ga akan ada yang marah ketika sebentar-sebentar kamu berhenti untuk selfie

Sumber: achievalif.com

Saat jalan-jalan bersama dengan keluargamu, ibumu mungkin akan ngomel ketika sebentar-sebentar kamu berhenti untuk mengambil foto selfie. Menghambat perjalanan katanya. Namun hal ini tak akan berlaku ketika kamu traveling dengan sahabat-sahabatmu. Mereka akan mengerti hobimu yang suka mengambil selfie. Bahkan bukan tak mungkin mereka juga akan ikut berhenti sebentar-sebentar, untuk mengambil foto selfie bersama. Hal inilah yang akan membuat jalan-jalan ersama teman lebih menyenangkan. Mereka akan lebih mengerti keinginanmu, tanpa harus banyak komplain yang bisa merusakan mood saat traveling.

Kamu akan belajar bagaimana caranya menyatukan pendapat

Seperti disinggung di atas, bukan tak mungkin saat traveling bersama dengan teman maka perbedaan pendapat akan terjadi. Perbedaan pendapat mengenai tempat menginap atau tempat makan kadangkala mewarnai perjalanan kalian ini. Kalau kalian tidak tahu bagaimana caranya menyatukan pendapat, maka bisa-bisa jalan-jalan bersama ini jadi berantakan. Melalui traveling bersama, kamu dan sahabat-sahabatmu akan belajar bagimana menyatukan pendapat dan juga bermusyawarah. Angap saja ini semacam pelajaran kecil untuk hidup berdemokrasi, atau menjadi latihan saat kalian bekerja sama dalam kelompok ketika telah meniti karier masing-masing nantinya.

Saat pulang ke rumah, persahabatan akan semakin erat

Tentu kamu mengerti bahwa beberapa orang terkadang menjadi sangat erat dan dekat, karena mereka telah merasakan sesuatu hal yang berat bersama-sama. Hal ini akan kamu rasakan saat pulang traveling nantinya. Tentu saja setiap orang ingin traveling mereka berjalan lancar tanpa ada satupun hambatan yang berarti. Namun yang namanya rintangan, bisa saja kamu dan sahabatmu hadapi saat traveling ini. Kesulitan-kesulitan atau bahkan hidup serba kekurangan yang kalian rasakan saat traveling ini bisa menempa persahabatan kalian jadi makin erat dan juga kuat. Ketika kalian pulang traveling, maka bukan tak mungkin persahabatan akan semakin erat karena kalian telah melewati hal berat bersama-sama.

Dan akhirnya, kalian punya pengalaman paling berharga dalam hidup

Kenangan manis menjadi hal yang berkesan, yang kamu dapat saat traveling bersama dengan sahabat-sahabatmu. Suatu hari nanti ketika kalian telah hidup masing-masing, maka foto-foto dan kenangan saat jalan-jalan bersama akan tetap jadi bukti betapa kuatnya persahabatan kalian ini. Saat kangen dengan sahabatmu, kamu bisa membuka album foto dan melihat kenangan ketika jalan-jalan bersama dulu. Kamu pun bisa menjadikan pengalaman traveling bersama dengan sahabatmu itu, sebagai cerita untuk buah hati di masa mendatang.

1502

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here